Monetisasi Blog

Benarkah Trafik Tinggi = Penghasilan Blog Tinggi? Belum Tentu!

Hampir selalu saya mendengar rumus sederhana: seberapa besar penghasilan blog = trafik yang tinggi. Semakin banyak pengunjung, semakin besar pendapatan.

Benarkah seperti itu? Menurut saya, itu tidak selalu benar. Memiliki trafik yang tinggi, memang adalah idaman setiap blogger, tapi pertanyaannya adalah: ‘benarkah trafik tinggi menjamin penghasilan besar dari blog?’

Sekali lagi, menurut saya: tidak!

Anda tidak hanya butuh mereka yang berkunjung ke blog, yang membaca-baca artikel di sana, lalu pergi begitu saja. Kita butuh mereka yang datang lalu memberikan ‘uang’ melalui cara yang Anda sediakan: mengklik iklan atau membeli produk yang Anda tawarkan atau mengikuti program yang kita adakan.

Mendapatkan pengunjung yang banyak adalah sebuah hal yang sangat bagus, namun mendapatkan banyak uang dari blog adalah hal lain.

Jadi, pertanyaan sebenarnya adalah: ‘untuk mendapatkan banyak uang dari blog, dari mana trafik blog Anda seharusnya berasal?’

Sebenarnya saya sudah pernah menjelaskan pengaruh sumber trafik terhadap penghasilan blog beberapa waktu lalu, di situ saya menjelaskan sumber trafik berbeda lebih cocok untuk sumber pendapatan yang berbeda.

Sekarang mari kembali ke pertanyaan di atas: ‘untuk mendapatkan banyak uang, dari mana trafik blog Anda seharusnya berasal?’

Jawabannya adalah: trafik organik.

Trafik organik adalah mereka pengunjung blog dari mesin pencari, terutama Google. Mereka yang sampai ke blog Anda dari search engine adalah mereka yang telah melakukan pencarian terhadap informasi yang mereka inginkan, kemudian mesin pencari menyajikan hasil pencarian terbaiknya (mudah-mudahan itu blog anda), kemudian mereka membaca ringkasan di hasil pencarian, dan bila mereka cukup tertarik dengan blog Anda, maka mereka memutuskan untuk mengunjunginya.

Ini lah yang membuat mereka sangat baik terhadap program periklanan kontekstual semisal Adsense, karena mereka akan memberi perhatian terhadap semua link yang tersedia, termasuk iklan, guna menemukan informasi yang mereka cari.

Jadi, kesimpulannya adalah:

Trafik terbaik untuk memaksimalkan pendapatan dari blog adalah trafik yang berasal dari mesin pencari, atau biasa disebut trafik organik.

Untuk itu, Anda mesti berusaha maksimal bagaimana caranya mendapatkan trafik sebanyak-banyaknya dari sumber yang satu ini.

Saya tidak sedang bermaksud mengatakan bahwa trafik dari selain mesin pencari bukan hal yang baik, seperti dari media sosial, dari social bookmark, menjadi penulis tamu dan lain sebagainya.

Tetap sumber trafik ini memberi nilai lebih untuk blog Anda, paling tidak membangun kredibilitas Anda sebagai penulis blog.

Bagaimana menurut Anda? Keep happy blogging.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

8 Komentar

  • ya trafik organik emang mantab mas, tp susah nya tuh..
    trafik organik = page one SERP..
    mau ikut arus, tp pasti ketutup sama jagoan2 nya..
    mau lawan arus, ya harus pny keahlian lebih dari sekedar menulis, kaya si uyuhan misalnya. hehe.

    salam
    christian

  • Bener juga tuh uraian Admin blog ini. Kesan pertama kita merasa wah ketik melihat PR suatu Blog sangat istimewa, misal PR7. Selanjutnya kita yg telah lama main2 dg blog berpikir juga dan pasti penasaran sehingga menyeleksi faktornya, wajar apa kagak. Pertama akan lihat usia blog, jumlah artikel dan lain sebagainya, masalahnya ada nilai PR tipuan-katanya. Kadang2 ada juga Blogger nakal entah bagaimana caranya bikin nilai PR yg akal2an agar terlihat wah padahal hasilnya nihil apalagi untuk jd sumber pemasukan seperti ditulisaan Kang Gee Jhon, nol besar. Lihat bagaimana catatan PR suatu Blog sangat berbeda dimana PR7 dinnyatakan PR nol (not ranked) dan itu yg sesungguhnya. Aneh nilai PR bisa beda dari suatu Blog.

%d blogger menyukai ini: