Menulis Konten

Meningkatkan Kualitas Blog dengan Update Posting Lama

Apakah Anda rajin meng-update postingan lama? Sebagai blogger, tentu saja dari waktu ke waktu kita terus meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan wawasan kita dalam blogging.

Dan segera ketika kita membuka-buka postingan lama, kita akan menemukan banyak kekurangan pada artikel lama yang ditulis lima bulan yang lalu!

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, saya telah menegaskan perlunya melakukan update postingan lama. Namun di artikel tersebut saya tidak merincinya lebih jauh, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitasnya.

Nah, dalam artikel kali ini saya maksudkan untuk melengkapinya.

Jika Anda rajin menulis posting baru secara teratur, apalagi setiap hari, maka dalam waktu beberapa bulan saja, Anda akan memiliki banyak sekali postingan. Kebanyakan mereka ‘terkubur’ begitu saja dalam tumpukan arsip blog, tanpa tersentuh oleh pengunjung baru. Sungguh suatu kesia-siaan.

Untuk mengatasi hal tersebut, saya sangat menyarankan kepada Anda, untuk melakukan satu pekerjaan baru, aktivitas rutin yang akan membuat blog Anda semakin moncer. Yaitu, membuka, membaca kembali, kemudian melakukan perubahan-perubahan (update) pada posting / artikel lama Anda.

Apa saja yang perlu diupdate?

Saya sendiri menetapkan jadwal 2 – 3 minggu sekali untuk memeriksa, membaca kembali postingan lama. Saya mulai dari artikel yang pertama kali saya posting, terus secara berurutan. Dan pada setiap artikel tersebut saya melakukan hal-hal berikut:

1. Merubah judul posting

Jika saya merasa bahwa judul posting lama tidak begitu bagus, tidak menarik, tidak SEO friendly, dan saya menemukan judul yang lebih baik, maka segera saya merubahnya.

Dan terbukti, beberapa artikel lama saya, yang tadinya hampir tidak pernah dibaca pengunjung, akhirnya dibaca lebih banyak lagi. Siapapun akan setuju, bahwa judul yang menarik, mengandung keyword utama, akan lebih disukai baik oleh search engine maupun pengunjung.

2. Memperbaiki kesalahan tata bahasa, susunan kalimat, ejaan dan sebagainya.

Semakin lama Anda blogging, maka akan semakin merasakan pentingnya hal ini. Sebuah tulisan penuh dengan salah ketik, penggunaan kalimat atau kata yang tidak tepat, dan sebagainya akan membuat kualitas artikel jadi menurun.

Dan seiring keterampilan menulis yang semakin baik, Anda akan menyadari bahwa ternyata tulisan lama Anda sulit dicerna, njlimet, dan berputar-putar. Perbaiki hal-hal tersebut, maka kualitas posting lama Anda menjadi lebih baik.

3. Tambahkan gambar atau link yang relevan

Ini adalah hal yang sangat penting. Lengkapi posting lama dengan link terhadap artikel-artikel Anda yang lebih baru yang masih berhubungan. Selain meningkatkan pageview, juga sangat membantu pembaca menemukan informasi yang mereka cari.

4. Berikan nilai tambah, pembahasan yang lebih mendalam

Jika memang kita memiliki data baru, pengetahuan baru, dan melihat pembahasan pada posting lama Anda dapat diperdalam lagi, maka itu adalah hal yang sangat baik. Buat orang yang telah berkunjung ke blog Anda berpikir: “wow, ini sangat luar biasa”, “ini benar-benar bermanfaat”.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan terhadap posting lama Anda. Saya sendiri, biasanya memberikan opini baru, pengalaman baru, atau memperdalam pembahasan untuk memberi nilai tambah pada posting lama.

Bagaimana?ย Siap dengan rutinitas baru meng-update posting lama? Berikan pendapat Anda melalui kolom komentar.

Jangan hanya karena sebuah artikel dibuat 1 tahun lalu, lalu kemudian dianggap tidak berguna. Posting lama Anda sama berharganya dengan tulisan terbaru Anda!

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

44 Komentar

  • Setelah saya update artikel dan merubah judul artikel. Kok malah hilang dari page1, yang tadinya selalu muncul, sekarang jadi tenggelam. Apakah itu wajar? Tks

    • kalau sampai merubah judul jelas wajar mas, namun kalau mau update artikel itu cukup tambahan aja semisal ada yang kurang ditambahi, kasih juga tanda misal
      **) UPDATE 20-03-2017
      isi update

  • Saya baru saja update artikel lama di blog saya, sebenarnya sudah ada di halaman 1 google tapi masih gamau naik malah kesusul sama artikel orang lain, mau tidak mau saya coba koreksi ternyata artikelnya terlalu banyak basa basi dan pembahasan kurang mendalam, terpaksa saya perbaiki agar pembaca makin puas dengan artikel saya.

    setelah diedit artikel lama langkah apalagi yang harus dilakukan ya? saya baru share aja sih..

  • Mau nanya nih gan, kalau saya ganti judul, kenapa di index google judulnya masih tetap yang lama ya. Mohon pencerahannya gan.

    • kenapa mas kok sampai ganti judul, jika memang bener ganti coba index di webmastertool dihapus nanti judul yang baru biar ke index. tapi malah rugi kalau peringkat artikel sudah baik

  • terima kasih bos, saya adalah penjual di toko online, otomatis kan saya tidak akan menambah postingan kalau tidak ada produk atau artikel baru, dengan membaca artikel ini saya menjadi tau apa yang harus saya lakukan, thank’s ๐Ÿ™‚

  • Salam kenal mas Gee jhon, sebenarnya saya udh kenal , saya anggota IAPD di gplus mas .. hehehe mw tanya untuk mengganti judul postingan kan otomatis permalink berubah , apa tidak ada efek negatif pada search enggine seperti pengindexan di webmaster … dan satu lagi mas biasanya berapa hari judul postingan lama yang sudah di update dapat terindeks kembali , saya pengguna wordpress self host mas gee jhon , terima kasih sebelumnya .

      • Umpamanya permalinknya di ubah sekalian dan disamakan dengan judul baru , apa tidak masalah mas gee jhon, maaf banyak tanya mas… coz cuma artikel mas gee jhon yang lengkap menjelaskan masalah ini hehehe

      • sebaiknya permalink tidak dirubah bos, krn jika ada tautan ke sana, nanti akan terjadi error 404. JIka pun terpaksa ingin diganti juga, gunakan redirect 301 untuk mengalihkan permalink yg lama yg baru.

  • Owhh bener juga tuh. Sy mau dikit tambahin. Soalnya di atas gk tercantum caranya. X aja masi ada yg bingung.
    Caranya, untuk perbaharui artikel lama.silahkan kunjungi laman artikel lama anda. Nah anda edit deh tu isi artikel yg kurang menarik. Setelah selesai.anda jadwalkan terpublish di menu jadwal.kan ada tuh. Misalkan besok tanggal 20 nah anda seting aja. Tarraaaa…jadi deh..artikel anda diperbaharui. Soalnya ada sebagian template yg jika di perbaharui artikelnya, dia tetap masuk pada artikel lama dan mendem dia gk keliahatan.kalau tidak di edit jadwalnya. Tp ada juga sih yg langsung konek.trus dia tampil di halaman depan.

    Pengalaman ku sih begitu. Semenjak ngeblog.

  • Memang penting mengudate postingan lama kalau perlu tiap hari, cuma saya baru tahu dan sudah lama saya cari-cari penjelasan mengenai cara update secara rinci seperti yang sobat paparkan dalam artikel ini. Terima kasih banyak sobat untuk sharing infonya. Sukses selalu.

    • Sukses selalu juga untuk Mad Ridwan. Sama2, terima kasih juga atas kunjungan dan komentarnya. Semoga apa yg disajikan di PortalUang bisa memberi manfaat. ๐Ÿ™‚

  • kalo postingan lama kita diupdate, memangnya tidak berpengaruh di SE?, soalnya saya pernah baca katanya kalo kita sering mengupdate, nilai kita bakalan turun

  • @inilah.
    sip…. sukses selalu!

    @heru.
    untuk menghidupkannya kembali, tentu saja dg cara meng-update-nya lagi secara teratur. entah 1 minggu sekali.

    yg saya maksud dg memperbarui posting lama bukanlah merubah tgl posting, tapi mengupdate-nya, seperti misalnya menambahkan informas terbaru, melengkapi artikel lama, memberi link ke artikel baru, dan sebagainya.

    tidak kalah pentingnya juga utk mempromosikan artikel lama. biasanya kan kita cuma membagikan ke sosmed artikel2 terbaru, padahal artikel lama pun, perlu dibagikan juga.

    sukses selalu mas Heru.

  • sumber traffic blog saya kalau dilihat di google analytic justru berasal dari posting yang sudah terpendam sebagai landasan awal..atau juga banyak yang dari halaman yang dibuat setahun lalu /p/……apakah tetep perlu diupdate…salah-salah malah jadi K.O…tuh (ada sih yang berpendapat, kalau sering merubah title posting itu tidak disukai google), kecuali jika ditambahkan kata update

  • @rahardiansya.
    sip…. semoga tambah sukses. Update posting lama, itu memang perlu… ๐Ÿ™‚

    @wisa.
    maksudnya terkoneksi gimana nih mas? mohon maaf sy agak kurang paham dg apa yg dmaksud.

  • betul sekali, harus memulai aktivitas baru. butuh keuletan dan kerja cerdas nampaknya, tengkyu atas sheringnya, saya akan siap-siap mengupdate tulisan lama (lama sekali) cuppps

  • hehe… betul mas Addy, update posting lama itu jg perlu dan penting. bkankah SE sgt menyukai halaman yg slalu update?

    klo menurut sy, lebih baik teratur tiap hari, daripada sekaligus 6 artikel, trs 'puasa' seminggu, pembaca akan lebih mengerti nanti dengan jadwal kita. dan akan lebih baik di mata SE. Menurut sy loh ya?

  • jadi memang bener pengaruh jg ya mas update posting lamanya? juga frekuensi update tiap hari teratur biarpun 1 artikel. saya soale malah sehari bisa kebut 6 artikel,setelah itu tidak menulis lagi 4 hari,, ๐Ÿ™