Google Adsense

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Publisher Adsense

Saya telah mendengar ada begitu banyak blogger yang telah susah payah berusaha mendaftar menjadi publisher Adsense, tapi setelah disetujui dan telah memasang iklan di blog mereka, pada akhirnya akun mereka dinonaktifkan atau dibanned karena (sengaja atau pun tidak sengaja) telah melanggar TOS atau Kebijakan Google Adsense.

Memang dibanned-nya akun Adsense adalah salah satu momok yang paling ditakuti oleh para publisher Adsense. Meskipun demikian, saya memiliki keyakinan, selama kita tidak melanggar kebijakan dari Google, maka akun kita akan aman-aman saja, dan harapan untuk berhasil mendulang dolar dari program ini pun semakin terbuka lebar.

Untuk mempelajari kebijakan Google langsung dari sumbernya, silakan anda membaca Kebijakan Google Adsense.Tapi, sebagai pengingat dan upaya kehati-hatian, di sini saya mencoba menjelaskan beberapa kesalahan dan pelanggaran yang kerap menjadi penyebab akun Adsense menjadi dibanned.Inilah beberapa hal tersebut, yang sebisa mungkin harus dihindari dan tidak melakukannya:

Jangan pernah merubah kode Adsense

Selain ini jelas melanggar, menurut saya hal ini juga tidak perlu. Adsense telah menyediakan banyak variabel yang bisa kita sesuaikan dengan tampilan dan kebutuhan untuk blog kita, seperti mengatur warna link, warna backgrund, border dan lain sebagainya.

Untuk kotak pencarian memang pilihannya agak terbatas, tapi tetap kita tidak boleh mengubah kode yang ada. Mengenai merubah kode ini, ada banyak yang bingung dengan mem-parse kode untuk menempatkan iklan di dalam postingan, apakah dengan parse kode itu juga termasuk mengubah kode? Saya jawab: tidak! Karena sebenarnya mem-parse itu tidak mengubah kode, hanya merubah bahasa dari JavaScript ke ke HTML.

Jangan mengklik iklan sendiri atau menyuruh teman untuk melakukan klik

Ini hal yang sangat krusial dan paling banyak menjadi penyebab akun Adsense dibanned. Hal ini termasuk menggunakan tools untuk melakukan klik otomatis dan lain sebagainya. Mungkin kita berpikir, darimana Google tahu jika suatu klik itu valid atau tidak.

Percayalah, Google memiliki seperangkat sumber daya yang mumpuni yang dengan mudah mendeteksi jika terjadi kecurangan dalam ini. Jadi, jangan lakukan, atau akun anda akan hangus dengan cepat.

Jangan memberi label pada iklan semaunya

Saya masih melihat beberapa blogger yang memberi label pada kotak iklan Adsense (biasanya jika dipasang di sidebar) dengan label bermacam-macam, seperti “Informasi Penting”, atau “Info Menarik” dan lain sebagainya. Hal ini tidak boleh sama sekali. Jika memang ingin menambahkan label, Google hanya membolehkan label “Sponsored Link” dan “Advertisements”. Label lain sama sekali tidak diperkenankan.

Jangan menempatkan unit iklan lebih dari yang ditentukan

Ada batas maksimal berapa unit iklan yang diperbolehkan oleh Google. Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • 3 unit iklan biasa (iklan banner dan teks)
  • 3 unit iklan tautan (link text)
  • 2 unit penelusuran

Jangan mengatur agar klik pada iklan terbuka di halaman baru secara default

Jika anda telah terlanjur membuat kode agar semua link terbuka pada halaman baru atau frame, maka segeralah rubah. Adsense menginginkan agar iklan harus terbuka di halaman yang sama. Jadi, kalau kita melanggar, banned pasti di depan mata.

Jangan pernah mengirimkan iklan Adsense via email

Email berformat html dapat menampilkan dengan baik iklan Adsense, tapi jika Google menemukan ada klik yang berasal dari email, maka dalam waktu singkat akun akan dinonaktifkan.

Jangan menyandingkan Adsense dengan program Contextual Ads lainnya

Rupanya Adsense tidak mau dimadu. Dan hal ini juga berlaku untuk layanan pencarian. Jangan memasang layanan pencarian selain pencarian Google di situs yang sama. Sampai saat ini, yang saya tahu hanya Chitika yang diijinkan oleh Google untuk bersanding bersama-sama Adsense, sedangkan yang lainnya, sebaiknya jangan coba-coba.

Tidak perlu membuat banyak akun Adsense

Satu akun Adsense cukup untuk banyak situs. Anda tidak perlu membuat lebih dari satu. Pada dasarnya satu orang tidak diperkenankan memiliki lebih dari satu akun Adsense. Jika pun kita memakai nama dan ID orang lain, jika sampai ketahuan bahwa sebenarnya itu dikelola oleh satu orang, itu akan sangat berbahaya bagi keutuhan semua akun Adsense yang dimiliki.

Jika anda memiliki alasan bahwa jika memiliki lebih dari satu akun, ketika satu akun dibanned anda masih memiliki yang lain, menurut saya itu juga tidaklah 100% tepat. Percayalah, sebanyak apapun anda memiliki akun Adsense, jika ada pelanggaran, maka semua akun itu juga akan dibanned.

Jangan pernah menyetel Adsense sebagai iklan alternatif dari program lainnya

Semisal di Chitika, kita bisa mengatur agar apabila tidak ada iklan yang relevan dengan keyword konten kita, maka kita bisa mengisinya dengan iklan dari program lain, seperti Adsense misalnya. Tapi, Adsense rupanya tidak mau diperlakukan sebagai alternatif kedua dalam hal ini. Jadi jangan coba-coba lakukan hal tersebut jika ingin awet menjadi publisher Adsense.

Jangan memasang iklan Adsense berdampingan dengan gambar, tulisan yang bisa mengakibatkan kesalahpahaman pembaca

Seperti misalnya, kita memasang iklan berbentuk gambar/multimedia berhimpitan (berdekatan) dengan image yang sengaja kita pasang, ini akan membuat pembaca salah paham dan mungkin mengira bahwa iklan yang muncul adalah bagian dari konten, dan hal itu tidak diperbolehkan. Jadi, aturlah posisi iklan agar jangan sampai terjadi kesalahpahaman tersebut.

Jangan meletakkan iklan Adsense selain di halaman konten

Halaman yang saya maksud di sini adalah misalnya halaman “Selamat Datang”, “Terima Kasih”, “Privasi Policy” atau halamanΒ “error”Β dan lain semacamnya. Adsense tidak mengijinkan kita menaruh kode Adsense pada halaman-halaman tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu kita ingat-ingat untuk tidak melakukannya, untuk menjaga keutuhan akun Adsense yang kita miliki. Untuk mengoptimalkan pendapatan dari Google Adsense, anda bisa membaca tips sukses Adsense, atau jika ingin mencari alternatif lain mencari uang melalui blog, silakan pelajari cara mendapatkan uang dari blog.Salam sukses buat kita semua.

Jika anda juga ingin berbagi pengalaman tentang Adsense, silakan berdiskusi dengan memberikan komentar yang relevan.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

367 Komentar

  • Bang klo seperti lazada,buka lapak e-commerce apakah itu termasuk iklan adsensse ? Apakah seperti itu masuk nya di bidang PPC ? Terimakasih

  • kalo misalkan sering buka blog sendiri tapi tidak klik iklan, boleh tidak min? soalnya saya kalo utak atik template kan sering buka blog sendiri.

  • Gan kmarin sy sudahh di terima adsense blog,, yang menjadi pertanyaan bisa tidak kita mendaftar adsense lagi di youtube memakai 1 akun gmail yang sama dengan blog yang saya punya?

  • Artikel yang bermanfaat, saya update adsense ke non host 2x gagal mulu.
    apa boleh adsense disanding dengan adf.ly
    terimakasih.

  • gan, mau nanya sya sudah punya account blogspot dan di terima di adsense, saya punya blog satu lagi, kira kira iklan yang di dapat dari ad unit blog yang sudah acc GA boleh di pasang di blog satunya lagi ngga ya ??
    minta penjelasannya, thnks..

  • saya mau memulai dari awal nih, kira-kira niche tentang root android dilarang gk ya. ntar udah banyak bikin postingan malah gk boleh *nangis

  • Mas saya baru diterima ads hosted daftar dari blogger pake blogspot.. Nah saya mau pasang iklannya diblog satunya lagi yg berdomain TLD dengan cara upgrade ke non hosted, tapi blog itu terikat sama adsense youtube yg saya daftarin buat upgrade ke non hosted juga.. Trus gimana ya mas biar iklan dari blog 1 bisa tampil diblog 2..? Apa semua keterikatan blog 2 dengan ads youtube harus diilangin, apa ditukar aja akunnya.. Dan dampaknya apa ya kalau ketau saya punya 2 adsense hasil daftar blogger dan juga youtube (dua2nya hosted).. Terima kasih mas sebelumnya

  • alhamdullilah udah di izinin adsense
    tapi saya juga pernah akun saya ke banned
    gara gara gak patuhi peraturan di atas
    sekarang saya bikin lagi akun yang baru

  • 3X daftar 3x di tolak.

    Hmm….pengen bnget sbnrny mamatuhi praturan2 sprti yg di smpaikn artikel sampean di atas.

    Tapi boro2…di trima saja kagak.

    Doanya yaa sob.
    Biar saya sabar menerima cobaan berat ini.

  • mas mau tanya nih, jika kita memasang tombol downlod tapi kita memperpendek urlnya seperti di shtme(.)co, itu bisa diterima adsense ga yah?

  • gan web ane di pasang 3 iklan banner + 1 iklan teks pda single post.. kira2 bahaya gk ya?
    1 salah satu iklan di tempatkan di wedget..

  • dear admin,

    saya baru dan mau belajar.
    pertanyaan saya. kalo saya open video yang di youtube melalui facebook ( maaf baru bisa belajar di youtube) dan klik ikan yang muncul, apakah ini juga termasuk pelanggaran?

    terimakasih.

  • iklan saya, tertulis ” baru ” kebetulan memakai template dinamik. namun share button tak nampak. Agak kesulitan buat share, bolehkan merubah template lain dimana share button tampak dan jelas nampak. Blog yg saya daftarkan baru 2 bulan, alhamdulillah selalu ada tulisan minim dlm 2 hari. Apa menunggu tulisan ” iklan saya ” menjadi AKTIF dulu.

    Matur Nuwun

  • mau nanya mas gee
    saya pemula ni…
    kalau kita memasang 2 iklan yang dari dua publisher berbeda di dlam 1 blog bisa gak mas,,
    saya menggunakan publisher lokal mas bukan adsens

    mohon pencerahanya mas,,,maklum masih umur jagung

  • Apakah membahas tentang alternatif adsense semisal membahas tentang ‘yang punya blog download sebaiknya menggunakan shortlink (adfly, sh.st, dst)’ atau menyuruh mereka menggunakan iklan pop-up di situs mereka … apakah itu melanggar adsense mas? Dan bahkan menyuruh mereka mendaftar jadi referalnya pada blognya yang lain (blog download) juga.. Itu saja mas

  • permisi mas… semoga masnya menyempatkan waktu untuk menjawab pertanyaan saya.

    sekitar 5 hari yang lalu saya dactar adsense. seluruh kelengkapan sudah saya penuhi. hanya jumlah pengunjung saja yg saya tidak tahu. dan sampai sekarang belum mendapat email dari adsense.

    tadi pagi saya mencoba meletakkan widget iklan yg disarankan melalui tab “penghasilan” pada dashbor blog saya. dan bisa terpasang. namun tidak ada yg muncul.
    saat saya klik setting adsense yg saya pasang di blog tersebut, disitu tidak ada tempat memasukkan kode.
    dan.. saat saya cek di akun adsense saya masih ada tulisan bahwa mereka masih membutuhkan waktu 3 hari untuk mereview, dan belum ada kode apapun.
    pertanyaannya..
    1. di akun adsense saya yang sebelah mana tepatnya saya akan mendapat code adsense saat saya sudah di approve?

    2. dimana saya paste kan code tersebut? dibagian “tambah gadget” di tata letak? atau nanti disediakan tempatnya oleh google? karena saat saya lihat setting adsense yg terpasang di blog, tidak tersedia tempat untuk meletakkannya.

    3. anda bilang bisa menempatkan adsense didekat text atau gambar postingan kita. lalu code adsensenya di paste disebelah mana jika ingin seperti itu?

    saya bener2 bingung.

    • 1. kalau approve peringatan hilang dan iklan tampil
      2. tambah gadget juga bisa
      3. cari tutorial di portal uang tentang cara memasang iklan ditengah postingan

  • Kalau semua artikel/isi blog diganti (misal :blog kesehatan, diganti kuliner, tapi ga ganti domain.
    apa pengaruhnya buat iklan adsense?

    Terima kasih
    Salam.

      • Makasih mas,
        Buat Blog baru lama sampai ada adsensenya, blognya udah ada udah ada iklannya, tapi isinya harus update semua..
        Ini blognya
        Artosdollar.blogspot.com

  • Mas Gee jhon … bolehkah iklan tampil pada URL gambar ( bukan URL postingan ) yang terindeks dimesin pencari… jadi yang terlihat hanya gambar dan iklan … mohon jawabannya mas Gee jhon

  • Makasi mas atas infonya, tapi bagaimana jika hasil klik iklan dapatnya dari teman2 facebook yang wilayahnya masih berada di 1 kota..?
    oh ya jangan lupa mampir di blogku juga ya _http://dhe-ujha.blogspot.co.id

  • Makasi mas atas infonya, tapi bagaimana jika hasil klik iklan dapatnya dari teman2 facebook yang wilayahnya masih berada di 1 kota..?

    • boleh saja gan, tapi apakah agan sudah diterima adsense, ketika sudah diterima dengan akun non hosted boleh dipasang ke blog manapun selama tidak melanggar kebijakan.

  • Terima kasih atas informasinya. Namun, ada yang ingin saya tanyakan: Bagaimana jika ada pihak lain yang ingin memasang iklan di Website yang kita punya, sedangkan website kita sudah lama terpasang iklan Adsense. Mohon pencerahannya.

    • ya tidak apa apa mas dipasang saja yang peting mematuhi kebijakan adsense. jika tidak mematuhi takutnya terjadi hal hal yang tidak diinginkan. kalaupun masang iklan, iklanya dari adsense Portal Uang juga seperti itu disini setiap penulis bisa pasang iklan dalam artikelnya sendiri.

  • Saya memiliki 3 Blog kemudian Saya ingin memasukkan 2 Blog ke Blog satu Otomatis 2 Blog tersebut tergabung menjadi 1 Blog. Yang jadi pertanyaannya Apa pengauh jika Didaftarkan Ke Adsense untuk menerima persetujuan??

    • Pertanyaannya, 1. apakah blog lama sudah dihapus semua, dan apakah blog lama masih keindex di google, jika iya masih ke index silahkan hapus dulu melalui webmaster tool. kalau sudah tidak terindex dan terindex ke blog baru atau blog utama. bisa diajukan ke adsense.

  • Mas Gee, boleh nnya gk?
    kan adsense kita gk boleh 2 tuh..
    nah, saya punya adsense Youtube,. dan masih aktif sampe skrng,
    dan skrng saya juga punya akun adsense blog.
    itu bagaimana?? apakah bisa saya pake 22nya? apa nnti saya bisa di banned?

  • jadi kalo saya perhatikan, sepertinya yg banyak di langgar itu adalah yang pemasangan iklan adsense yg menimbulkan kesalahpahaman,

    entah pemasangan iklan adsense nya itu sengaja, emang belum tau aturan nya, atau pura2 enggak tau

  • bagaimana jika posisi iklan adsense berada di sidebar, sehingga saat kita membuka halaman disclaimer, privacy policy atau petas situs, iklan adsense tetap tampil di side bar, apakah hal itu termasuk yang dilarang pihak google?

  • Hello mas saya masih newbie nih, saya ingin bertanya?
    Bolehkan kita memasang google adsense tetapi dari segi template ternyata hasil dari blog orang lain yg kita download dan di modifikasi sedikit.
    Trim’s

    • Kalau dari pemahaman saya template tidak masalah dengan adsense karena adsense lebih ke konten, tapi untuk lebih aman silahkan cari template yang free atau beli

  • Hallo Mas Gee!
    Untuk jumlah unit iklan yang dipasang dalam sebuah halaman pastinya berapa Mas? Kl menurut artikel ini, sebaiknya ada 3 iklan banner & teks. Tapi kl saya lihat iklan-nya Mas Gee lebih dari itu.
    Apa diperbolehkan 1 unit iklan dipasang lebih dari sekali dalam sebuah halaman?

  • Salam Mas Gee, aku mau tanya . . .
    1. Misalkan aku menautkan akun youtube ku dengan GA tapi jumlah viewers dan subscribers aku masih sedikit apakah itu tidak apa-apa ?
    2. Aku juga membaca di bagian perjanjian AdSense, ditulis …. “Jika kami mengakhiri Perjanjian dengan alasan pelanggaran oleh anda atau kegiatan melawan hukum, kami dapat menahan segala saldo yang belum terbayar atau mengenakannya pada akun anda.”
    Maksudnya “mengenakan pada akun anda itu” berarti kita yg disuruh membayar ganti rugi ke mereka gitu ya mas ? Dan kira-kira bentuk pelanggaran seperti apa yg bisa menyebabkan hal itu ?

    Mohon pencerahannya mas, soalnya aku masih baru soal ini
    Terimakasih sebelumnya πŸ™‚

    • 1. ya tidak apa2 bos. gak masalah.
      2. tidak bos, kita tidak membayar ganti rugi apapun, hanya saja saldo yg masuk / blm masuk ke akun tersebut dibatalkan. Adapun pelanggarannya, ckp banyak, di antaranya: klik iklan sendiri, aktivitias tidak valid pada akun, dsb. Silakan pelajari selengkapnya di laman resmi bantuan Adsense. Di sana sudah sangat lengkap informasi segala hal ttg adsense.

%d blogger menyukai ini: