Menulis Konten

Yuk Kita Update Blog Setiap Hari

Untuk sukses membangun blog dibutuhkan usaha keras dan disiplin, terutama tentang update blog dengan posting baru setiap hari.

Seberapa sering sih kita harus meng-update blog? Sebuah pertanyaan yang banyak diajukan blogger, terutama bagi mereka yang baru memulai membangun blog.

Jawabannya macam-macam. Ada yang bilang cukup minimal satu minggu sekali. Ada yang mengatakan seminggu tiga kali.

Tidak ada jawaban yang pasti, namun jika kita memang serius blogging, maka menurut saya, kita harus meng-update blog setiap hari!

Alasannya? Dengan setiap hari update, kita selalu memiliki konten yang fresh, yang menyajikan sesuatu yang baru kepada para pembaca, dan ini adalah suatu yang penting dalam meraih pembaca yang loyal.

Mungkin ada juga yang mengatakan, kuantitas tidak terlalu penting, kualitas yang terpenting. Artinya boleh saja kita update seminggu sekali, tapi dengan artikel yang berkualitas. Saya setuju dengan pernyataan bahwa kualitas lebih penting daripada kuantitas.

Tapi sekali lagi, jika kita serius ingin sukses dalam blogging, terutama jika kita sedang berusaha mendapatkan uang dari blog, maka kita harus memiliki dua-duanya. Ya kualitas juga kuantitas!

Mungkin pertanyaan selanjutnya adalah:

Sepertinya sulit jika setiap hari kita harus menulis artikel yang bagus dan berkualitas tinggi. Betul. Lalu apa yang mesti kita lakukan?

Inilah yang saya lakukan pada diri saya sendiri, sekaligus tips terbaik yang bisa saya sampaikan kepada Anda.

Kita tidak harus menulis artikel ‘berat’ setiap hari. Buatlah artikel ‘berat’ yang merupakan flagship dari blog kita (seperti artikel berupa tutorial dan sebagainya) 2 – 3 artikel per minggu. Itu menurut saya sudah cukup.

Nah, untuk menjaga kita tetap dapat update harian, kita boleh menulis hal-hal ringan. Artikel ‘ringan’ namun tetap bermanfaat. Seperti menulis referensi singkat, review ringan terhadap hal yang menarik atau pun sekadar menyampaikan opini ringan terhadap berbagai hal, atau mungkin juga sekadar mereferensikan link yang sekiranya dapat bermanfaat untuk pembaca.

Jika kita kreatif, ada banyak hal yang bisa kita sampaikan kepada pembaca kita.

Jadi yang terpenting adalah kita tetap bisa menyajikan sesuatu yang baru setiap hari. Bagaimana menurut Anda? Punya tips lain? Sudilah kiranya untuk berbagi melalui komentar. Keep happy blogging.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

26 Komentar