Google Adsense

Optimasi Adsense: Pendekatan Menyeluruh

Meningkatkan pendapatan dari Google Adsense adalah salah satu topik yang paling banyak dibicarakan dan dicari oleh para publisher Adsense. Beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan adalah berikut ini:

– Bagaimana cara meningkatkan CTR?

– CPM (pendapatan dari per 1000 impression) terlalu rendah, bagaimana meningkatkannya?

– Bagaimana cara meningkatkan page impression untuk meningkatkan pendapatan?

– Bagaimana cara mendapatkan iklan yang bernilai tinggi?

Dan beberapa pertanyaan lain, yang pada intinya adalah usaha bagaimana meningkatkan pendapatan dari Adsense. Pertanyaan-pertanyaan di atas memang penting untuk dicermati. Sehingga pada akhirnya beberapa blogger terlalu fokus kepada salah satu hal di atas, sehingga sering mereka mengabaikan faktor lainnya, ini justru akan mempengaruhi pendapatan secara keseluruhan.

Seperti yang pernah saya jabarkan dalam tips sukses Adsense bagian 3, bahwa ada empat faktor yang sama penting untuk meningkatkan pendapatan Adsense, yang saya tuangkan dalam rumus keberhasilan Adsense, yaitu:

Penghasilan Adsense = trafik tinggi + iklan bernilai tinggi + iklan yang relevan + penempatan dan desain iklan

Atau dengan kata lain, kita harus fokus pada:

– page impression, yang berhubungan dengan trafik

– nilai per klik, yang berhubungan dengan nilai iklan

– relevansi iklan, dan

– CTR (click trough rate), yang berhubungan dengan desain dan penempatan iklan

Banyak orang, terkadang hanya fokus kepada salah faktor saja. Yuk, kita gali lebih jauh:

Hanya fokus kepada trafik

Trafik memang akan sangat mempengaruhi pendapatan Adsense, sehingga mereka seperti terobsesi bagaimana mendapatkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Ini berakibat kurang melakukan eksperimen yang cukup dalam desain dan penempatan iklan. Tentu saja, meskipun trafik berlimpah, CTR akan menjadi sangat rendah.

Hanya fokus bagaimana meningkatkan CTR

Saya sering melihat teman blogger yang memiliki nilai CTR yang cukup tinggi, tapi pendapatan dari Adsense keseluruhan sangat kecil. Karena, mereka mengabaikan trafik dan iklan yang muncul tidak relevan.

Hanya fokus pada nilai iklan

Ini adalah hal yang paling banyak membuat blogger tidak mendapatkan penghasilan maksimal dari Adsense. Mereka terjebak dalam pemikiran bahwa lebih baik mendapatkan 10 klik dengan nilai $10 daripada mendapatkan 100 klik dengan nilai $0,01!

Sehingga mereka akhirnya memutuskan membangun blog dengan topik (niche bernilai tinggi) yang seringkali tidak dikuasai dengan baik. Dan satu hal yang seringkali diabaikan oleh mereka bahwa Google melakukan pengawasan secara khusus kepada blog / situs dengan topik dengan keyword bernilai iklan tinggi.

Hanya blog dan situs yang dianggap sangat berkualitas yang akan “dianggap” oleh Google. Hal ini bertujuan untuk melindungi advertiser dari klik yang tidak sah. Jadi, meskipun benar blog kita membahas topik dengan nilai iklan tinggi, namun jika jika tidak didukung dengan trafik yang baik, maka alih-alih mendapatkan $10 per klik, kita hanya akan mendapatkan $0,04 saja per kliknya. Silakan pelajari mengenai Smart Pricing mengenai hal ini.

Jadi, saran saya terbaik adalah:
Lakukan optimasi Adsense secara menyeluruh. Usahakanlah untuk meningkatkan impression dengan cara meningkatkan trafik blog dan menambah unit iklan pada halaman.

Tingkatkan CTR dengan desain dan penempatan iklan yang baik, serta beri perhatian iklan yang menjadi target dan buat iklan itu relevan dengan topik blog. Bari fokus dan waktu sama banyak kepada semua faktor tersebut.

Ada dapat mempelajari masing-masing faktor dalam Rumus Keberhasilan Adsense, yaitu meningkatkan trafik, iklan bernilai tinggi, iklan yang relevan dan penempatan dan desain iklan yang baik. Sukses buat kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

4 Komentar