Monetisasi Blog

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

cara dapat uang dari blog

Bisa menghasilkan uang dari blog, adalah salah satu impian banyak blogger. Saya sendiri, jujur pada awalnya sama sekali tidak terpikirkan untuk mendapatkan uang dari blog saya. Saya niatkan ngeblog adalah semata untuk berbagi kepada semua orang tentang apa yang saya alami, apa yang saya ketahui dan apa yang sedang saya rasakan.

Tapi seiring waktu, setelah saya menekuni dunia blogging beberapa lama, saya menemukan, ternyata kita bisa menghasilkan uang dari blog. Jadilah, sampai sekarang saya menjadi seorang blogger matre, hehehe… bawaannya: duiiiiiiiiiit terus!

Nah, jika anda seperti saya, dan sedang mencari cara mendapatkan uang dari blog, atau pun anda yang baru saja siap-siap membuat blog untuk mendapatkan uang, silakan lanjutkan membaca artikel ini sampai tuntas.

Lalu bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?

Inilah beberapa cara yang bisa dan sudah banyak dilakukan oleh para blogger untuk mendapatkan uang dari blog mereka. Saya sendiri, terus terang belumlah menggeluti kesemuanya. Tapi minimal sudah pernah saya coba, meskipun tidak fokus ke semuanya untuk saat ini.

Program Periklanan

Ini cara paling umum dan -mungkin- cara yang paling mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Inti dari program ini adalah kita menyediakan space di blog kita untuk ditempatkan iklan.

Cara yang paling umum adalah program iklan kontekstual (contextual ads program), yaitu dimana materi iklan yang muncul akan menyesuaikan dengan keyword konten blog. Ada banyak bertebaran program jenis ini, tapi biasanya yang paling banyak diminati dan digeluti adalah Google Adsense dan Chitika.

Program Afiliasi

Program jenis ini pun terbukti telah banyak yang menikmati hasilnya. Di sini kita bertindak semacam agen, perwakilan, atau bisa juga sebagai makelar, dimana tugas kita adalah memberikan klien atau pelanggan baru untuk perusahaan yang kita berafiliasi kepadanya. Di antaranya yang paling terkenal adalah clickbank, amazon, dan linkshare.

Sponsorship

Selain banyak program periklanan yang bisa diikuti, seorang blogger juga bisa mendulang uang dengan menyewakan space untuk iklan langsung dari klien. Jika blog kita cukup ramai dan padat pengunjung, peluang untuk mendapatkan sponsorship ini sangat terbuka lebar.

Ada banyak perusahaan yang merasa jauh lebih efektif untuk memasang iklan langsung di blog anda, dan tentu saja ini peluang yang sangat bagus. Sistem sponsor juga bisa saja dilakukan melalui postingan. Dimana kita diminta untuk mereview, mengulas atau menulis tentang suatu topik berdasarkan pesanan dari klien, dan kita dibayar untuk itu.

Donasi

Hmmm… apa iya? Yup, kenapa tidak? Jika blog kita mampu memberi manfaat yang luar biasa, akan ada banyak orang yang dengan sukarela memberikan sumbangan jika diminta. Jangan dianggap sepele. Saya pernah mengobrol dengan teman blogger yang senior (saya diwanti-wanti tidak boleh menyebut namanya) yang mengaku mendapatkan jutaan rupiah dari sumbangan pembaca fanatiknya setiap bulan. Luar biasa bukan?

Jadi penulis buku

Loh? Apa hubunganya penulis buku dengan menjadi blogger? Hmm… jangan salah, erat sekali hubungannya. Begini, jika anda sudah cukup lama ngeblog, tentunya sudah menghasilkan banyak sekali artikel. Ratusan -bahkan ribuan- mungkin. Dan jika topik blog kita cukup tajam dan terjaga, tidaklah sulit mendapatkan penerbit yang bersedia membukukan tulisan-tulisan kita. Bagaimana?

Menjual merchandise blog

Begini ceritanya. Blog anda sudah cukup terkenal. Menjadi buah bibir di kalangan para blogger. Blog kita memiliki brand image yang baik dan kuat. Blog kita menjadi semacam acuan dan menjadi referensi terpercaya bagi banyak orang. Tulisannya berbobot dan memberikan manfaat yang luar biasa.

Nah, jika sudah begitu, tidak sulit menjual berbagai merchandise yang menjadi ciri khas blog anda, seperti t-shirt, dompet, tas, topi dan lain sebagainya. Cafepress dan situs semacamnya bisa menjadi pilihan untuk pertama untuk memasarkannya.

Menjual blog

Saya pernah membaca, ada seorang blogger jadi ‘kaya mendadak’ karena berhasil menjual blognya senilai $100.000! Memang, yang saya baca itu adalah blogger dari luar negeri sana. Tapi, jangan salah banyak juga blogger Indonesia yang blognya terjual dengan harga yang cukup tinggi.

Memang kunci utamanya adalah kualitas blog, parameternya adalah jumlah pengunjung, semakin banyak, semakin bagus, semakin mahal nilai sebuah blog. Jadi, jika blog anda ada yang menawar dengan harga tinggi, jual saja! Anggap Anda ngeblog selama 2 tahun, lalu blognya laku seratus juta, sudah berapa tuh Anda digaji per bulannya?

Jika iseng-iseng ingin mengetahui harga yang pantas untuk blog anda, bisa anda lihat disini. Tinggal masukkan alamat lalu klik Check, maka akan keluar harga yang pantas untuk blog anda.

Sebenarnya masih ada banyak lagi cara untuk mendapatkan uang dari blog, secara lengkap telah saya tuangkan dalam bentuk gambar di halaman rangkuman cara mendapatkan uang blog. Tapi daftar di atas, saya kira sudah bisa mewakilinya.

Silakan anda pilih-pilih dan mulai pikir-pikir untuk menjalankan yang mana dulu dan memilih cara mendapatkan uang dari blog yang paling tepat bagi Anda.

Beberapa di antaranya, mungkin cuma sekadar angan-angan dan mimpi dan belum ‘terjangkau’ oleh kita. Tapi, setiap mimpi harus dikejar bukan? Anda memiliki pengalaman sukses mendapatkan uang dari blog? Kiranya sudi untuk berbagi, silakan tulis pengalaman Anda melalui kolom komentar.

Sukses selalu buat kita semua.

Anda yang sudah berniat mendapatkan uang dari blog, tapi masih bingung harus memulai dari mana?

Pelajari bagaimana cara memilih niche terbaik untuk sukses blogging, kemudian dilanjutkan dengan strategi membuat konten segera setelah memilih niche terbaikDua strategi sistematis untuk memastikan Anda dapat membangun blog yang sukses, tentu saja sukses juga mendapatkan uang dari blog.

Salam.

Apakah Anda ingin mendapatkan uang dari Adsense? Pelajari cara dan strateginya dari nol menghasilkan banyak uang dari Adsense hanya dengan mengelola blog secara tuntas dan runut di Panduan Lengkap Google Adsense.

Tahukah Anda apa syarat utama bisa mendapatkan uang dari blog? Cari tahu jawabannya di artikel: Tahukah Anda, Apa Syarat Utama Mendapatkan Uang dari Blog?

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

385 Komentar

%d blogger menyukai ini: