Google Adsense

Tips Sukses Google Adsense III – Rumus Keberhasilan Adsense

Ini adalah Bagian ke-3 dari artikel bersambung: Tips Sukses Adsense Untuk Blogger. Jika belum, ada baiknya anda membaca terlebih dahulu Bagian 2 untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Bagaimana sobat? Apakah sudah mendaftar ke Program Adsense? Dan sudah disetujui oleh Si Mbah Google? Jika sudah, syukurlah dan sekarang saatnya kita membahas tips dan strategi, bagaimana mendapatkan uang sebanyak-banyaknya dari program ini.

Ada sangat banyak faktor – sebenarnya – yang mempengaruhi seberapa besar pendapatan kita dari Adsense. Tapi, di sini saya hanya akan mencoba membahas beberapa faktor atau aspek-aspek yang paling dominan (paling tidak menurut saya sendiri), yang akan sangat menentukan kesuksesan kita dalam menjalankan program Adsense untuk jangka panjang.

Faktor-faktor tersebut saya sebut dengan istilah “Rumus Sukses Adsense”.

Inilah rumusnya:

Penghasilan Adsense = trafik tinggi + iklan bernilai tinggi + iklan yang relevan + penempatan dan desain iklan.

Coba baca sekali lagi! Agar meresap sampai ke jantung. Hehehe…

Tentu saja, itu bukan rumus fisika ataupun rumus matematika, dimana 1 + 1 = 2. Tapi lebih merupakan suatu kesatuan yang utuh dari keempat faktor di atas.

Artinya: keempat faktor di atas memiliki bobot yang sama, yang harus semuanya ada secara bersamaan dan dilakukan sekaligus, untuk memastikan pendapatan maksimal dari Adsense.

Seberapa besar pendapatan Adsense kita akan selalu berbanding lurus dengan keempat faktor di atas.

Sekarang, mari kita membahasnya satu per satu:

Trafik tinggi

Jelas sekali ini adalah faktor utama untuk memaksimalkan pendapatan dari Adsense. Semakin banyak pengunjung ke blog Anda, maka kesempatan untuk mendapatkan klik dari pengunjung akan semakin meningkat. Berarti mau tidak mau, kita harus fokus untuk hal yang satu ini.

Menerapkan teknik SEO yang baik, memperkaya konten blog dan berpromosi dengan tepat, adalah beberapa hal yang wajib dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Iklan bernilai tinggi

Yang saya maksud di sini adalah kenyataan bahwa harga per klik dari iklan yang ditayangkan oleh Adsense, tidaklah memiliki besaran nilai yang sama. Ada iklan yang nilainya kecil, sementara ada iklan tertentu yang memiliki nilai yang sangat besar.Bahkan denger-denger ada iklan yang nilainya mencapi 25$ untuk sekali klik.

Wow! Bisa kita bayangkan, jika meski hanya mendapatkan 3 klik perhari, kalau nilainya nilainya sebesar itu, berapa pendapatan kita sebulan? Hmmm… Jadi? Ini harus menjadi faktor yang tidak boleh disepelekan.

Iklan yang relevan

Faktor ini saya ibaratkan seperti halnya kita menawarkan produk kecantikan anti-aging kepada seorang wanita yang telah berumur 70 tahun.Seberapa pun bagusnya cara kita menawarkan, kemungkinan untuk terjadinya transaksi adalah sangat kecil.

Kenapa? Karena kita telah salah sasaran! Begitu juga dengan faktor relevansi iklan ini. Blog kita membahas tentang tempat-tempat wisata di Bali misalnya, tapi kemudian iklan yang muncul adalah tentang penawaran penjualan sabun pembasmi kuman, maka peluang pengunjung untuk mengklik iklan yang ada sangat kecil.

Karena dari awal pengunjung sedang mencari informasi tentang wisata ke Bali, bukan mencari sabun pembasmi kuman. Naikkan relevansi iklan dengan konten blog yang fokus, adalah selangkah lebih dekat dengan kesuksesan di Adsense.

Penempatan dan desain iklan

Salah satu kelebihan dari Adsense adalah kita bisa dengan bebas menempatkan, memilih ukuran, merubah tampilan atau tema warna dari iklan yang muncul di blog. Seperti dalam periklanan di dunia nyata, penempatan dan desain tampilan iklan adalah kunci dalam keberhasilan iklan tersebut.

Sebuah baligho besar yang ditempatkan di sebuah jalan kecil sepi lalu lintas, tentu efeknya akan sangat berbeda dengan yang ditempatkan di sebuah perempatan jalan yang sangat ramai lalu-lalang orang.

Di sini lah pentingnya penempatan iklan, atau tidak ada yang akan mengklik iklan Anda, karena tidak terlihat oleh pengunjung.

Kombinasikan semuanya!

Jika keempat faktor di atas dikombinasikan dengan sempurna, maka kesuksesan Adsense sudah di depan mata.

Menutup tulisan ini, saya ingin menyampaikan satu hal lagi: seberapa besar penghasilan kita dari Adsense, itu akan sama dengan faktor paling lemah dari keempat faktor di atas.

Ambil contoh, kita memiliki iklan bernilai tinggi, relevansi sangat bagus, dan penempatan iklan juga bagus, tapi kalau trafiknya nol? Hasilnya juga pasti nol. Atau sebaliknya, trafiknya sangat tinggi, iklan bernilai tinggi, relevansi oke, tapi salah dalam penempatan, sehingga ‘tidak terlihat’ oleh pengunjung, maka itu sama saja membuang keringat percuma dari faktor lainnya.

Kesimpulannya, keempat faktor itu haruslah berjalan berdampingan secara bersamaan.

Lalu, bagaimana mengembangkan keempat faktor itu masing-masing menjadi lebih baik?

Yuk, kita lanjut ke bagian berikutnya, yaitu bagaimana caranya meningkatkan jumlah pengunjung.

Keep happy blogging, sukses untuk kita semua.

Salam.

Selengkapnya: Bag 1 | Bag 2 | Bag 3 | Bag 4 | Bag 5 | Bag 6 | Bag 7 | Bag 8

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

29 Komentar

%d blogger menyukai ini: