Menulis Konten

Cara Membuat Link dalam Satu Halaman

Apakah Anda ingin memberi kemudahan kepada pengunjung berupa shortcut (jalan pintas) menuju satu bagian tertentu dalam satu halaman postingan Anda?

Atau menambahkan sebuah link kembali keatas, sehingga pengunjung dapat melihat menu navigasi postingan Anda atau area manapun dalam satu halaman posting?

Jika ya, nah itulah yang saya maksud dengan membuat link dalam satu halaman. Hal ini sangat berguna, jika postingan Anda cukup panjang, dan terdiri dari beberapa bagian.

Dengan link ini, pembaca dapat dengan mudah melompat ke bagian yang menarik bagi mereka tanpa harus lelah melakukan scrolling.

Bagaimana cara membuatnya? Ternyata caranya sangat mudah:

1. Menentukan nama target

Pilih bagian artikel mana yang ingin dijadikan sebagai target link, bisa berupa sebuah paragraf, sub judul atau apapun yang Anda inginkan. Lalu buatlah id=”nama-apa-saja”, Anda dapat memberi nama apa saja, selama nama tersebut sama antara target dan link nantinya. Namun, usahakan tanpa spasi, karena spasi akan berubah menjadi karakter “%20” di address bar browser, sehingga sedikit kelihatan ‘ruwet’.

Sebagai contoh, akan tampak seperti ini:

<div id=”nama-apa-saja”>
    //konten 
</div>

2. Membuat link ke target

Untuk membuat link, caranya sangat mudah:

<a href=”#nama-apa-saja”>link teks</a>

atau jika target berada pada halaman lain, menjadi:

<a href=”nama-halaman.html#nama-apa-saja”>link teks</a>

Bagaimana? Mudah sekali bukan? Jika artikel Anda cukup panjang dan terdiri dari banyak sub judul dan bagian-bagian, sangat baik menggunakan teknik ini untuk mempermudah pembaca mencari informasi yang dibutuhkannya.

Salah satu contoh posting yang saya buat seperti itu adalah: Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense, Sebuah Panduan Lengkap.

Pelajari cara terbaik membuat link dan alasan mengapa Anda tidak boleh menggunakan kata “klik disini” sebagai link, dalam: Cara Terbaik Membuat Link yang Benar.

Jika masih ada yang kurang jelas, silakan manfaatkan kolom komentar untuk bertanya. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

44 Komentar