Google Adsense

Mengapa Nilai Klik Adsense Berubah-ubah?

Nilai sebuah klik pada iklan di Google Adsense memang tidaklah sama, dan itu kebanyakan kita semua sudah mengetahuinya.

Namun, tahukah Anda bahwa nilai klik pada iklan yang sama pun nilainya berbeda-beda dan berubah-ubah?

Melalui tulisan ini saya mencoba untuk menjelaskan beberapa faktor yang dapat menjelaskan fenomena ini. Dan Anda, sebagai publisher Adsense perlu mengetahui tentang hal ini, agar lebih efektif lagi dalam melakukan optimasi Adsense dengan tujuan memberi penghasilan yang diharapkan.

Inilah beberapa hal tersebut:

Target wilayah
Lokasi dimana pengunjung situs/blog yang mengklik iklan akan sangat berpengaruh terhadap nilai klik suatu iklan. Hal ini karena para pemasang iklan (advertiser) yang menentukan target wilayah, akan membayar harga yang berbeda.

Jika advertiser menargetkan iklannya untuk orang-orang Indonesia, maka tentu mereka membayar lebih kecil jika iklan itu diklik dari luar Indonesia.

Prinsip ‘supply and demand’
Dalam menentukan harga bagi para pemasang iklan, Google Adsense melakukannya dengan cara lelang. Dengan cara ini mak akan terjadi kompetisi antara supply and demand.

Faktor-faktor dari perubahan supply and demand ini di antaranya:

  • Siklus bulanan. Biasanya pada masa-masa akhir bulan, nilai klik suatu iklan akan menurun. Ini disebabkan para pengiklan telah membelanjakan penuh anggaran iklan bulanannya dan menarik dari persaingan pasar pada sisa hari di bulan tersebut.
  • Perubahan kompetisi pada suatu keyword. Semakin banyak pengiklan yang menargetkan sebuah keyword, maka harga keyword tersebut otomatis akan menjadi lebih mahal. Perubahan kompetisi akan mudah terjadi, ketika ada pengiklan baru masuk dalam persaingan. Biasanya hal ini dipicu oleh even-even tertentu, seperti pesta olahraga, politik dan lain sebagainya. Atau yang selalu akan terjadi adalah ada pengiklan yang berhenti dan pengiklan baru.
  • Kejadian musiman. Seperti halnya hari raya, musim libur sekolah dan lain sebagainya. Hal ini berpengaruh terhadap nilai klik iklan, karena pada waktu-waktu tersebut terjadi perubahan persaingan. Silakan perhatikan, beberapa hari setelah hari raya misalnya, pendapatan Adsense anda biasanya akan mengalami penurunan sedangkan menjelang hari raya cenderung akan naik, karena terjadi perubahan nilai klik pada iklan.
Perbedaan nilai klik iklan pada satu halaman
Berikutnya yang bernilai lebih rendah dan seterusnya. Jadi iklan yang tampil paling akhir di satu halaman adalah iklan yang paling rendah nilai kliknya.

Biasanya, iklan dengan nilai klik paling tinggi akan ditampilkan oleh Adsense pada unit iklan pertama pada suatu halaman (yaitu kode iklan yang pertama kali di-load di source code halaman).

Itulah beberapa hal yang menentukan perubahan dan variasi nilai iklan Adsense. Dengan memahami hal ini, diharapkan kita dapat mengoptimalkan hasil dari program Adsense.

Selain itu, Adsense juga menerapkan sistem smart pricing atau penetapan harga cerdik, yang ikut menentukan perubahan nilai klik pada suatu iklan yang ditampilkan. Semoga bermanfaat, sukses selalu buat kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

26 Komentar