Promosi Blog

Mencari Trafik atau Mencari Pembaca?

Tulisan ini terinspirasi oleh salah seorang kawan yang mengelola situs infoharga.detikpos.net.

Dia bercerita bahwa dua hari terakhir visitor blognya turun sangat drastis, dari yang biasanya mencapai 10.000/hari, sekarang tidak sampai angka 1000-an. Ada penurunan sebanyak 90%!

Menurut admin-nya, itu semua gara-gara kena penalti dari update algoritma Google terbaru: penguin, panda, florida, dance dan entah apa lagi (jujur saya tidak paham dengan hal-hal teknis semacam itu).

Ini tentu saja, benar-benar satu hal yang amat sangat disayangkan.

Lalu apa yang bisa kita ambil pelajaran dari sini?

Saya tidak akan membahasnya secara teknis atau dari kacamata SEO, karena itu bukan bidang yang saya kuasai. Saya hanya ingin menyoroti dari sisi lain, yaitu benarkah trafik adalah segalanya?

Setiap blogger, apalagi yang masih pemula, selalu dipusingkan dan memikirkan trafik, trafik dan trafik. Seolah trafik adalah segalanya.

Betul. Tidak dipungkiri kita semua butuh yang namanya trafik, tanpa trafik yang memadai maka kita tidak akan mendapatkan apa-apa dari kegiatan blogging kita.

Tapi satu hal yang seringkali dilupakan oleh banyak blogger adalah ‘pembaca setia blog Anda’!

Menurut saya, yang kedua itu jauh lebih utama dibandingkan hanya sebatas deretan angka statistik bernama ‘trafik’.

Trafik tidaklah sama dengan pembaca setia Anda. Oya? Ya jelas, trafik dan pembaca blog Anda adalah dua hal yang berbeda:

1. Anda bisa mendapatkan trafik cukup dengan menguasai jurus-jurus maut SEO. Trafik datang karena Anda hebat dalam SEO, tapi pembaca Anda datang karena mereka tertarik dan merasakan manfaat yang Anda berikan.2. Trafik

bisa Anda beli! Benar, Anda bisa membeli trafik, tapi Anda tidak akan bisa membeli kesetiaan pembaca blog Anda.

3. Trafik tidak bisa berlangganan blog Anda, tapi pembaca setia melakukan hal itu.

4. Trafik tidak menautkan link ke blog Anda, tapi pembaca setia Anda bisa melakukannya secara sukarela.

5. Trafik tidak bisa mengomentari tulisan-tulisan Anda, tapi pembaca setia akan mengomentarinya. Memberi masukan, bertanya, marah, dongkol atau mengucapkan terima kasih dengan tulus kepada Anda.

Jadi menurut saya adalah:

Pengunjung dan pembaca setia adalah sesuatu yang mesti Anda dapatkan, karena itu adalah ‘bahan bakar’ utama yang menghidupi blog Anda.

Bukan sederet angka statistik bernama: TRAFIK!

Itulah mengapa saya lebih mementingkan membangun hubungan secara personal dengan pembaca dan pengunjung blog saya. Karena saya ingin menghargai mereka sebagai ‘manusia’ bukan sekadar deretan angka-angka.

Semoga memberi pencerahan. Bagaimana menurut Anda?

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

11 Komentar

  • @haris.
    sama2 mas Haris. 🙂

    @khairil.
    hmmm… terima kasih banyak atas apresiasinya mas Khairil. terima kasih pula atas kunjungan dan komentarnya. Mari kita belajar sama2… Sukses selalu mas…

  • Waaw… luar biasa, secara jujur saya katakan, blog anda gila.. baru kali inj saya baca ne blog seperti ini, yang lainnya hanya memberi postingan cara cepat inilah itulah, tanpa ada proses, luar biasa lue mas… teruslah berkarya, jadi iri aq sama penulis ini.

  • @haris.
    sebelumnya, saya ucapkan terima kasih atas apresiasinya terhadap portaluang….

    Karena Mas Haris yang meminta, baiklah saya coba memberi sedikit komentar terhadap blognya…..

    Sebenarnya sudah cukup bagus, tulisannya bagus pula. Namun, seandainya lebih spesifik lagi topiknya saya yakin akan lebih bagus lagi. Saat ini, niche blogging jauh lebih baik dibandingkan general blogging alias dg topik campur2.

    Oya, widget live traffict di sidebar sebaiknya dibuang saja, percayalah itu tidak ada manfaatnya, jika pun ada sangat kecil. Jauh lebih baik diisi dg hal lain yg lbh bermanfaat tuk pembaca dan informatif. Seperti lebih banyak lagi menampilkan popular post, atau pun link ke artikel2 terpenting di blog mas Haris.

    Terakhir, tambahkan pula halaman Daftar Isi dan Halaman About, itu hal penting. Karena pembaca tentu saja lebih menyukai blogger yang 'menampakkan diri' hehe.. sukses selalu mas Haris!