Monetisasi Blog

8 Hal yang Membuat Blog Anda Tidak Menghasilkan Uang

Hampir semua blogger yang baru memulai mencari uang dari blog begitu bersemangat.

Mereka mulai menulis artikel, mempromosikan blog, memasang iklan, melakukan optimasi SEO dan sederet langkah lain yang diperlukan, dengan satu tujuan: uang!

Namun, ternyata setelah beberapa bulan berjalan, mereka melihat kenyataan bahwa blog mereka tidak menghasilkan apa-apa, jikalau pun menghasilkan uang, nilainya sangat jauh dari harapan.

Sehingga mereka mulai mengajukan pertanyaan: kenapa blog saya tidak menghasilkan uang? Sebuah pertanyaan yang paling sering diajukan para blogger pemula.

Melengkapi tulisan saya sebelumnya, kenapa tidak semua blogger menghasilkan banyak uang, melalui tulisan ini saya mencoba menjawab pertanyaan ‘besar’ di atas. Yaitu, kenapa blog saya tidak menghasilkan uang?

Sejauh ini saya mencatat ada 8 hal yang paling banyak membuat sebuah blog tidak menghasilkan ‘apa-apa’. Inilah kedelapan hal tersebut:

1. Trafik yang rendah
Ini adalah hal yang paling utama. Trafik! Anda tidak mungkin bisa menghasilkan uang jika tidak ada atau sangat sedikit orang yang mengunjungi blog Anda.

Jalan keluarnya? Beri perhatian lebih untuk mendatangkan lebih banyak pembaca untuk blog Anda.

2. Penempatan iklan yang kurang tepat
Penempatan iklan yang kurang tepat menjadi salah satu faktor yang juga menyebabkan sebuah blog gagal memaksimalkan pendapatan.

Yang paling sering terjadi adalah memenuhi seluruh blog dengan banyak iklan. Bukankah sangat menjengkelkan melihat begitu banyak iklan memenuhi seluruh ruang blog?

Namun, adakalanya juga terjadi sebaliknya, yaitu seorang blogger ‘takut’ untuk memperlihatkan iklannya kepada pengunjung dengan menaruhnya di tempat yang ‘tersembunyi’ sehingga otomatis pendapatan pun akan berkurang.

Tempatkan iklan di tempat semestinya iklan berada, tanpa harus mengganggu kenyamanan pengunjung. Penempatan iklan yang tepat, ditambah dengan desain iklan yang baik, akan menaikkan pendapatan blog secara signifikan.

3. Konten tidak berkualitas
Anda harus membuat konten berkualitas dan unik untuk mendapatkan trafik dan popularitas dan memenangkan persaingan di ‘dunia blogging’. Siapa yang akan membaca blog Anda jika isinya adalah hasil copas dari blog lain?

4. Tidak mempromosikan halaman yang memiliki trafik dan penghasilan tertinggi dengan baik
Banyak blogger tidak begitu memperhatikan hal yang satu ini, dan gagal mengidentifikasi halaman blognya yang mana, yang memberikan trafik atau penghasilan tertinggi.

Beri perhatian khusus pada artikel pilar Anda. Promosikan lebih halaman tersebut, melalui sosial media misalnya. Lakukan langkah SEO khusus untuk mendongkrak SERP halaman-halaman tersebut. Pada akhirnya, pendapatan Anda akan meningkat.

5. Menyerah sebelum waktunya
Sesungguhnya tidak ada waktu untuk menyerah, karena sekali kita menyerah, maka selesailah sudah semuanya. Tapi kenyataannya, banyak blogger merasa ‘frustasi’ begitu melihat blognya tidak menghasilkan seperti yang diharapkan.

Ingatlah satu hal, Anda tidak akan bisa menghasilkan banyak uang dalam waktu singkat dari blog. Saya selalu melihat mereka yang sukses, adalah mereka yang mampu bertahan, paling tidak di satu tahun pertama. Mencari uang dari blog, bukan jalan cepat, beri waktu pada diri sendiri untuk memetik hasil di tahun depan.

6. Tidak konsisten
Mengupdate artikel sebulan sekali? Sama sekali tidak akan bekerja. Blog yang berhasil adalah blog yang secara konsisten menyajikan artikel baru teratur dalam rentang waktu yang relatif pendek, basis harian adalah yang terbaik.

Jika Anda memiliki kesibukan lain, manfaatkan fitur schedule untuk 3 hari ke depan dengan menyiapkan 3 artikel Anda. Baca: Maaf, Ini Posting Darurat!

7. Menjadi orang kebanyakan
Hal ini memang agak sulit, terutama bagi mereka yang baru memulai ngeblog. Bingung memilih topik, desain, gaya penulisan dan sebagainya, sehingga akhirnya terjebak mengikuti tren orang kebanyakan.

Satu hal yang selalu berlaku: orang-orang menyukai ‘keunikan’. Anda harus menyiapkan strategi menyajikan konten yang unik. Beranilah untuk berbeda! Beranilah untuk keluar dari ‘kebiasaan’, yakin Anda akan mendapatkan perhatian lebih dari pengunjung blog Anda.

8. Yang ada di isi kepala Anda hanyalah uang
Ngeblog adalah masalah ‘gairah’. Lakukanlah itu karena memang Anda menyukainya, bukan karena uang menari-nari di pelupuk mata Anda.

Percayalah semakin kita tidak memikirkan uang, semakin mereka mendatangi kita dengan deras. Jaga selalu agar pembaca Anda ‘senang’. Buatlah komunitas setia yang mencintai Anda. Hal itu akan bermanfaat untuk jangka panjang. Dan ngeblog memang adalah investasi jangka panjang.

Itulah 8 hal yang dapat saya pikirkan, yang akan membuat blog Anda tidak menghasilkan apa-apa. Jadi jika Anda berniat bisa menghasilkan uang dari blog, maka hal tersebut di atas harus dihindari.

Mungkin setelah membaca tulisan ini, semakin banyak pertanyaan dalam kepala Anda, atau bisa jadi Anda memiliki hal lain untuk melengkapi daftar di atas, mari kita berdiskusi dan berbagi, buatlah kolom komentar menjadi berfungsi. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

16 Komentar