Google Adsense

Memahami Klik Tidak Sah di Adsense

Tiga hari berturut-turut di salah satu grup facebook yang saya aktif di situ, sedikitnya ada 3 thread yang curhat bahwa akun Adsense-nya dinonaktifkan (di-disabled).

Satu sisi, sungguh sangat disayangkan, setelah banyak mengeluarkan usaha untuk menjalankan Adsense, ujung-ujungnya tidak mendapat apa-apa, karena akunnya dinonaktifkan.

Namun, di sisi lain, itu bisa menjadi pelajaran berharga untuk kita semua bahwa Adsense adalah program jangka panjang, bukan cara cepat mendapatkan banyak uang. Jadi, sebaiknya jangan sekali-kali kita melakukan pelanggaran terhadap aturan yang sudah disepakati. Karena itu sama saja dengan membuang keringat percuma bukan?

Dan rata-rata alasan akun mereka dinonaktifkan kalau saya lihat, adalah karena adanya pelanggaran klik (fraud click). Memang Adsense sangat sensitif terhadap satu hal ini, sehingga sekali akun dinonaktifkan karena alasan ini, maka selamanya tidak bisa dipulihkan, berbeda dengan pelanggaran lain, yang mana kita masih bisa mengajukan banding.

Nah, untuk itu kali ini saya ingin membahas tentang klik tidak sah (invalid click). Karena saya lihat masih banyak yang belum memahami dengan baik tentang pengertian klik tidak sah ini.

Klik tidak sah (invalid click)

Yang dimaksud dengan klik tidak sah adalah semua klik yang tidak akan dibayar oleh Adsense, karena dianggap merugikan pihak pengiklan. Klik yang ‘dibuat-buat’. Klik yang tidak alami.

Termasuk di dalamnya adalah klik yang sama sekali tidak memberi manfaat kepada pengiklan, seperti klik lebih dari satu terhadap iklan yang sama yang berasal dari satu alamat IP. Termasuk juga semua klik yang terjadi bukan karena keinginan murni dari pengunjung, seperti kekeliruan pengunjung dalam mengenali mana iklan mana konten. Karena itulah ada aturan tersendiri dalam penempatan iklan Adsense.

Nah, kerancuannya disini adalah, masih banyak yang menyamakan arti bahwa klik tidak sah = klik iklan sendiri. Ini tidak salah, tapi tidak sepenuhnya benar. Di bawah nanti Anda akan menemukan penjelasannya. Intinya: klik tidak sah, adalah semua klik yang ‘merugikan pengiklan dan pada saat yang sama menguntungkan penayang’ tanpa membedakan dari mana klik itu berasal.

Pelanggaran klik (fraud click)

Nah, ini yang tidak boleh! Pelanggaran klik adalah setiap klik yang dihasilkan dengan ‘niat jahat’ dan penipuan. Ini memang bagian dari klik tidak sah, tapi tidak setiap klik tidak sah adalah pelanggaran klik. Bagaimana? Sampai di sini saya harap Anda sudah memahami perbedaannya.

Adapun kegiatan yang dapat dikategorikan sebagai pelanggaran klik, di antaranya:

  • Penayang Adsense mengklik iklannya sendiri.
  • Teman atau keluarga atau siapapun mengklik iklan atas permintaan dan atau dengan tujuan keuntungan untuk penayang.
  • Program yang memberikan insentif kepada pengunjung, seperti paid to click (PTC) dan click exchanges (pertukaran klik).
  • Program klik otomatis, penggunaan robot dan program sejenis itu.

Nah, ini juga nih masih banyak yang belum mengerti bahwa, prinsip pelanggaran klik ini juga berlaku pada iklan Adsense dengan sistem BPS (bayar per 1000 tayang), cuma di sini disebut sebagai tayangan tidak sah (invalid impression). Sumbernya di antaranya adalah:

  • Merefresh halaman berkali-kali, baik dilakukan secara manual maupun otomatis.
  • Program insentif, seperti paid to surf (PTS) atau Auto Surf Program.
  • Program pihak ketiga yang untuk membeli trafik, seperti Anda bayar $5 per 1000 page view, misalnya.

Nah, jelas bukan?

Kesimpulan:
Pelanggaran klik adalah bagian klik yang tidak sah. Tapi, tidak setiap klik tidak sah adalah pelanggaran klik. Klik tidak sah, adalah hal biasa, dan akun Anda tidak akan dibanned karena adanya klik yang tidak sah ini. Tapi, sekali Google Adsense menemukan adanya pelanggaran klik, maka akun Anda pasti akan dibanned secara permanen.

Setiap kegiatan, metode, cara apapun yang menghasilkan klik atau impresi palsu adalah sebuah pelanggaran terhadap kebijakan Adsense.

Semoga dengan lebih memahami hal ini, kita dapat bekerjasama dengan Google sebagai penayang Adsense untuk jangka waktu yang panjang. Untuk informasi lebih lengkap mengenai aktifitas klik tidak sah ini, cara mencegah dan sebagainya, bisa Anda baca langsung dari halaman support Adsense.

Sebagai penayang Adsense sudah sepantasnya kita selalu mematuhi kebijakan yang ada, dan berusaha untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh penayang Adsense. Semoga bermanfaat. Bagaimana menurut Anda?

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

79 Komentar

  • mas sy juga begitu, trus suruh tunggu smpe sebulan,apa klo sudh sebulan video kita kembali bisa di monetisasi mas?? akibat klik yg vailit padahal sy gak pernah klik iklan sendiri..
    apa sy harus nunggu sampai sebulan?? apa harus banding mas??

  • Tanya bang andre kalo iklan adsense sdh terpasang dan ingin mengunjungi blog sendiri apakah termasuk click fraud krn sebatas mau melihat apakah iklan sdh tayang atau belum.tks

  • Gan mau nanya klo kita pasang iklan yg bukan dari google adsenSe itu dilarAng gk gak. Terus klo kita pasang link download yg bayk sekali iklannya dilarang juga gk?
    Butuh pncerahanih

  • Bang cara ngatasi hal ini gimana ya bang, saya sudah dua kali kena invalid click dan berakibat 2 akun GA saya kena banned. Akun pertama khusus YT, dan yang kedua Khusus BLOG. cara bandingnya gimana ya bang ?

    Terimakasih

  • Pagi mas gee.. mau nanya ni
    Akun youtune aq dinonaktifkan sementara ..dah itu baru pertama kali dpt teguran .kok knpa lansung dinonaktifkan sementara ya…
    Dan brpa lama saya harus nunggu kembalinya akun youtube saya??(tidak ada bacaan jangka waktu dinonaktikan?
    Dan apakah bisa dipake lagi akun youtube saya..??

  • gan tanya apa benar tidak sengaja klik iklan sendiri bisa menyebabkan akun suspend shg saldo hilang semua ? lalu kita masih bisa pakai akun tsb dari awal atau akun akan banned / tidak aman ?

  • Mas, adsense ane di tangguhkan 30 hari dan mengakibatkan monetasi youtube dimatikan sementara. Alasannya karena ada aktivitas tidak valid/invalid click. Padahal ane ga pernah nyuruh orang atau klik iklan sendiri. Ga tau kalau tidak sengaja.
    Cara mengatasinya gimana mas? Ditakutkan selama ditangguhkan masih ada aktivitas yang tidak valid dan ujung2nya di disabled.
    Mohon pencerahannya

  • Mas Gee yg baik, mau nanya nih.Saya jadi penulis tamu di website teman ( ekspresia.com). Role user saya di dashboard penulisan adalah administrator. Nah, jika setelah nulis dan logout kemudian saya klik iklan di web tsb, apakah dianggap klik yg tidak sah (fraud)?
    Makasih ya mas Gee..semoga sehat dan sukses selalu 🙂

      • Siap, terima kasih atas pencerahannya mas..wah saya gak akan klik iklan sendiri mas,itu sama aja matiin rejeki temen yg udah ngasih rejeki ke saya hehe..

        Oiya mas, boleh nanya satu lagi, jika akun adsense di banned karena invalid activity apakah web nya masih bisa aman dipasang adsense dng akun lain? Dan ada pengaruhnya ga? Misalnya dipasang adsense pake akun temen.
        Makasih mas Gee..

  • mau tanya gan …? ane mau daftar adsense lewat domain freenom.com pake dot.ga terus saya isi alamat us atau inggris ngawur lah gitu…? terus kalo adsense saya udh $100 apa bisa di ambil ? atau ambilnya di us sana :v?…mohon penjelasanya …NEWBIE

  • Mas Jhon saya mau nanya nih
    kemaren tgl 14 juni view saya 434.417 , tayangan iklan 270.860, jumlah klik 5.270 .. total pendapatan 1.2jt … di hari itu saya seneng banget karena dalam sehari bisa sebesar itu pendapatannya.
    nah setelah dua hari kemudian malah berkurang jadi 1.1jt mas .. apa itu termasuk invalid click ? padahal saya tidak pernah mengklik iklan sendiri.
    mohon pencerahannya mas jhon

    • ya, betul. itu karena invalid click. ingat bahwa klik tidak valid, bukan hanya klik sengaja kita yg lakukan, klik dr org lain pun bisa menjadi klik tidak sah, seperti misalnya, pengunjung mengklik iklan yg sama dua kali berturut-turut, maka klik kedua dianggap tidak valid. dan banyak lagi penyebab lainnya.

  • mas saya mau tanya lagi, kalau ada yang klik iklan adsense lebih dari 1 gmna. ? saya sempat memasang iklan di blog saya, tapi bakan iklan adsense, saya lihat ada yang klik sampe 5 x, dan bahkan 10 x dengan almat IP yang sma.. saya jadi takut kalau pasanga adsense ada yang klik banyak kyak gitu. Menurut mas kalau jumlah pngunjung perhari sampe ratusan apa itu aman2 saja ?

    • klik lebih dari 1 tidak masalah, asalkan klik tersebut memang natural. Paling banter, bila ada lebih dari 1 klik dari IP yg sama pada iklan yg sama, maka klik kedua tdk akan dihitung alias dianggap klik tidak sah. Jadi selama kita tdk merasa melanggar, tidak perlu risau.

    • Tdk semudah itu bos. Yakin google telah memperhitungkan skenario macam gitu. Jadi gak perlu terlalu menghawatirkan masalah bom klik. Krn jika demikian mudah sekali menghancurkan akun adsense org, ckp dg bom klik aja. Sy yakin gak semudah itu.

  • jika sudah terajadi hal sepeti itu. kemudia iklan diblog kia hilang apakah masih bisa diperbaiki..

    mohon arahan nya gan

  • Selamat malam min , mau nanya. Apa yang menyebabkan earning di adsensen. Sedikit sekali di bandibg pendapatan real report..
    Apakah ada pengaruh dengan monetesasi yang di nonaltifkan..
    Tks min.

  • Saya mau tanya min, kalau kita share artikel blog ke sosmed baik di fb atau twitter atau yg lain, dan itu baik secara manual atau otomatis apakah itu bisa jadi penyebab terjadinya invalid click ?

      • Bener ya min, soalnya adsense ane juga kena invalid click, masalhnya saya tidak tau, dan saya tidak merasa melakukan kegiatan seperti yang mimin ditulis diatas. Dan apakah bisa pulih kembali min akun yg sudah terkena invalid click ??

      • akun saya juga sama mas bahkan dari penghasilan 1000 dollar misalnya bisa dapet invallid traffic 300 dollar?
        Sebagian besar visitor saya dari sosial media melebihi 80 persen?

  • Sore Bang Gee Jhon

    Saya mau tanya, begini
    Ketika saya buka GA dan yang lihat viewer masih 10 orang, ada 1 klik iklan. akan tetapi ketika viewer jadi 30, kok klik nya hilang yaaa? jadi 0 lagi,
    begitu juga ketika pengunjung 90 an ada satu lagi klik iklan, akan tetapi di jumlah pengunjung yang ke 110 klik nya hilang lagi.
    apakah itu dianggap klik yang tidak valid? saya bingung, kenapa semakin banyak yang view, kok jumlah kliknya malah hilang.
    mohon pencerahannya.

  • mas kalau blog / web kita kena bom klik bagaimana oleh orang yang tidak kita kenal?, (mungkin karena orang tersebut iseng, orang tersebut baik hati (ingin meningkatkan penghasilan owner blog tersebut), mungkin karena iri, ingin menghancurkan/menjatuhkan blog tersebut, dah alasan lainya)

    kalau begitu bagaimana mas cara mengatasinya ?

    • tidak perlu memikirkan hal2 yg di luar kuasa kita bos. Pastikan saja kita tidak melanggar aturan atau kebijakan yg ditetapkan Adsense; dah cukup!

      masalah bom klik, sama sekali gak perlu ditakutkan. knp? apa bos pikir Google main banned HANYA krn terjadi banyak klik? oo.. sama sekali tidak! Google pasti sudah memikirkan segala kondisi dan skenario yg mungkin terjadi. jika memang publisher tidak salah, gak perlu takut dibanned. Tidak percaya? silakan saja buktikan, buat seribu klik (klo gak capek tangannya) itu tidak akan serta merta membuat akun adsense bersangkutan dibanned!

  • Boleh tanya ya, Mas. Saya pernah mencoba mendaftar adsense, terus ditolak. Saya biarkan saja. Barusan saya iseng mencoba lagi, ternyata ketika learn more saya klik, dibilang akun adsense dinonaktifkan karena aktivitas tidak valid. Ini bagaimana? Lalu di bagian banding ada keterangan, kalau bukan penerbit adsense jangan gunakan formulir itu. Tetapi cara mengajukan keluhan nggak ada. Cuma diminta membaca kembali kebijakan adsense. Terima kasih sebelumnya.

  • @ngadi.
    hmm…. sayang sekali mas Ngadi. Tapi silakan ikuti petunjuk di email. ada link untuk melakukan banding. Tuk kasus seperti mas Ngadi ini, klo dari pengalaman sih,sekali dibanned, akan sangat sulit tuk diterima lagi, 99% banding akan ditolak. Tapi yaaa….. tidak ada salahnya mencoba. Gud luck mas..

    • selamat pagi mas,
      saya ingin bertanya, pertanyaan saya sama seperti mas @ngadi diatas.
      saya tadi pagi mendapat pesan seperti itu. saya buka jam 8 pagi, dan pesan itu datang jam 4 subuh tadi.
      saya heran kenapa bisa terjadi seperti itu mas..
      apa alasan kenapa bisa terjadi seperti itu mas ?

      • yang tahu pasti alasannya tentu saja hanya pihak tim Adsense bos, yg jelas mereka mendeteksi adanya pelanggaran terhadap kebijakan mereka. tidak mungkin mereka menon-aktifkan satu akun tanpa kesalahan, krn dari adsense lah mereka dapat uang.

  • Dengan program periklanan kami berusaha untuk menciptakan sebuah ekosistem online yang menguntungkan penerbit, pengiklan, dan pengguna. Untuk alasan ini kami kadang-kadang harus mengambil tindakan terhadap rekening yang menunjukkan perilaku terhadap pengguna atau pemasang iklan yang mungkin berdampak negatif terhadap bagaimana ekosistem dianggap. Dalam kasus Anda, kami telah mendeteksi kegiatan tidak valid pada akun AdSense Anda dan sebagai hasilnya telah dinonaktifkan.

    Kita terbatas dalam jumlah informasi yang kami dapat menyediakan sekitar pelanggaran tertentu. Kami memahami bahwa Anda mungkin ingin informasi lebih lanjut tentang aktivitas account Anda. Namun, dalam rangka untuk melindungi sistem deteksi kami yang eksklusif, kami tidak dapat memberikan rincian lebih lanjut.

    Dalam beberapa kasus penerbit dapat membuat perubahan yang signifikan untuk memperbaiki pelanggaran dan bersedia untuk mematuhi kebijakan program AdSense. Untuk alasan ini, kami menawarkan proses banding sebagai kesempatan untuk bekerja dengan Anda untuk mengatasi masalah tersebut. Pastikan untuk memberikan analisis lengkap lalu lintas atau alasan lain yang mungkin dihasilkan aktivitas tidak valid di banding Anda. Kirim banding menggunakan formulir ini dan kami akan menindaklanjuti sesuai. Sebelum penyerahan, silakan daftar alasan utama untuk penutupan rekening.

    Terima kasih atas pengertian Anda.

    Dengan Tulus,

    Tim Google AdSense

  • Mas. Adsencee saya di disabled karena dianggab ada aktifitas invalid. Ini cara mempperbaikinya bagaimana???

    Apakaah bisa mengajukan akun adsence dengan situs yang pernah di disabled deengan aakun email berbeda dari yg perrnah di disabled? Mohon bantuannya mas

  • @dundun.
    sip… lanjutkan mas Dundun…. memang kebanyak blogger pun semua belajar otodidak, saya pun demikian… dan sampe sekarang juga masih perlu banyak belajar. 🙂

  • menyimak saja, karena saya masih newbie banget didunia blog….ini masih belajar2 sendiri dengan membaca2 artikel dari berbagai sumber untuk nambah ilmu, memang susah kalau belajar sendiri tanpa ada yang mengajari, hehehehehehe….thanks infonya mas…..nanti akan coba saya praktekin, kalo sudah sedikit mahir……;-)

  • @muhammad.
    saya sudah 2x kali menjawab pertanyaan yg di artikel berbeda mas Taufik. Tapi gpp deh,.. jawabannya, boleh2 saja. dan kliknya ttp sah jika memang fungsi otorisasi tidak diaktifkan.

  • MAU nanya ni mas, saya masih newbie, bolehkan kode iklan adsen saya di pasang ke blog lain dengan akun gmail yang berbeda , tanpa otorisasi url pada GA, Apakah tidak melanggar peraturan GA, apakah klik iklannya sah? trimakasih atas jawabannya,,,,

  • oke mas bro.. terima kasih..
    semoga bisa belajar lebih baik lagi atas kebijakan adsense..
    sudah 2 kalisaya ke banned akun GA nya..

    saya akan bangun lagi mulai dari sekarang dari nol.. semoga bisa lebih baik.. aamiin
    Terima kasih mas gee jhon…
    Salam ade rizky

  • Mas saya mw tanya nih, dalam sehari saya sering memantau penghasilan adsense saya, tp kenapa nilai adsense sy turun sendiri dalam hitungan menit, misalnya gini, hari ini saya buka adsense penghasilan sy, utk hr ini tertera 5.80 $, trus beberapa menit kemudian saya pantau lg, tiba2 pendapatan sy turun jadi 3.85,, kalau menurut mastah sendiri apa penyebabnya, apa krn ada klik yg tidak valid,, trims

  • @aswin.
    jika hanya sekali, dan memang tidak sengaja, tidak perlu dikhawatirkan. Insya Allah aman kok. tapi jika memang mau melaporkan, silakan lihat jawaban saya pada komentar di atas…

  • mau nanya mas iklan adsense saya ke klik sendiri tanpa sengaja dan alhasil beberapa saat kemudian saldonya berkurang, cara melaporkannya kemana yah , soalnya takut dinonaktifkan akun nya .. mohon pencerahannya

  • @fikri.
    tidak masalah. saya yakin akun akan aman2 saja. tidak perlu takut. Google sangat menghargai jika kita melaporkan klik tidak sah sendiri. Saya pun pernah melakukannya sekali, dan semua baik2 saja.

  • Mas, saya mau nanya, tadikan saya lagi ngedit-ngedit template tuh…Gara-gara mouse nya liar banget, jadi iklan saya terklik sendiri.. Trus saya liat akun adsense nya.. bertambah dollarnya gara-gara saya klik tadi, kmudian saya laporkan ke pihak adsense.. bahwa ada klik yang tidak Valid. Saya liat lagi adsensenya, dan dollar nya berkurang. Jadi gimana mas? akun saya bisa aman gak? saya takut pasang iklannya diblog saya :'(

  • @erick.
    jika yg dimaksud pengaruhnya terhadap sah tidaknya klik, maka penempatan iklan tidaklah berpengaruh.

    Namun, jika maksudnya pengaruh terhadap nilai CTR, tentu saja itu berpengaruh besar.

  • @kemal.
    apakah teman yg niat baik itu membuka blog Anda dari komputer Anda juga? Ya, jika dari satu IP, ya mungkin akan berbahaya. Bahkan jika masih dalam keadaan login ke akun google, lalu terjadi klik pada iklan yg 'tidak wajar' hampir dipastikan akan dibanned.

  • Gan mau nanya nih, berarti kalau misalkan ada beberapa klik dari satu IP bakal dicurigain ya? Waduh bahaya juga donk kalo misalkan ada temen yg niatnya baik mau ngeklik in iklan (tanpa kita tau/minta tolong) berarti bakal d banned juga ==?