Monetisasi Blog

Pasang Iklan Sebanyak-banyaknya, Untung atau Rugi?

Mengawali tulisan saya kali ini, saya ingin bercerita tentang seseorang, sebut saja namanya Gee Jhon (mau pakai nama lain, takutnya ada yang marah, hehehe….)

Dia baru saja mengenal dunia internet, awalnya internet hanya digunakan sebatas kirim email, narsis di jejaring sosial, dan baca-baca berita yang lagi hangat.

Tidak lama, akhirnya dia mendengar (tepatnya membaca) bahwa ternyata orang bisa mendapatkan uang dari internet. Lalu dia (Gee Jhon ini) mulai mencari-cari, mengobok-obok Google, mencari informasi tentang ‘cara mudah’ mendapatkan uang dari internet.

Akhirnya sampailah dia pada sebuah situs yang mengajarkan cara bagaimana menghasilkan ribuan dolar per bulan dari sebuah blog!

Dengan penuh semangat, Gee Jhon mulai membuat sebuah blog. Dengan penuh semangat pula, dia menulis artikel setiap hari. Blognya mulai mendapatkan pengunjung.

Kemudian dia penuhi blognya dengan segala macam jenis iklan; banner, link-ads, adsense, kontera, chitika, program afiliasi dan sebagainya. Sampai tidak ada space kosong secuilpun, kecuali penuh berisi iklan, dengan harapan dapat dengan cepat mendapatkan ribuan dolar seperti yang dia baca di blog yang ‘menginspirasinya’ tadi.

Beberapa bulan berjalan, Gee Jhon ternyata mendapati hanya mampu menghasilkan tidak lebih $10 per bulan, setelah bekerja begitu keras selama beberapa bulan yang lalu.

Terdengar tidak asing tentang cerita di atas? Lalu apa yang salah? Ok, sekarang mari kita lupakan dulu si Gee Jhon yang sedang kebingungan. Hehehe….

Saya sendiri, setiap kali melihat sebuah blog baru dengan tampilan “ngejreng” dan dipenuhi dengan iklan yang seabrek, yang ada dalam pikiran saya adalah bahwa pemilik blog itu sedang berusaha keras untuk mendapatkan uang dengan cepat, dibandingkan dengan sedang mengembangkan blognya itu sendiri.

Tentu saja, tidak ada yang salah bila kita membuat blog untuk mendapatkan uang. Tapi, apakah bijaksana memenuhi blog dengan seabrek iklan?

Satu kalimat yang saya yakini: membangun blog yang sukses menghasilkan uang adalah hal bagaimana menjadi besar, bukan bagaimana memenuhi space dengan banyak iklan.

Setidaknya ada 2 hal yang menjadi masalah:

Pertama, ketika kita memasang iklan sebanyak-banyaknya di setiap ruang kosong di blog kita, maka kita akan menghancurkan reputasi kita sendiri.

Pembaca akan berpikir bahwa kita adalah orang yang ‘rakus’, yang hanya memikirkan bagaimana mendapatkan uang dengan cepat, dan kemungkinan besar tidak akan pernah kembali lagi.

Kedua, jika kita berusaha bagaimana mendapatkan uang sebanyak-sebanyaknya dengan cepat dari sebuah blog, yang memiliki visitor unik kurang dari 1000/hari, kita pasti hanya akan menuai kecewa, dan itu adalah awal yang buruk untuk mengembangkan blog selanjutnya, yang pada akhirnya dengan terpaksa kita menurunkan target, dan lebih parah: kehilangan semangat!

Kesimpulan
Jika kita ingin sukses mendapatkan penghasilan dari internet, bangun dulu audience, bangun kredibilitas, bangun brand, bangun kepercayaan dari pengunjung.

Jika telah mencapai tahap tersebut, apapun yang kita lakukan, bahkan memenuhi blog dengan banyak iklan pun tidak akan mendapatkan banyak masalah, (meskipun saya melihat banyak blog dan situs yang sukses tetap bijak dalam menempatkan iklan di situs/blog mereka). Paling tidak mereka sangat menghindari memasang unit iklan yang mengganggu, seperti pop-up dan iklan in-text.

Bagaimana pendapat Anda? Sukses selalu buat kita.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

9 Komentar