Blogging Dasar

Membangun Identitas Blog dengan 7 Langkah Mudah

Untuk keluar dari ‘kerumunan’ ribuan blogger di dunia, Anda harus membangun sebuah brand (identitas) untuk blog Anda. Itulah yang membedakan Anda dari blogger kebanyakan. Dan jujur, itulah satu-satunya jalan menuju sukses dalam blogging.

Sebuah identitas, akan menjadi pembeda. Blog Anda akan lebih mudah dikenali. Jelas, bahwa membangun sebuah identitas blog yang kuat akan memberikan jalan lempang keberhasilan.

Inilah 7 langkah yang penting dalam membangun sebuah identitas (brand) blog:

1. Memilih nama blog yang tepat

Nama blog sekaligus alamat domain adalah langkah pertama dalam usaha membangun identitas blog yang kuat. Satu aturan yang paling penting adalah, alamat domain serta nama blog Anda harus fokus dan langsung memberikan gambaran tentang niche blog Anda.

Selain itu, alamat domain dan nama blog yang tepat akan menarik sumber trafik terbaik, yaitu trafik langsung, yaitu mereka yang mengunjungi blog Anda dengan cara mengetikkan alamat blog Anda langsung di browser mereka.

Saya masih banyak melihat orang memakai nama pribadi untuk alamat dan nama blog mereka, menurut saya ini adalah sebuah kesalahan jika isi dari blog tersebut bukan bersifat pribadi.

Saya tidak akan lebih jauh membahas ini, karena beberapa waktu lalu, saya telah menuliskan secara lengkap di salah satu artikel PortalUang. Silakan pelajari bagaimana cara memilih nama blog yang baik dan benar.

membangun identitas dan brand blog

2. Desain blog yang tampil beda
Ini adalah faktor penentu kedua dalam membangun brand sebuah blog. Tidak diragukan lagi, desain yang bagus, unik dan memberikan navigasi yang baik sangat berpengaruh terhadap kualitas blog. Terlebih lagi akan menjadi pembeda dari sekian banyak blog lainnya.

Pelajari cara mempercantik desain blog agar tampil beda dan tampak profesional.

3. Buatlah logo yang kreatif dan unik

Menurut saya, setiap blog yang ingin sukses, wajib memiliki logo. Karena, itulah salah satu yang nantinya akan melekat di benak pengunjung, yang akan mengingatkan mereka kepada blog kita. Coca-cola, adidas, atau Nike adalah sedikit contoh bagaimana sebuah logo dapat melekat kuat dalam benar setiap orang.

Seperti yang Anda lihat, untuk blog PortalUang ini saya buatkan logo berupa tulisan sederhana PORTAL UANG. Dengan sentuhan sedikit itu, ternyata sudah cukup membuat PortalUang tampil beda dan unik dibandingkan blog-blog lainnya. Nah, inilah pentingnya sebuah logo.

Kebetulan saya memang seorang desainer grafis, dan sudah terbiasa membuat logo banyak perusahaan. Bagi Anda yang tidak bisa membuatnya sendiri, ada cara mudah membuat logo untuk blog secara online. Atau Anda dapat minta bantuan seorang teman untuk membuatnya.

4. Manfaatkan header dan deskripsi blog

Hal pertama yang selalu dilihat oleh pengunjung adalah header atau deskripsi blog Anda.  Maka dari itu, buatlah header seatraktif mungkin. Buat juga deskripsi blog yang langsung mengatakan permasalahan apa yang ingin Anda angkat, sekaligus solusi yang ditawarkan.

Untuk PortalUang saya tuliskan di bawah logo deskripsi:

Tips cara mendapatkan uang dari internet | Tips cara mendapatkan uang dari blog | Tips Sukses Adsense | Tips Blogging.

Langsung to the point! Langsung mengarah terhadap isi dari blog ini. Lugas mengatakan solusi yang saya coba tawarkan. Dan inilah yang perlu juga Anda lakukan.

5. Gaya penulisan yang unik

Gaya dan cara Anda menyajikan sebuah tulisan adalah salah satu faktor penting dalam membangun identitas blog Anda.

Jika Anda perhatikan, dan selalu mengikuti update tulisan-tulisan saya di PortalUang atau Anda telah membaca lebih dari 10 artikel saya, akan mudah menemukan ciri khas saya dalam merangkai kalimat, membuka sebuah pembicaraan, dan sebagainya, terutama bagaimana cara saya menutup sebuah artikel. Ini adalah pembeda.

Untuk mengasah keterampilan Anda menulis, saya sarankan untuk membaca: cara membuat artikel yang bagus, yang saya tulis beberapa waktu yang lalu.

Dengan banyak berlatih, kemudian mencari mana yang lebih sesuai untuk Anda gunakan, maka Anda akan menemukan gaya menulis, bicara, cara menyampaikan ide, sense of humor, penggunaan istilah dan lain sebagainya, yang kemudian akan menjadi ciri khas milik Anda sendiri. Dan sungguh ini suatu yang sangat kuat dalam membangun brand blog sekaligus membawa Anda satu level lebih tinggi dari kebanyakan blogger lain.

6. Memiliki jadwal posting yang tetap

Menurut saya, ini faktor yang memang tidak terlalu dominan dalam membangun brand blog. Tapi bukan berarti hal ini bisa diabaikan begitu saja. Memiliki jadwal tetap dalam menyajikan konten baru, bagaimanapun akan sangat membantu.

Tetapkanlah, apakah Anda ingin membuat posting baru setiap hari, 3 kali, 2 kali, 1 kali seminggu? Dan patuhlah terhadap jadwal itu. Dengan begitu, orang akan segera mengetahui bahwa Anda memiliki konten terbaru yang perlu mereka baca.

Bagus juga, jika memiliki jadwal tertentu untuk memposting artikel-artikel khusus, seperti setiap minggu pertama setiap bulan Anda membuat sebuah polling, setiap hari jum’at Anda mereview blog orang lain, setiap tanggal 15 Anda menulis tentang blogging, dan lain sebagainya.

Jadwal teratur seperti ini akan membuat Anda tampil beda serta menguatkan identitas blog yang sedang Anda bangun.

7. Bagaimana cara Anda berinteraksi dengan orang lain?

Tentukanlah cara yang paling mudah, paling dekat, paling personal, dan paling nyaman menurut Anda untuk berhubungan dengan orang lain atau pembaca blog Anda. Apakah Anda lebih suka mengobrol dengan pembaca Anda melalui facebook? Twitter? GTalk?

Pilihlah dan tentukanlah salah satunya. Bangun jaringan dan komunitas. Ini adalah langkah terakhir yang akan semakin membuat blog Anda ‘melesat’ tampil beda dari yang ada.

Itulah 7 langkah mudah membangun brand (identitas) blog Anda. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki tips lainnya? Silakan berbagi lewat kolom komentar. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

12 Komentar