Google Adsense

Cara Mengetahui URL Iklan Adsense untuk Memblokir Iklan yang Tidak Relevan

cara mengetahui url iklan

Dalam tips sukses Adsense maupun dalam tips tambahan mendapatkan iklan yang relevan, saya telah menyebutkan langkah terakhir jika masih saja muncul iklan yang tidak relevan di blog, adalah dengan memblokir iklan-iklan tertentu yang tidak kita inginkan untuk tampil.

Namun di kedua artikel itu saya tidak menyebutkan bagaimana caranya. Nah, kali ini saya sampaikan lebih jauh cara memblokir iklan yang tidak Anda inginkan.

Cara memblokir iklan yang paling umum, adalah dengan memasukkan url iklan yang bersangkutan ke dalam daftar iklan yang dicekal. Untuk iklan berbentuk teks, tentunya kita bisa langsung mengetahui url iklan tersebut, tapi bagaimana cara mengetahui alamat url iklan gambar?

Satu hal yang pasti adalah, jangan sekali-kali mengklik iklan itu untuk mengetahui url-nya, karena itu adalah melanggar kebijakan Adsense. Untuk mengetahuinya, ada dua cara yang bisa dilakukan.

1. Menggunakan Publisher Toolbar

Anda yang menggunakan Google Chrome, sebaiknya mengaktifkan toolbar ini dan login ke akun Adsense, maka Anda bisa melihat setiap url iklan yang tampil.

Selain itu, ada manfaat lain dari Publisher Toolbar ini, yaitu Anda dapat mengetahui pendapatan Adsense dan laporan kinerja saluran secara realtime. Jadi, Anda tidak perlu bolak-balik masuk ke akun Adsense hanya untuk mengetahui perkembangan earning Anda. Jadi, jika Anda belum memasangnya, saran saya segera pasang toolbar ini.

2. Melalui fasilitas Pusat Peninjauan Iklan

Masuklah ke akun Adsense Anda. Kemudian buka Pusat Peninjauan Iklan. Disitu tampil iklan apa saja yang tampil di blog Anda, dan Anda dengan mudah mengetahui url iklan tersebut, bahkan Anda langsung dapat memblokirnya hanya dengan sekali klik.

Ada beberapa orang yang menanyakan kepada saya, kenapa mereka tidak melihat iklan ditampilkan di sini. Penyebabnya adalah:

Pertama, Pusat Peninjauan Iklan hanya menampilkan iklan yang tampil di blog Anda 30 hari terakhir, jadi iklan yang tampil di luar rentang waktu tersebut, maka tidak akan ada laporan di sini.

Kedua, jika Anda baru saja mengirimkan permintaan opt-in untuk Pusat Peninjauan Iklan ini, tunggu 24 – 48 jam sebelum iklan muncul.

Selain itu, trafik yang sangat rendah pun bisa menjadi sebab Pusat Peninjauan Iklan tidak menampilkan apa-apa.

Selain dengan memasukkan url iklan, sebenarnya masih ada beberapa opsi lain untuk memblokir iklan, yaitu dengan menentukan Kategori Sensitif, berdasarkan Jaringan Iklan, dan Penayangan Iklan. Silakan Anda pelajari langsung dari Akun Adsense Anda.

Itulah cara memblokir dan mengetahui url iklan Adsense, semoga iklan yang tampil di blog Anda menjadi lebih relevan, dan ujung-ujungnya mampu memaksimalkan pendapatan. Sukses selalu buat kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

33 Komentar

%d blogger menyukai ini: