Monetisasi Blog

Pengaruh Sumber Trafik Terhadap Penghasilan Blog

Menghasilkan uang online dari internet, khususnya uang dari blog, tidak akan lepas dari masalah jumlah trafik atau pengunjung blog kita.

Semakin tinggi trafik, maka semakin tinggi pula peluang mendapatkan hasil yang memuaskan. Namun, ternyata tidak semua trafik berpengaruh langsung bagi pendapatan blog, tergantung darimana mereka berasal.

Dan jika kita mengelompokkan sumber trafik blog kita, maka secara umum kita bisa mengelompokkannya ke dalam tiga jenis sumber trafik, yaitu:

– Pembaca setia yang berlangganan blog kita, baik melalui email ataupun melalui RSS Feed

– Pembaca dari mesin pencari (search engine)

– Pembaca dari referal situs lain

Ternyata masing-masing sumber trafik tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, dan ini mempengaruhi seberapa efektif mereka bagi penghasilan online kita dari blog. Mari kita bahas mereka satu per satu.

Pembaca setia

Ini merupakan aset yang sangat berharga bagi sebuah blog, semakin banyak orang berlangganan artikel blog kita, maka nilai blog kita semakin bagus.

Ketika orang memutuskan untuk berlangganan artikel sebuah blog, maka berarti dia telah merasakan manfaat dari tulisan-tulisan di blog tersebut, pula berarti pembaca telah menaruh kepercayaan terhadap rekomendasi dan saran serta tips-tips dari penulis. Ini membuat ada ikatan yang kuat antara pembaca blog dengan penulisnya.

Kenyataannya, sumber trafik ini, sangat efektif untuk program penjualan produk, baik berupa produk virtual (digital) maupun produk fisik. Sumber trafik ini juga cukup efektif untuk program afiliasi, sekali lagi karena pembaca jenis ini telah menaruh kepercayaan yang tinggi kepada penulis blog.

Di sisi lain, tipe pembaca setia ini sangat tidak efektif untuk program periklanan (advertising). Pembaca ini, setiap hari akan membuka dan membaca postingan terbaru blog Anda, sehingga sudah tidak lagi memperhatikan iklan-iklan yang tampil di situ.

Inilah yang membuat sumber trafik ini, sangat jarang untuk mengklik iklan (kecuali mungkin sangat pandai menempatkan iklan yang sangat menarik perhatian dalam postingan anda).

Kesimpulannya, sumber trafik ini, sangat baik untuk program sejenis afiliasi atau pun target penjualan produk, tapi sangat buruk untuk program iklan.

Pembaca dari mesin pencari

Sumber trafik ini adalah mereka yang sampai ke blog kita setelah mengetikkan sebuah kata kunci di mesin pencari. Karakteristik pengunjung yang satu ini, mereka ingin mengetahui informasi sebanyak-banyaknya terkait keyword yang sedang dicari.

Jika menemukan informasi yang dicarinya, mungkin mereka akan bertahan beberapa lama, namun jika tidak, biasanya mereka akan mencari link yang dianggap lebih sesuai dengan informasi yang mereka inginkan, atau segera mengklik tombol back dan kembali ke hasil pencarian.

Kebanyakan mereka mungkin hanya bertahan selama 10 detik saja di blog Anda. Ini tentu sangat sulit untuk membangun sebuah hubungan intens antara pengunjung dengan penulis. Inilah yang menyebabkan trafik dari mesin pencari ini sangat bertolak belakang dengan trafik dari pembaca setia.

Untuk itu, sumber ini sangat cocok dengan program contextual advertising semacam Google Adsense, di mana iklan yang tampil bukan saja menyesuaikan dengan topik blog, tapi juga berdasarkan keyword yang dicari oleh mereka di mesin pencari. Sebaliknya, sumber trafik ini tidak sesuai untuk program penjualan produk atau program afiliasi.

Pembaca dari referal

Karakteristik pembaca dari referal ini sangat tergantung dari banyak hal, seperti dari situs apa, dengan topik apa referal tersebut berasal dan dengan cara apa mereka sampai ke blog kita.

Ini membuat sulit guna mengambil kesimpulan bagaimana kaitannya dengan penghasilan blog. Namun Secara umum, pembaca dari sumber ini, kurang baik untuk peningkatan pendapatan blog, baik untuk program afiliasi maupun program iklan kontekstual.

Tentu saja, selalu ada sisi baiknya. Mereka, bisa dikatakan adalah pembaca yang baru pertama kali mengunjungi blog Anda, tentu terbuka kesempatan untuk menjadikan mereka sebagai pembaca setia dengan manfaat artikel yang Anda sajikan.

Itulah tiga jenis pembaca yang datang dari arah berbeda, yang memiliki karakteristik berbeda, dan tentu saja memberikan andil yang berbeda untuk earning blog.

Kesimpulannya, dari mana pun pembaca berasal, mereka tetap merupakan aset yang mesti dijaga dengan selalu memberikan artikel dan tulisan yang bermanfaat untuk semua orang.

Jika anda semua memiliki pandangan lain, saya ingin mendengar pendapat Anda tentang hal ini. Senang jika Anda bisa berbagi melalui kolom komentar. Sukses buat kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

13 Komentar