Bisnis Online

9 Alasan Saya Memutuskan Kerja Online dari Rumah

Beberapa tahun terakhir, internet menjelma menjadi sebuah fenomena sosio-ekonomi yang sangat berkembang.Internet telah merubah cara orang hidup, berinteraksi, membangun jaringan, dan bekerjasama satu sama lain.

Dan satu hal lagi yang pasti, yaitu menciptakan jenis pekerjaan baru, pekerja online.

Yaitu mereka yang mengandalkan penghasilan dengan bekerja melalui internet. Mereka adalah orang yang telah mengetahui cara mendapatkan uang dari internet dan memanfaatkannya dengan baik.

Sebagian dari mereka mendapatkan uang dari blog, sebagian lagi fokus menjalankan bisnis afiliasi, sebagian yang lain mendapatkan uang dengan menyediakan berbagai layanan secara online sebagai freelancer, sedangkan yang lain sangat sukses memasarkan produk ke seluruh dunia dengan membuka toko online.Ya, begitu banyak pilihan dan peluang yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang lewat internet.

Saya sendiri telah memasuki tahun keempat, sejak saya memutuskan untuk full time mencari rejeki dari internet.Apapun cara yang dipilih, kerja online dari rumah memang sangat menarik untuk digeluti, dan inilah 9 alasan yang membuat saya memutuskan untuk full time bekerja online dari rumah:

1. Bisa bekerja dari mana saja
Meskipun dalam judul di atas saya mengatakan bekerja dari rumah, pada kenyataannya, orang yang menggeluti bisnis online dapat bekerja dari mana saja. Yang dibutuhkan hanya koneksi internet yang memadai. Kita bisa bekerja dari kafe, taman, bahkan dari pantai sekalipun! Apalagi saat ini jaringan  internet wireless terus berkembang dan semakin murah.

2. Bekerja dengan aturan yang kita buat sendiri
Kita tidak perlu lagi menyetel alarm agar jangan sampai terlambat sampai di kantor. Jika kita bekerja secara online, kita bisa bekerja kapan saja kita mau.

alasan bekerja online dari rumah

Jika merasa lebih produktif di malam hari, lakukan malam hari. Jika kita ingin libur setiap hari senin karena mengikuti kursus musik, tidak akan ada orang yang protes. Pendek kata, kita bisa mengatur jadwal kapan kita ingin bekerja.

3. Tidak ada waktu yang terbuang di jalan
Dulu pun saya pernah bekerja di kantor, jarak dari rumah ke kantor ditempuh kurang lebih 30 menit. Kalau saya hitung, berarti satu hari saya menghabiskan 1 jam di jalan, dikurangi hari libur, rata-rata dalam setahun saya membuang waktu sebanyak 240 jam!

Coba bayangkan apa yang bisa kita lakukan dengan waktu luang sebanyak 240 jam. Mungkin kita bisa mengisinya dengan belajar musik, membaca banyak buku untuk menambah wawasan dan lain sebagainya yang jauh lebih bermanfaat dibandingkan hanya habis di atas kendaraan!

4. Kerja fleksibel
Salah satu yang paling saya suka dari kerja online dari rumah adalah fleksibilitas. Kita bisa menggali niche potensial yang baru atau mencoba model bisnis yang lain kapanpun kita mau.

Sebagai contoh, mungkin kita memulainya dengan membuat blog dengan tema yang sukai, lalu setelah beberapa lama, kita mengembangkan dengan membuka toko online untuk menjual produk yang sesuai dengan topik tadi, sambil kita juga mengembangkan afiliasi untuk produk yang sama.

Fleksibel!

Ini yang membuat bekerja online sangat menyenangkan sekaligus menguntungkan.

5. Membangun hubungan dengan banyak orang
Kesempatan untuk membangun hubungan bisnis dan kerjasama sangat terbuka lebar melalui bisnis online. Saya sendiri, sebagian besar klien saya sebagai freelancer adalah berasal dari negara-negara Eropa dan Australia. Dari hubungan itu tidak tertutup kemungkinan akan terjalin kerjasama di bidang lain. Ini adalah satu aset yang berharga.

6. Kita menjadi bos bagi diri sendiri
Yup, kita adalah bosnya! Memang, kita masih berhubungan dengan pembaca, klien, pembeli, sponsor pemasang iklan dan lain sebagainya, yang menuntut perhatian lebih dari kita. Tapi, secara umum ini sangat lebih menyenangkan dibandingkan menerima perintah dari bos dan dimarahi bos tanpa alasan jelas bukan?

7. Kesempatan belajar dan mengasah keterampilan bisnis terus-menerus
Kita akan dituntut untuk mengurus berbagai hal dalam me-manage situs/blog misalnya. Seperti me-manage sumber daya (hosting, domain, dan lain-lain), orang (desainer web, dan lain-lain),  klien (pembaca, pelanggan) dan lain sebagainya.

Kita juga melakukan perencanaan bisnis, model pemasaran dan sebagainya. Intinya, kita akan terus-menerus mengembangkan skill bisnis dari waktu ke waktu, dan ini adalah merupakan sesuatu yang sangat penting dan berharga.

8. Lebih kecil resikonya
Asal kita mau dan rajin mencari, hampir semua sumber daya yang kita butuhkan untuk bekerja online dari rumah, bisa kita dapatkan secara gratis dari internet.

Jadi, bisa saya katakan bahwa menjalankan bisnis online dari rumah, resikonya dibandingkan peluang penghasilan yang lain. Itu baru secara materi, belum lagi dari segi kesempatan kerja.

Bekerja di sebuah perusahaan selalu ada resiko kena PHK. Meskipun kita berprestasi baik, namun jika perusahaan tempat kita bekerja perlu melakukan perampingan karyawan demi efisiensi, tetap kita tidak kebal PHK.

Sedangkan dengan menjalankan bisnis dan kerja online, tidak ada yang bisa memecat kita. Tentu, resiko kegagalan selalu ada, namun semua kendali ada di tangan kita sendiri.

9. Berjuang dan bekerja untuk diri sendiri
Saya percaya dan yakin, bahwa memang tidak ada yang namanya jalan pintas untuk mencapai kesuksesan. Baik kita bekerja di perusahaan orang lain, maupun membangun bisnis sendiri kecil-kecilan, jika ingin sukses butuh kerja keras, dedikasi, dan ketekunan.

Namun ada perbedaan besar dari keduanya. Yang pertama, kita mencurahkan segala kemampuan, tenaga dan pikiran untuk membesarkan bisnis orang lain, sesuatu milik orang lain! Tentu, jika kita berprestasi, kita akan mendapatkan gaji yang besar, namun tetap saja, pemilik perusahaan lah yang akan mendapat bagian terbesar dari hasil kerja keras kita.

Sedangkan yang kedua, kita bekerja keras untuk sesuatu milik kita sendiri. Hasil keringat kita akan sepenuhnya menjadi milik kita sendiri.

Kesimpulannya, ada begitu banyak peluang menghasilkan uang dari internet. Dan sangat menyenangkan menjalankan bisnis milik sendiri dari rumah secara online.Namun demikian, saya ingatkan juga, bahwa model bisnis ini tidak sesuai untuk semua orang (bagi mereka yang tidak betah duduk berjam-jam di depan komputer, misalnya). Jadi? Bijaksanalah.

Anda bisa memulai kerja online dengan memanfaatkan waktu luang, atau bekerja paruh waktu, tanpa meninggalkan pekerjaan yang sekarang.

Bisa dimulai dengan membangun blog untuk menghasilkan uang, jika masih bingung dengan cara yang dipilih, silakan baca rangkuman cara-cara mendapatkan uang dari blog sebagai gambaran.

Setelah 6 bulan atau lebih, setelah melihat dan yakin prospek ke depannya, saatnya kita memutuskan untuk kerja online dari rumah full time seperti yang telah saya lakukan.

Bagaimana pendapat Anda? Jika ada pertanyaan atau sekedar ingin bertukar pikiran, Anda bisa menyampaikannya melalui komentar di bawah. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

21 Komentar

  • bekerja di rumah sudah menjadi trend era sekarang, apalagi bagi komunitas yang mengusung jargon jadi bos untuk diri sendiri (point no.5). 9 alasan yang sobat sudah uraikan, cukup bisa dicerna akal sehat. Namun saya pikir untuk bekerja di rumah, kita harus ada ide dulu, kira-kira apa yang akan kita kerjakan di rumah, kalau ,mau bisnis online, jenisnya seperti apa ??

  • usaha online yang flaksibel dan bisa dilakuakan dimanapun bisa kita dapatkan dari forex, dan jika memang belum mengerti maka bisa digunakan juga akun demo yang memang sudah tersedia di broker seperti octafx, sehingga kita bisa santai dalam berlatih memahami resikonya

  • @anonim.
    saya suka motivasinya…. sukses selalu untuk Anda.

    @arik.
    kalau yg dimaksud adalah inspirasi dari tulisan org lain, tentu saja boleh. Yg penting tidak melanggar etika blogging, yaitu mengambil konten milik org lain dan mengakui sebagai karya sendiri.

  • mas…mau nanya, cara mas dulu memulainya gimana? apakah tuilisan blog boleh dari blog orang lain ? atau dalam artian setelah membaca artikel di blog orang lain lalu mas bikin tulisan artikel di blog mas berdasarkan inspirasi dari baca artikel tadi, boleh seperti itu?

  • kerja online adalah mimpi saya sejak 5 tahun yang lalu, bahkan sekarang saya sering menghabiskan waktu hanya untuk online belajar dan terus belajar agar bisa seperti mereka yang sukses di dunia online..

    Soo… Bagi kalian yang baru terjun di dunia bisnis online, jangan pernah menyerah dan terus berusaha, saya yakin anda akan berhasil jika tekun dan serius dengan apa yang anda suka di bidang online.

  • @zuhdi.
    pertama kalinya saya menjalani profesi sebagai freelancer desain grafis, dan itu masih saya lakukan sampai sekarang. Stelah itu baru saya mengenal blog dan youtube. Melalui blog saya menjalankan beberapa metode bisnis online, seperti afiliasi, menjalankan program advertising, menjual jasa dan sebagainya.

  • @arifin.
    ya betul, di awal mungkin orang2 akan mencibir, tapi tidak ketika kita sudah membuktikan bahwa kita bisa menghasilkan sesuatu yang tidak kalah dg bekerja dari rumah secara online…. sukses selalu…

  • mas gee john, ketemu lagi. Ngomongin artikel diatas seperti kisah saya lagi mas, cuman itu kita harus siap dengan cibiran org ya. Ibaratnya org hanya akan melihat 1 kesuksesan kita dan 99 kegagalan kita tidak akan pernah dilirik mereka. hehe

    mas ada waktu mampir ya fenomenadi.blogspot.com

  • @munajat.. 🙂 hehe… sip deh mas Munajat, moga2 keinginannya tercapai. saat ini coba luangkan waktu di saat senggang. klo saran saya sih, coba mulai dari menjadi freelancer, tanpa harus meninggalkan pekerjaan pokok saat ini… sukses selalu buat Mas Munajat.

  • Jadi termotivasi mas, apalagi saya seorang karyawan yang berangkat pagi pulang malam, ngeblogpun nyari waktu luang…ingin sekali punya waktu yang fleksible spt Mas Gee Jhon
    Sukses
    munajatalwi.blogspot.com

  • Superr sekali tipsnya… memang skrg Dah Gk Jaman Online gk menghasilkan uang jngn sia siakan waktu terbuang qt !! cuma 10 menit depan kompt.per hari cuma klik dibayar dollar tiap hari tanpa modal lumayan Daftar yuuk Saya siap mengarahkan anda dan bukti kesuksessan member silahkan check forumnya

    Alhamdulilah saya sudah earned $17USD perhari itupun masih member standart .

    daftar http://bit.ly/18eptWI