Promosi Blog

Trafik Langsung: Kelebihan dan Cara Meningkatkannya

Banyak sekali blogger yang mengulas tentang cara meningkatkan trafik blog. Optimasi search engine, promosi melalui media sosial, berkomentar di blog lain, menjadi blogger tamu, link building, adalah topik-topik yang sudah umum dibahas seputar tips meningkatkan trafik blog.

Namun, sangat jarang saya menemukan tips meningkatkan trafik langsung.

Cobalah Anda perhatikan statistik blog Anda. Anda akan menemukan kunjungan langsung atau direct traffic, yaitu mereka yang mengunjungi blog secara langsung, bukan dari referal situs lain atau dari mesin pencari.

Selama ini Anda mungkin lebih banyak fokus kepada sumber-sumber trafik lainnya, terutama dari mesin pencari. Namun, kali ini saya mencoba mengulas sedikit tentang kelebihan dan cara meningkatkan jenis trafik langsung ini.

Mengapa trafik langsung ini penting?

1. Salah satu indikator bahwa blog Anda telah dikenal dan dipercaya

Jika blog mendapatkan trafik langsung cukup banyak, itu berarti blog Anda telah mendapat tempat di hati pembaca. Itu berarti blog telah dikenal luas, dipercaya sebagai salah satu sumber referensi yang layak.

Sebagai contoh, jika seseorang sedang mencari informasi tips seputar Google Adsense, maka mereka dapat menulis kata kunci ‘tips sukses Adsense’ di mesin pencari, atau dia bisa langsung mengetikkan portal-uang.com di address bar browser mereka, dan langsung mengunjungi tempat yang tepat.

Dalam kondisi ini, berarti mereka sudah tidak merasa perlu untuk mencari-cari sumber lain, mereka lebih memilih untuk mengunjungi portal-uang terlebih dahulu untuk menemukan tips yang mereka cari.

2. Trafik langsung tidak terpengaruh faktor-faktor yang mudah berubah

Contohnya faktor yang mudah berubah-ubah adalah rank mesin pencari, atau popularitas di media sosial.

Berbeda halnya dengan trafik langsung ini, jika sumber trafik ini Anda kuasai dengan baik, maka itu akan menjadi sumber trafik yang kuat, stabil dan setia. Sekali mereka mendatangi blog Anda secara langsung, tidak ada yang bisa menghentikannya.

3. Trafik langsung adalah trafik yang paling tertarget

Saya pernah menulis bahwa trafik terbaik untuk pendapatan blog adalah trafik tertarget atau trafik organik.

Jika orang yang mengunjungi blog Anda secara langsung, adalah karena mereka ingin menemukan informasi mengenai sesuatu hal, yang mereka tahu bisa ditemukan di blog Anda. Atau mereka berkunjung untuk mendapatkan update terbaru dari postingan Anda. Dan biasanya, mereka adalah orang yang sudah mengenal baik blog Anda dan ingin berkunjung kembali.

Tidak diragukan lagi, ini benar-benar sebuah sumber trafik tertarget yang sebenarnya.

4. Semakin dikenal, semakin banyak mendapatkan pembaca setia

Sebagai blogger, tentunya Anda ingin dikenal dan ‘disegani’ di bidang (niche) yang Anda pilih bukan? Coba Anda ingat-ingat bagaimana kebiasaan Anda sendiri dalam mengunjungi blog orang lain.

Blog manakah yang paling sering Anda kunjungi? Apakah blog tersebut adalah termasuk blog yang Anda kunjungi secara langsung?

Saya yakin sebagian besar nya adalah ya! Artinya, semakin meningkatnya trafik langsung ke blog Anda, maka semakin besar peluang mendapatkan pembaca setia. Mereka akan kembali dan kembali lagi mengunjungi blog Anda.

Itulah 4 kelebihan dari sumber trafik yang satu ini, yaitu trafik langsung. Selain itu, mereka yang mengunjungi blog Anda secara langsung biasanya juga adalah mereka yang paling menaruh perhatian terhadap apapun yang kita tawarkan. Intinya adalah mereka telah memberi trust kepada Anda.

Bagaimana cara meningkatkan trafik langsung?

1. Yang utama adalah, membangun brand yang kuat

Ini hal yang sangat penting untuk mendapatkan trafik langsung. Jika pembaca mengenal blog Anda sebagai sumber informasi tentang topik tertentu, dan mereka telah merasakan manfaatnya, maka mereka akan terus berkunjung ke blog Anda secara langsung.

Ketika mereka mencari sesuatu yang spesifik yang sesuai dengan niche blog Anda, maka yang terpikirkan pertama kali adalah alamat blog Anda. Di sinilah pentingnya membangun brand, dan memposisikan blog Anda berada di mana.

2. Tampil beda

Semakin Anda memberi sesuatu yang unik, yang berbeda dari lainnya, maka semakin besar peluang Anda mendapatkan trafik langsung.

Yang saya maksud berbeda di sini, bisa dalam segala hal, desain, cara penyajian, topik yang dibahas dan lain sebagainya. Intinya,  bagaimana membuat blog Anda ‘keluar’ dari kerumunan ribuan blog lainnya, sehingga mudah diingat oleh pembaca Anda.

3. Nama domain yang mudah diingat

Jika alamat blog Anda tidak mudah diingat, kecil kemungkinan untuk mendapatkan trafik langsung ini. Pilihlah alamat blog yang mudah dieja dan diketik langsung.

Itu salah satu tips terbaik untuk mendapatkan trafik secara langsung. Baca juga tips membuat nama blog yang baik.

Nah, itulah beberapa kelebihan dari trafik langsung dan tips cara meningkatkannya. Bagaimana menurut Anda? Punya tips lain untuk meningkatkan trafik langsung ini?

Saya tunggu sharenya. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

8 Komentar

  • Ya begitulah Mas Andi. Jawabannya adl aman mas, klo tidak aman, mengapa Google sendiri sangat menyarankan utk share posting ke G+? otomatis lagi! Yang tdk aman itu adl jika yg berkunjung k blog kita 'bkn manusia' alias trafik siluman, hehehe… dan ada jg beberapa sos bok yg kasih trafik semacam itu, makanya pilihlah sos bok yg sdh terpecaya saja. Tdk usah takut banned, klo tdk merasa melakukan kesalahan, terutama yg berkaitan dg fraud click! trmakasih jg ats kunjungannya.

  • ooowww, ternyata gitu ya, saya juga baru tahu tentang yang satu ini, cuman saya punya satu pertanyaa nih mas !!, apakah traffik dari facebook, G+, social bookmarking , itu aman gak terhadap akun adsense kita,, soalnya untuk mendapatkan akunnya, itu susahnya setengah mati, saya pemain baru mas di adsense, jadi takut banned ama google, terima kasih sebelumya mas, saya tunggu !!!

  • kembali kasih mbak Usawatun.. betul sekali, 3 tips di atas bekerja bersama-sama, salah satunya adalah memilih alamat domain yg mudah diingat.. terima kasih telah berkunjung.