Google Adsense

Tips Sukses Google Adsense VII – Desain dan Penempatan Iklan

Ini adalah Bagian ke-7 dari artikel bersambung: Tips Sukses Adsense Untuk Blogger. Ada baiknya anda membaca terlebih dahulu Bagian 6 untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Sekarang saatnya kita membahas faktor terakhir dari Rumus Keberhasilan Adsense, yaitu bagaimana menempatkan dan desain iklan yang baik untuk meningkatkan penghasilan dari Google Adsense.

Saya sendiri sudah banyak melakukan riset (baca: mencari tahu) mengenai hal ini, terutama dari forum-forum yang khusus membahas tentang Adsense. Kesimpulannya tidak ada rumus yang pasti mengenai penempatan dan desain iklan yang terbaik. Karena rupanya, para penayang Adsense memiliki strategi dan kecenderungan yang berbeda.

Ada yang lebih menyukai desain yang “menyatu” dengan tema blog, sementara yang lain justru menonjolkan dengan memberi warna yang mencolok dan membuatnya tidak berbaur dengan tampilan blog.

Ada yang menyukai unit iklan skyscrapers, sedang yang lain lebih memilih bentuk banner dan lain sebagainya. Dan memang, topik penempatan dan desain iklan Adsense ini adalah satu topik yang paling banyak mengundang “perdebatan”.

Dari sini akhirnya saya mengambil kesimpulan, strategi berbeda dibutuhkan untuk blog berbeda. Strategi yang berjalan bagus untuk suatu blog, belum tentu juga berguna untuk blog yang lain. Ini tentu berkaitan erat dengan theme, topik blog, desain blog dan cara penyajian kepada pengunjung. Dengan demikian tips terbaik yang bisa sampaikan adalah: eksperimen!

Cobalah beberapa posisi dan desain yang berbeda, lalu lihat hasilnya. Pengalaman adalah guru yang terbaik bukan?

tips sukses adsense, desain dan penempatan iklan

Namun demikian, di bawah ini adalah beberapa tips, yang mungkin bisa anda jadikan eksperimen pribadi untuk mendapatkan yang benar-benar bekerja dan sesuai untuk blog anda.

  • Taruh di bagian atas halaman.
    Ini aturan umum yang hampir diterima oleh para pemain Adsense. Yaitu, bahwa iklan harus ditempatkan di bagian atas halaman, agar ia terlihat tanpa harus menggulung halaman ke bawah. Hal ini berdasarkan survey yang membuktikan bahwa rata-rata pengunjung blog hanya menghabiskan waktu sekitar 60 detik lebih sedikit, dan biasanya mereka tidak melakukan scrolling sama sekali.

    Sehingga, jika iklan anda diletakkan di bagian bawah halaman, maka hilanglah kesempatan bagi iklan itu untuk dilihat. Ini berarti hilang pula kesempatan untuk diklik bukan?

  • Taruh di dalam postingan
    Ini banyak dilakukan oleh para master Adsense. Mereka selalu menempatkan iklan menyatu di dalam halaman postingan. Dengan demikian, iklan dapat tampil kepada pengunjung dengan baik sambil membaca artikel yang ada. Namun, hal ini juga ada sisi buruknya, yaitu pembaca bisa saja merasa “risih” dengan iklan yang tampil dominan.

    Untuk itu pastikan bahwa iklan yang ditempatkan dalam postingan tidak terlalu mendominasi halaman secara keseluruhan. Pilih ukuran yang tidak terlalu besar dan buat desainnya menyatu dengan apik dengan halaman. Untuk yang belum tahu caranya, silakan baca cara memasang iklan Adsense di atas postingan, seperti yang Anda lihat di blog ini.

  • Membaur dengan desain blog
    Ini biasanya dilakukan dengan memilih warna background iklan sama dengan background halaman. Juga menyamakan warna untuk teks dan link url dengan link url halaman keseluruhan. Dengan ini, maka iklan akan tampil menyatu dengan halaman secara sempurna, sehingga tidak tampak terpisah sendirian. Dari pengalaman blogger sukses di Adsense, saya melihat kebanyakan dari mereka melakukan hal ini.
  • Keseimbangan
    Yang saya maksud adalah, penempatan iklan dan desainnya harus disesuaikan dengan desain blog secara keseluruhan. Jangan sampai halaman blog kita tampak didominasi oleh iklan, karena akan membuat pengunjung merasa frustasi. Biasanya hal ini terjadi karena salah dalam memilih ukuran yang tepat.
Sekali lagi saya ingatkan bahwa, tidak ada rumus yang pasti mengenai penempatan dan desain iklan yang terbaik. Satu strategi bagus untuk satu blog, belum tentu berguna untuk blog lainnya.

Silakan bereksperimen dengan patokan empat hal di atas. Tetapi berdasarkan pengalaman saya sendiri, dengan mengatur keempat hal di atas, mampu meningkatkan pendapatan hanya dalam beberapa hari. Sukses untuk kita semua.

Salam.

Selengkapnya: Bag 1 | Bag 2 | Bag 3 | Bag 4 | Bag 5 | Bag 6 | Bag 7 | Bag 8

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

15 Komentar

%d blogger menyukai ini: