Promosi Blog

8 Manfaat Terbaik Berkomentar di Blog Lain

Di berbagai forum saya sering melihat banyak blogger mengatakan:

“Gan, komen-komenan yuk!”

“Komen dong, dijamin 1000% dikomen balik”

“Kunjungi blog saya, jangan lupa komen ya? Nanti saya komen juga deh!”

dan beberapa kalimat senada lainnya. Apa artinya ini semua? Artinya kita semua sebagai blogger, mengharapkan dan senang jika ada orang lain berkomentar di blog kita, bukan? Dan itulah yang membuat beberapa blogger menulis kalimat-kalimat di atas.

Memang tidak ada yang salah dengan ‘permohonan’ itu. Tapi, kenapa sih kita harus menerima dulu baru kita mau memberi?

Rumus dalam segala hal adalah, jika Anda ingin menerima, maka Anda memberi Β terlebih dauhulu. Begitu juga halnya dengan masalah komen ini. Jika Anda ingin blog Anda ramai dikomentari, maka Anda harus lebih dulu rajin berkomentar di blog lain.

Terlepas dari masalah itu, memberi komentar yang baik di blog orang lain banyak memberi manfaat. Dan kali ini saya ingin menguraikan sedikit tentang manfaat berkomentar. Inilah manfaat berkomentar di blog lain.

1. Memberi apa yang diinginkan orang lain

Ini adalah hal baik. Banyak blogger mengeluh bahwa tidak ada yang tertarik berkomentar di blog mereka. Seharusnya mereka bertanya: “sudahkah saya berkomentar di blog orang lain?” Perlakukanlah orang lain seperti Anda ingin diperlakukan.

2. Menjalin pertemanan

Ketika memutuskan untuk blogging, sebenarnya kita telah bersedia menjadi bagian dari blogosphere. Jaringan para blogger. Dengan berkomentar, kita akan lebih dikenal, dihargai, diperhitungkan. Kenalkan diri Anda, berkomentarlah, dan carilah teman baru.

3. Mendatangkan trafik

Memang tidak seketika Anda berkomentar, Anda akan mendapatkan banyak trafik. Tapi jika Anda melakukan ini secara berkesinambungan, memberi komentar yang baik, dalam jangka tidak terlalu lama Anda akan mendapatkan banyak trafik tambahan, dari orang-orang yang tertarik dengan komentar Anda. Mereka ingin tahu lebih banyak tentang Anda. Bukankah ini satu hal sangat bagus?

4. Mengasah otak

Bukan hanya TTS yang mengasah otak, hehehe… Dengan berkomentar di blog lain, kita dituntut memahami makna dan tujuan artikel bersangkutan. Otak kita dipaksa mencari sesuatu yang menarik yang bisa dikomentari. Tidak buruk bukan?

5. Menemukan ide baru

Saya seringkali menghasilkan artikel yang tadinya berupa komentar di blog lain. Ketika berkomentar kita berusaha memberi tanggapan, solusi, sanggahan, pendapat pribadi. Bisakah itu dijadikan bahan tulisan untuk posting Anda berikutnya? Cobalah!

6. Membuat artikel yang mengundang komentar

Coba ingat-ingat, artikel semacam apakah yang menarik minat Anda untuk ikut berkomentar? Artikel yang bagaimanakah yang mengundang komentar? Dengan mengomentari artikel orang lain, secara tidak sadar Anda sedang melatih diri untuk bisa menghasilkan tulisan yang menarik untuk dikomentari.

7. Kemampuan menulis meningkat

Saya menganggap berkomentar di blog lain, sebagai latihan menulis. Semakin banyak berkomentar, semakin banyak berlatih. Semakin banyak berlatih, semakin bagus keterampilan kita menulis. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan kemampuan menulis, banyak-banyaklah berlatih dengan berkomentar di blog lain.

8. Memberi banyak = menerima banyak

Rumus kehidupan yang saya yakini dan pegang teguh. Semakin banyak memberi, maka semakin banyak menerima. Jika Anda memberi, Anda akan menerima. Sehingga Anda tidak perlu lagi ‘meminta-minta’ orang lain untuk berkomentar.

Itulah beberapa manfaat berkomentar di blog orang lain yang saya rasakan. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan sisi positif lainnya. Anda bisa menambahi?

Tips terbaiknya:

Dalam seminggu ke depan, buatlah komitmen untuk selalu berkomentar di blog lain setiap hari. Setiap hari buatlah komentar lebih banyak dibanding hari sebelumnya. Berkomentarlah ke lebih banyak blog dibanding hari sebelumnya. Cari blog yang sesuai dengan niche blog Anda sendiri.

Berilah komentar yang bermutu, yang bukan sekadar “Nice articles”, “Thanks Gan”, “Tulisan yang bagus” dan komentar basa-basi lainnya. Berilah sesuatu yang berbeda. Beri nilai lebih pada komentar Anda. Sampaikan ketidaksetujuan Anda.

Dan lihat bagaimana hasilnya. Anda akan terkejut dengan hasilnya! Jadi, try this!

Bagaimana? Siap berkomentar banyak dan menerima banyak? Silakan berbagi pengalaman Anda dalam mengomentari blog orang lain. Sukses untuk kita semua.

Update:
Selain rajin berkomentar di blog teman, untuk mendatangkan banyak komentar ke blog Anda sendiri, Anda harus mempermudah orang lain untuk berkomentar. Lalu bagaimana caranya memberi komentar yang baik dan menarik perhatian orang lain? Temukan caranya di: Cara Berkomentar dengan Cerdas.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

63 Komentar