Monetisasi Blog

Cara Terbaik Menghasilkan Uang Internet: Lakukan Saja Hal yang Anda Sukai

Entah sudah berapa kali saya mendapatkan pertanyaan, ‘apa cara terbaik untuk mendapatkan uang dari internet?’

Mereka rata-rata langsung ‘hilang semangat’ ketika saya katakan: ‘Anda harus fokus membuat blog yang bagus, fokus ke pemasaran afiliasi, kerja keras di search engine optimation, desain template, promosi blog, menjual e-book, dan seterusnya, dan seterusnya….’

Satu kalimat singkat yang selalu saya katakan untuk menjawab pertanyaan mereka adalah: ‘tidak ada cara terbaik untuk menghasilkan uang lewat internet!’ Dalam model bisnis apapun, jika ingin sukses, maka harus kerja keras, kerja cerdas, berusaha terus-menerus dan pantang menyerah.

Mari kita melihat kenyataan dan berpikir realistis. Ada jutaan blogger di dunia ini, ada jutaan penjual e-book, ada jutaan reseller, ada jutaan ahli SEO, dan seterusnya…. Lalu dimana posisi kita? Jangan pernah bermimpi, hanya dengan membuat blog, lalu memasang iklan di dalamnya, uang akan mengalir deras ke kantong kita dengan sendirinya. Tidak! Diperlukan usaha lebih untuk sukses di dalam bisnis apapun, termasuk mendapatkan uang dari internet.

Juga sebuah kenyataan bahwa ngeblog adalah salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang paling lambat. Itu adalah model bisnis jangka panjang, bukan sebuah jalan mudah atau jalan pintas menjadi kaya dalam waktu singkat.

Dalam setiap kesempatan saya juga tidak pernah mengatakan bahwa mencari uang dari internet adalah hal yang mudah. Itu adalah pekerjaan berat. Sama beratnya dengan membangun bisnis apapun.

Inti dari yang ingin saya sampaikan kali ini adalah: jangan fokus untuk mencari cara terbaik untuk menghasilkan uang lewat internet, karena sungguh tidak ada yang namanya cara yang terbaik, yang akan memberikan penghasilan besar dengan cepat.

Saran terbaiknya adalah: lakukan saja hal yang Anda senangi, yang Anda sukai, sesuatu yang membuat Anda terus bergairah di dalamnya. Lalu fokus, kerja keras untuk hal tersebut. Sampai Anda mencapai yang terbaik yang mampu Anda capai. Dan uang akan mengalir dengan sendirinya.

Jika Anda masih bingung untuk memulai dari mana, pelajari cara mendapatkan uang dari blog.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

4 Komentar

  • @anonim.
    waduh, maaf sekali saya ga bisa menjawabnya, karena memang tidak tahu mana yang tempat belajar ngeblog yg baik…. masing2 org pnya penilaian sendiri2. tapi klo tuk tips menulis konten, gada yg lebih lengkap dibanding copyblogger.com, coba kesana…..

  • bisa tolong bantu kasih tau info buat, bikin blog yang bagus nggak?
    and bagaimana but link kayak adsense, blogging, penulis content,.

  • @veni. betul mas. jika sejak awal yang ada di kepala cuma 'duiiiittt' terus, sedangkan semangat utama dari blog itu sendiri dilupakan (yaitu berbagi pengetahuan), maka hampir bisa dipastikan akan kecewalah blogger yg bersangkutan… 🙂 thanks atas komen dan kunjungannya.

  • ini dia artikel yang saya cari, memang saat ini kebanyakan para blogger motivasinya just for money, sedangkan yg fokus untuk menulis jauh lebih sedikit. maka wajar kebanyakan blog yg kita jumpai isinya hanya sekedar tutorial (itu pun kebanyakan hasil copy paste).

    saya setuju dengan mas Gee Jhon, fokus lah pada apa yang anda sukai, dengan konsistensi rezeky itu akan datang sendiri.