Monetisasi Blog

7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Ngeblog Cari Uang

Sudah bukan rahasia bahwa kita bisa mendapatkan uang online dari blog. Dan ada banyak cara bagaimana mendapatkan uang dari sebuah blog.

Konsepnya secara garis besar cukup sederhana dan menyenangkan: kita menulis sesuatu yang kita suka, orang-orang membacanya, dan kita mendapatkan uang dari iklan.

Bagi mereka yang lama berkecimpung dan telah melakukannya, tentu saja ini adalah hal mudah. Tapi, bagi mereka yang baru saja mengenal dan baru memulai membuat blog, ini tidaklah semudah kedengarannya.

Jika Anda baru saja terjun dalam dunia blogging dan tertarik untuk bisa menghasilkan uang online dari blog, ada beberapa hal yang harus Anda sadari sejak awal dengan benar. Sebelum membuat sebuah komitmen untuk menjadi seorang blogger ‘pemburu dolar’. Setidaknya hal ini akan memacu semangat dan memastikan bahwa Anda berada pada rel yang benar.

Inilah beberapa hal tersebut:

1. Ngeblog itu mudah. Ngeblog untuk mendapatkan uang? Eitt.. nanti dulu

mendapatkan uang dari blog

Saya tidak berniat mematahkan semangat Anda yang sedang memulai ngeblog dengan tujuan mencari tambahan penghasilan. Justru saya ingin Anda menyadari hal ini sedari awal, bahwa mendapatkan uang dari ngeblog memang tidak semudah dibayangkan. Karena bukan melulu soal menulis artikel lalu memasang kode iklan dan selesai!

Kemampuan menulis yang baik, menguasai topik, mempromosikan blog, membuat template yang cocok, mendapatkan pengunjung setia, menempatkan iklan dengan baik, ……. dan sederet kemampuan lain, sangat diperlukan untuk dapat menghasilkan uang dari blog dengan sukses. Yang semuanya itu hanya bisa diraih dengan kerja keras, dan semangat untuk terus belajar. Yang jujur saya katakan, itu tidak dimiliki oleh semua orang.

2. Ngeblog untuk mendapatkan uang adalah pekerjaan jangka panjang

Saya mengatakan hal ini, karena ada sementara orang berpikir bahwa, setelah memasang iklan di blog mereka, lalu selesailah sudah, dan uang akan mengalir dengan sendirinya dengan cepat.

Wow, no!

Saya telah banyak melihat blog yang sukses adalah mereka yang telah bertahan paling tidak selama 1 tahun terakhir. Sebaliknya saya juga telah melihat begitu banyak blogger yang tumbang dalam beberapa bulan.

Jadi, jika Anda tidak siap bertahan paling tidak selama 1 tahun pertama, maka tidak banyak yang bisa diharapkan dari pendapatan melalui blog.

3. Pilih topik yang Anda sukai (dan kuasai) dan setialah!

Blog yang topiknya terlalu umum atau melebar kemana-mana akan kesulitan membangun pembaca setia. Pilihlah satu topik yang paling Anda sukai, perkaya wawasan tentang topik itu, dan mulailah ngeblog dengan topik itu secara eksklusif, tanpa melebar kemana-mana. Percayalah, itu adalah yang terbaik.

Update: saya telah menulis sebuah panduan lengkap metode dan strategi memilih niche terbaik dengan benar.

4. Memulai dengan satu blog saja

Meskipun Anda memiliki banyak topik yang Anda kuasai, janganlah berpikir untuk memulai dengan banyak blog sekaligus. Fokuslah dulu pada satu blog. Jika memaksa diri memulai dengan banyak blog, itu sama artinya dengan membuka jalan kegagalan bagi semua blog yang ada, karena fokus akan terpecah.

Tunggulah sampai blog pertama benar-benar telah menghasilkan banyak uang dan memiliki pengunjung tetap yang tinggi, baru kemudian membuat blog kedua, ketiga dan seterusnya. Itupun jika Anda yakin bahwa blog kedua dan seterusnya akan sesukses blog yang pertama.

5. Gunakan saja yang gratisan

Sebelum yakin dengan diri sendiri dan memutuskan untuk secara total mencari uang dari blog, sebelum memutuskan menyewa hosting dan top level domain, gunakan saja layanan blog gratisan, semisal blogger dan wordpress. Maksud saya, jangan sampai Anda telah membuang uang, lalu berhenti di tengah jalan. Sayang bukan?

6. Pasang iklan dengan bijak

Dalam hal ini, kita harus melihat blog kita sendiri sebagai orang lain yang berkunjung. Nyamankah saya dengan tampilan iklan yang ada? Hal ini penting, karena menempatkan terlalu banyak iklan akan membuat “gerah” pembaca blog dan akan membuat mereka dengan mudah meninggalkan blog kita dengan cepat.

Sebagian blogger juga menyarankan untuk tidak menempatkan iklan sejak awal, tapi menunggu sampai blog mencapai “keadaan” tertentu, seperti jumlah pengunjung generik, jumlah artikel dan lain sebagainya. Saya sendiri pernah mengulas tentang kapan waktu yang tepat memonetisasi blog.

7. Nikmati prosesnya

Saya ingin menegaskan juga satu hal, bahwa tidak ada ‘kunci emas’, tidak ada jalan pintas, tidak ada cara jitu yang pasti, tidak pula ada strategi yang menjamin sukses mendapatkan banyak uang dari blog dengan cepat. Semua butuh proses, untuk itu nikmatilah prosesnya. Ini adalah kunci utama menuju kesuksesan.

Kesimpulan dari apa yang saya sampaikan kali ini adalah bahwa: begitu banyak orang yang mencoba mencari uang dari blog, tapi ternyata gagal. Dengan melihat dan mencermati poin-poin di atas secara jujur dan seimbang, peluang Anda bisa mendapatkan uang dari blog akan lebih mudah diwujudkan. Teruslah bersemangat, keep happy blogging, dan sukses untuk kita semua.

Mengakhiri tulisan saya malam ini, meminjam kalimat salah satu iklan operator seluler yang sedang ngetop: “mencari uang dari internet itu menyenangkan, tapi… susah dijalanin. Bagaimana pendapat Anda?

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

13 Komentar