Monetisasi Blog

Kenapa Tidak Semua Blogger Menghasilkan Banyak Uang?

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh teman-teman kepada saya adalah: “Bisakah setiap orang menghasilkan uang dari blog?”

Saya selalu jawab: Bisa!

Saya telah banyak melihat orang-orang dari segala penjuru dunia mampu menghasilkan uang online dengan baik dari blog mereka.

Dan para blogger itu datang dari berbagai latar belakang, mulai dari ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa, bahkan mereka yang memiliki keterbatasan fisik. Juga dari latar belakang pendidikan yang beragam. Tapi sama-sama mereka menghasilkan uang dari internet.

Jadi jawabannya adalah, ya bisa! Setiap orang bisa menghasilkan uang dengan menjadi seorang blogger.

Namun begitu, kenyataannya, kebanyakan dari mereka tidak bisa menghasilkan banyak uang. Hanya sedikit dari mereka – para blogger pencari uang – yang bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Kenapa bisa begitu?

Inilah beberapa hal yang menurut saya membuat seseorang tidak mampu menghasilkan banyak uang dari blog seperti yang diharapkan.

Tidak memiliki kemampuan menulis yang baik

Suka atau tidak suka, ngeblog adalah selalu berurusan dengan karya tulis. Membuat blog, apapun tujuannya, adalah berarti kita siap belajar untuk selalu mengasah kemampuan menulis yang baik dan benar. Mencakup wawasan, mendalami topik blog, tata bahasa, sampai kepada cara menulis yang baik dan benar sesuai ejaan dan kaidah bahasa yang digunakan.

Topik yang tidak ‘komersil’

Benar, topik yang satu akan lebih komersil dibandingkan dengan topik lainnya. Jika tulisan kita tentang topik yang tidak komersil, maka itu sama saja dengan membatasi sumber pendapatan. Cari topik yang dicari banyak oleh pengiklan, misalnya.

Tidak memiliki waktu yang cukup

Jika kita ngeblog hanya dengan memanfaatkan waktu luang seadanya, menurut saya akan sangat sulit untuk sukses menghasilkan banyak uang. Saya melihat mereka yang sukses dengan blog mereka, adalah mereka yang mendedikasikan waktu secara maksimal untuk mengurus blog mereka. Ngeblog untuk mencari uang, bukan perkara mudah, dibutuhkan komitmen waktu yang tinggi.

Tidak fokus

Ada banyak ide dalam kepala kita, sehingga kita merasa membutuhkan blog baru untuk menuangkannya. Kita juga berpikir, bahwa dengan memiliki lebih banyak blog akan meningkatkan penghasilan. Itu memang ide yang bagus, namun juga harus diingat, jika kita terlalu cepat berpindah dari satu ide ke ide yang lain, dari satu proyek ke proyek yang lain, itu justru malah kontra-produktif.

Karena, biasanya akan membuat semua blog yang kita miliki tidak mampu bersaing dengan baik. Boleh saja kita membuat lebih dari satu blog, dengan syarat, blog kedua, ketiga, keempat dan seterusnya dapat sesukses blog yang pertama dan kita punya cukup waktu untuk mengurus semuanya, dan tentu saja setelah blog yang pertama telah mencapai target yang telah ditentukan.

Menyerah terlalu cepat dan kehilangan semangat

Ini penyakit umum yang diderita oleh orang-orang yang tidak sukses, yaitu terlalu cepat menyerah. Dalam kaitannya dengan dunia blogging, saya melihat blog yang sukses adalah blog telah berumur paling tidak satu tahun. Dibutuhkan waktu bagi sebuah blog untuk memberikan hasil yang memuaskan. Nikmati prosesnya, dan jangan terlalu cepat menyerah.

Melanggar peraturan dan kebijakan

Sebagai contoh kita mengandalkan program PPC untuk menghasilkan uang dari blog, maka kita tidak boleh melanggar peraturan dan kebijakan dari penyelenggara program tersebut. Inilah salah satu sebab banyak blogger gugur sebelum mencapai kesuksesan. Karena mereka telah dengan sengaja melanggar kebijakan yang telah disepakati, akhirnya akun-nya dibanned.

Biasanya mereka membuat akun baru, lalu mengulangi kesalahan yang sama, begitu seterusnya. Ini jelas, bukan jalan mencapai kesuksesan. Kita hanya akan membuang waktu dan sumber daya dan kita tidak mendapatkan apa-apa. Dan jika anda menjalankan program Adsense, pelajari hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh publisher Adsense.

Melupakan tujuan utama dari ngeblog

Saking semangatnya mencari uang, sampai melupakan tujuan utama dari sebuah blog, yaitu memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca.

Terlalu fokus mencari, mengolah dan melakukan optimasi iklan, afiliasi, SEO, dan seabrek hal lain yang menurut kita akan membantu mendatangkan uang, dengan melupakan penyajian artikel yang berkualitas dan bermanfaat. Sungguh, itu tidak akan mendatangkan kesuksesan yang besar.

Itulah beberapa hal kerap terlupakan. Masih ada banyak faktor lain yang menentukan sukses tidaknya mendapatkan banyak uang online dari blog, tapi menurut saya beberapa hal di atas cukup mewakili dan harus mendapatkan prioritas lebih.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan membantu Anda mendapatkan penghasilan maksimal dari blog. Dan ke depan, saya akan terus berbagi hal-hal bermanfaat lainnya, maka dari itu, silakan berlangganan artikel PortalUang, agar jangan sampai terlewatkan. Sukses buat kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

10 Komentar

  • Ngeblog sama seperti halnya menanam tumbuhan, dirawat, dipupuk, disiram setiap hari agar kelak berbuah banyak. Semakin banyak jumlah batang tumbuhan (baca: artikel), semakin banyak pula buah yang didapat…Jadi kenapa blogger tidak menghasilkan uang? Mungkin karena bibit yang ditanam cuma dua batang, kurang terawat lagi (mungkin sama halnya seperti saya). Dan satu lagi, kadang tanaman cuma lebat daunnya, buahnya kurang.

    Terima kasih nasihat bloggernya Mas.

  • blogging atau mencari dollar di internet memang bukan perkara mudah
    namun semua hal yang ingin kita raih dengan hasil yang BESAR memang perlu untuk berkerja keras dan sangat exstra kerja keras demi tujuan yang di inginkan…
    namun semua itu tidak luput dari modal yang bersifat Komersil
    tidak hanya kerja keras, kita pun butuh modal untuk menjalankan semua aktivitas blogging, dan waktu yang dijalankan sangat panjang dan lama dan semua itu harus ada biaya nya tanpa ada pemasukan dari yang sedang kita kerjakan dalam waktu yang sangat panjang..
    kira-kira apa yang harus saya tanamkan agar semua itu tetap bejalan sepanjang waktu yang akan datang, yaitu sukses blogging.
    Mohon pencerahannya Mas ..
    Thanks
    akangsuhar.blogspot.com

    • jangan hanya berpotakan dengan satu jenis aja mas, gak hanya blogging mas juga bisa menjual barang secara online dll, sambil menjalankan aktivitas blogging dan belajar kenapa penghasilan masih belum seberapa ? kalau mau yang instan silahkan baca artikel cara instan mendapatkan visitor dan penghasilan banyak melalui adsense

  • @arya.
    menurut saya, sedalam apapun pemahaman kita, memang nyatanya ada beberapa topik yang tidak komersil. seperti misalnya topik agama, politik, seleb, dan beberapa lainnya lagi.

    topik yg tidak komersil disini diartikan bahwa pada topik tersebut tidak ada atau sangat sedikit produk yg bisa dijual. sehingga misalnya dalam hal iklan, tidak ada perusahaan yg mengiklankan produknya di topik tsb.

    tapi, apakah topik yg tidak komersil tadi benar2 tidak bisa mghasilkan uang sama sekali? tentu saja tidak. selalu ada peluang untuk menghasilkan uang. satu prinsip yang tetap berlaku: selama ada trafik, selalu ada cara mendapatkan uang dari blog.

    tapi, sekali lagi, dg topik yg tidak komersil, kita mungkin membutuhkan usaha ekstra yg jauh lebih berat dibandingkan dg topik yang komersil tuk menghasilkan uang. dibutuhkan trafik yang amat besar agar menghasilkan dalam jmlah yg baik.

    jadi, kesimpulannya: jika blogging dg tujuan mendapatkan uang: hindari topik yg tidak komersil. TAPI, ngeblog bukan semata mencari uang bukan? so… semua kembali kepada tujuan masing2.

  • saya agak sedikit tidak enak sangat membaca point topik tidak komersil, karena menurut saya jika seseorang sangat suka dengan suatu topik dan mempelajarinya dengan sangat dalam, maka mungkin saja topik yang tadinya tidak komersil itu, bisa menjadi komersil. Bagaimana menurut mas Gee ?

  • @faradillah.
    bagus sekali itu, teruskan….. blogging banyak sekali manfaatnya kok., bukan melulu masalah uang.

    ok, nanti kalau sudah jadi beritahu ya?

  • @faradilah.
    jawabannya adalah bisa. Namun, tuk bisa spt itu butuh waktu dan ketekunan luar biasa. Masalah cukup, amat tergantung dari masing2 orang. Klo tanya pengalaman saya, jujur saat ini penghasil dari blog bukanlah penghasilan yg utama. Ngeblog masih jadi pekerjaan sampingan…. 🙂