Blogging Dasar

7 Ekstensi Google Chrome Terbaik Untuk Blogger

Bagi yang serius ngeblog, tentu saja berharap blognya bisa sukses. Dan ibarat maju berperang kita harus menyiapkan senjata dan peralatan yang memadai.

Chrome, seperti kita tahu, adalah salah satu browser besutan Google yang saat ini sangat populer dan banyak digunakan. Nah, bagi Anda yang menggunakan Google Chrome, seperti saya, kali ini saya ingin share beberapa ekstensi yang saya gunakan dan saya rasakan sangat bermanfaat bagi para webmaster atau blogger.

Inilah 7 ekstensi Chrome terbaik yang sangat bagus untuk para webmaster dan blogger yang siap berperang memenangkan ‘persaingan’ keras di dunia blogging, hehehe….

1. Resolution Test

Ini tool yang sangat bermanfaat. Dengannya kita bisa mengetes tampilan situs / blog kita pada berbagai resolusi layar. Saya masih sering melihat blog yang bagus hanya pada resolusi tertentu, tapi ketika dibuka pada komputer dengan resolusi berbeda, tampilannya jadi berantakan. Nah, jika Anda menggunakan ekstensi ini, kiranya hal tersebut tidak perlu terjadi.

2. Chrome SEO

Ini adalah ekstensi SEO paling populer untuk Chrome. Tool ini memberikan informasi lengkap yang dibutuhkan untuk mengoptimasi konten blog Anda. Di dalamnya terdapat tool riset, backlink dan page rank checker, no-follow link, total halaman yang terindeks, detil domain, termasuk info lokasi server dan whois, dan banyak lagi. Anda perlu mencobanya.

3. Site Information Tool

Ini juga tidak kalah bagus dari ekstensi nomor 2 di atas. Menampilkan informasi-informasi penting SEO, seperti page rank, alexa, informasi IP, whois dan paremeter SEO lainnya. Satu alat untuk mendapatkan informasi penting SEO dengan mudah.

4. Speed Tracer

Kecepatan halaman merupakan salah satu faktor penting. Google sendiri selalu menyarankan untuk memangkas waktu loading sebuah blog atau situs. Nah, dengan tool yang satu ini, Anda dapat mengukur performa sebuah aplikasi web dan situs web.

Speed Tracer bisa mengidentifikasi dan memperbaiki masalah kecepatan situs yang disebabkan oleh tata letak, CSS, javascript dan lain-lain. Jadi, jika Anda merasa blog atau situs Anda melambat tanpa Anda tahu sebabnya, beri kesempatan Speed Tracer untuk mencarikan solusinya untuk Anda.

5. Webpage Screenshot

Solusi Cepat dan Sederhana untuk menyimpan halaman web dalam bentuk JPG atau PNG. Sepanjang apapun halaman web, akan tersimpan dalam satu file gambar cukup dengan satu klik. Untuk para desainer, mereka dapat melakukan perubahan ukuran window sebelum melakukan menyimpan gambar.

6. Shareaholic

Satu ekstensi yang sangat bermanfaat untuk membagikan sebuah halaman web ke facebook, twitter, google+ dan banyak yang lainnya. Satu hal yang saya suka dari ekstensi ini adalah, selain sangat ringan sehingga tidak membuat ‘berat’ Google Chrome, juga menyediakan kustomasi tombol keyboard untuk masing-masing layanan.

7. Chrome Editor

Jika Anda sering mengedit kode html situs Anda, ekstensi ini memungkinkan Anda mengeditnya langsung dari browser. Anda juga dapat menyimpan kode tersebut di komputer sebagai back-up atau referensi atau pun langsung mengirimkannya kepada seorang teman melalui email.

Nah, itulah 7 ekstensi Chrome yang sangat bermanfaat untuk para webmaster dan blogger guna meningkatkan produktivitas dan memangkas banyak usaha dan waktu.

Apakah Anda memiliki ekstensi favorit lainnya? Saya tunggu sharingnya melalui komentar di bawah. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar