Google Adsense

Tips Tambahan agar Iklan Adsense Lebih Relevan

Untuk kesekian kalinya, saya ditanya tentang tips bagaimana membuat iklan Adsense yang muncul di blog relevan terhadap topik blog.

Memang hal yang satu ini sangat berpengaruh besar terhadap penghasilan dari program periklanan kontekstual semisal Adsense.

Sebenarnya saya telah mengulas relevansi iklan ini dalam seri Tips Sukses Adsense Bagian #6, namun saya coba tambahkan beberapa yang belum disebutkan dalam artikel tersebut.

Dan berikut adalah tips tambahan yang bisa saya berikan.

Keyword di dalam konten
Selalu cantumkan keyword yang menjadi target di dalam setiap postingan. Taruh beberapa di alenia pertama, dan beberapa juga menyebar di sisa tulisan. Namun harus diingat, jangan juga kita memaksakan memasukkan keyword tanpa memperhatikan kaidah bahasa yang baik dan benar, sehingga membuat artikel tidak ‘enak’ untuk dibaca.

Keyword di judul artikel
Saya melihat bahwa keyword di judul posting cukup berpengaruh besar terhadap relevansi iklan. Tentu saja, judul harus menyesuaikan dengan isi dari artikel bersangkutan. Selain itu, dengan menaruh keyword pada judul juga akan berpengaruh terhadap SEO (menurut pakar SEO, saya sendiri buta terhadap SEO).

Meta tags
Memang saya tidak menemukan pihak Adsense menyebut-nyebut tentang meta tags untuk memperoleh iklan yang relevan. Tapi, dari banyak pengalaman para publisher Adsense, meyakini bahwa meta tags masih berpengaruh terhadap relevansi iklan.

Jadi, meskipun saat ini secara SEO, meta tags sudah kurang dianggap, tidak ada salahnya menggunakannya untuk tujuan lain, yaitu membantu mendapatkan iklan Google Adsense yang lebih relevan. Pasang semua keyword yang berkaitan di meta tags untuk membantu bot Adsense menentukan isi blog secara keseluruhan.

Minta bantuan orang lain
Mintalah teman yang jauh, atau yang tinggal di luar negeri, untuk melihat iklan yang muncul di blog kita. Faktanya, Adsense memiliki fitur geo targeting, yang akan menampilkan iklan berdasarkan lokasi dari mana blog kita diakses.

Ini tentunya akan memberikan relevansi iklan yang berbeda. Dengan cara ini, jika teman Anda melihat masih ada iklan yang tidak relevan, Anda bisa mengambil langkah, seperti memblokir iklan tersebut, misalnya.

Iklan yang relevan membutuhkan waktu
Yang saya maksud adalah, jika Anda melihat iklan yang tidak relevan, jangan buru-buru berpikir ada yang salah. Ada kemungkinan ini disebabkan artikel atau blog bersangkutan belum cukup ‘usia’.

Hal ini mungkin dikarenakan bot Adsense belum ‘memahami’ benar topik blog kita. Beri waktu beberapa minggu kepada Adsense untuk memperbaiki semuanya.

Nah, itulah beberapa tips tambahan yang bisa saya sampaikan, untuk selebihnya silakan baca tentang iklan yang relevan ini dalam artikel saya sebelumnya. Baca juga tips optimasi unit iklan adsense, karena sukses di Adsense tidak semata tergantung terhadap relevansi iklan, namun juga berkaitan dengan faktor-faktor lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

27 Komentar

%d blogger menyukai ini: