Menulis Konten

Bagaimana Agar Tetap Menulis Disaat Tidak Bisa Menulis?

Ada saat-saat tertentu, dimana bahkan seorang penulis ‘ulung’ yang sangat produktif sekalipun, merasa tidak mampu untuk mulai ‘menggoreskan pena’. Bahkan, tampak seperti orang yang tidak tahu lagi cara membuat artikel yang baik dan berkualitas.

Dan jujur, saya mengalaminya selama beberapa waktu belakangan ini. Ya, karena saya baru saja mengalami ‘hari-hari yang sulit’.

Bagi Anda yang selama ini mengikuti update dari PortalUang, pasti akan tahu, beberapa waktu belakangan, blog ini hanya menyajikan 1 – 2 tulisan saja dalam seminggu, itupun beberapa adalah posting darurat.

Pada saat saya mencoba kembali untuk menulis, setelah beberapa waktu lamanya tidak menghasilkan satu artikel pun, saya merasa tidak ada kata satupun yang dapat saya tuangkan, saya kehilangan ide, saya kehilangan kemampuan menulis! Bahkan jika mengikuti rasa pesimis, sepertinya saya tidak akan bisa menulis lagi, selama sisa umur saya. Hmmm… terdengar sangat mengerikan bukan?

Lalu bagaimana cara saya keluar dari kesulitan tersebut? Inilah yang ingin saya bagikan kali ini.

Jika Anda pernah mengalami hal seperti itu, satu hal penting: jangan putus harapan! Anda akan dapat kembali produktif menulis setelah melakukan sedikit latihan sederhana untuk mengendurkan ‘otot-otot’ yang kaku setelah sekian lamanya tidak digunakan. Tentu, latihan ini bukanlah bersifat latihan fisik, tapi lebih kreatif. Ya melatih kreativitas!

Latihan kreatif untuk kembali menulis:

1. Perbaiki pikiran Anda

Katakan pada diri sendiri: saya ingin menulis!

Dan suruh si ‘Mr. No’ untuk menutup mulutnya! (Mr. No, ini adalah segala pikiran negatif, pesimis, yang selalu mengatakan: Anda malas, Anda tidak bisa, Anda gagal dan sebagainya)

2. Bacalah buku

Membaca terus, sampai Anda menemukan sesuatu yang menarik. Sampai Anda mendapatkan motivasi. Dengan ini pikiran akan semakin terbuka, kemudian ide-ide akan bermunculan dengan sendirinya.

3. Baca posting Anda sendiri atau blog orang lain

Untuk mendapatkan kembali mood di topik blog Anda, baca-bacalah kembali posting atau artikel-artikel Anda sebelumnya. Membaca blog orang lain dengan niche yang sama, juga akan sangat banyak membantu.

4. Berkomentar di blog orang

Carilah blog dengan topik yang relevan, bacalah, kemudian tinggalkan komentar Anda. Ini latihan menulis yang sangat bagus, dan sangat membantu Anda menjadi lebih fokus.

5. Buat peta ide tulisan

Pertajam, kumpulkan ide-ide yang sudah Anda dapatkan sejauh ini. Rangkai semua sampai menjadi sebuah draft dalam pikiran Anda.


Lebih jauh Anda seharusnya telah membuat rencana konten. Apa dan bagaimana cara membuatnya, silakan baca: Strategi Jitu Membuat Konten Segera Setelah Memilih Niche Blog.


6. Mulailah menulis!

Nah, sekarang Anda siap untuk menulis lagi. Jangan khawatirkan jika Anda hanya mampu menyelesaikan setengah jalan, toh Anda sedang melakukan latihan bukan? Mulailah lagi dengan tulisan baru. Dan ingat, jangan mengedit proses kreatif Anda sendiri.

Itulah langkah-langkah yang saya lakukan, dan terbukti saya sekarang bisa menulis kembali. Bahkan dengan cara itu, saya bisa  menghasilkan beberapa artikel dalam sehari untuk blog baru saya lainnya.

Bagaimana menurut Anda? Siap kembali produktif bukan? Bagi pengalaman Anda melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

2 Komentar

%d blogger menyukai ini: