Tips Youtube

Video Apa yang Mesti Saya Upload ke Youtube?

Banyak sekali sahabat yang telah membaca artikel mendapatkan uang dari Youtube, akhirnya tertarik untuk merasakan manisnya dolar dari Youtube.

Tapi banyak dari mereka masih kebingungan dan menanyakan: “apa yang harus saya upload ke Youtube?”

Nah, kali ini saya ingin memberi sedikit inspirasi untuk Anda yang masih bingung tentang video apa yang mesti diupload ke Youtube. Inilah beberapa yang dapat menjadi pertimbangan:

1. Video tutorial (mengajarkan cara melakukan sesuatu)

Video jenis ini sangat banyak dicari, karena pada dasarnya begitu banyak orang yang ingin mengetahui cara melakukan sesuatu. Jika Anda memiliki kemampuan dan keahlian (apapun itu), maka Anda segera dapat membuat video yang mengajarkan kepada orang lain cara melakukan, membuat, menyelesaikan sesuatu.

upload video apa ke youtube? tips dapat uang dari youtube

Apa yang bisa disuguhkan? Apa saja. Entah itu cara memetik gitar, cara membuat kue pukis, cara memperbaiki sofa. Pokoknya apa saja yang bisa Anda ajarkan kepada orang lain cara melakukan sesuatu yang bermanfaat.

2. Video review (menjelaskan tentang sesuatu menurut pendapat pribadi Anda)

Ini juga tak kalah menariknya. Anda bisa mereview sebuah situs, buku, musik, gadget dan sebagainya. Berikan pendapat Anda, orang lain akan senang “mendengarkannya”.

3. Video game play (walkthrough)

Semua orang suka bermain game bukan? Nah, jika Anda merasa jago memainkan suatu game tertentu, coba ajarkan orang lain, bagaimana cara Anda menyelesaikan game tersebut. Saya pernah melihat sebuah video, yang memberitahu game play menyelesaikan game sokoban level demi level sampe tuntas, dan saya lihat video tersebut telah ditonton ribuan kali! Apa game yang telah Anda mainkan dengan tuntas?

4. Video personal (pribadi)

Sedikit narsis? Kenapa tidak? Jika Anda jago bernyanyi sambil memainkan piano, kenapa tidak merekamnya, kemudian diupload ke Youtube?

Ada banyak hal yang bisa Anda gali untuk video jenis ini. Anda bisa merekam diri Anda sendiri melakukan sesuatu: komedi, intelektual, pandangan politik dan sebagainya. Pokoknya apa saja, yang Anda ingin orang lain agar ‘menonton’ Anda!

Nah, itulah beberapa ide yang saya harap dapat memberi lecutan inspirasi. Pada dasarnya, kita bisa membuat video tentang apa saja. Bagaimana? Anda mulai menemukan sesuatu di kepala Anda? Itu bagus. Wujudkan segera. Ambil handycam Anda, dan mulailah merekam!

Semoga bermanfaat. Jika Anda memiliki inspirasi lainnya, saya sangat senang jika Anda bisa berbagi. Sukses untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

49 Komentar

  • kenapa video dihapus dan mendapat strike 1 tiga bulan padahal saya mengambil video pada “Creative Commons”….., aneh…..
    bukankah video Creative Commons sudah lolos semua perijinan google mas bro…..?????

  • Gan, saya mau tanya dong, saya berencana membuat video youtube tentang sepakbola, contohnya “10 goal terbaik bulan ini”. Apa itu bakal melanggar hak cipta???

  • @nugfiles.
    saya kira kebetulan saja, sy memang sudah lebih dulu berkecimpung di dunia recording.. πŸ™‚ tapi video apapun bisa kok ngasilin dolar dari youtube.. semampu kita aja.

  • Owh gitu mas, makasih infonya mas..heheh
    wah kalo saya kayaknya g sanggup kalo harus bayar n rekaman sendiri seperti itu mas..hehe

  • @nugfiles.
    sebelum masuk proses rekaman, urusan dg pencipta lagu, aransment musik, dll,,,, tentu saja sudah beres… klo tidak, mana mungkin bisa rekaman? Tentu saja pencipta sudah memperoleh haknya bahkan sebelum lagu itu belum dibawakan oleh penyanyinya. Setelah proses selesai maka hak penggunaan ada di pihak PH.

  • Owh begitu,
    Tapi untuk lagunya kan ada penciptanya mas, apakah mas gee jhon mengurus masalah royalti ke pencipta sebenarnya mas? bagaimana caranya ya mas?

  • @nugfiles.
    ya betul… semua video yg sy upload, adalah produksi sendiri.. artinya PH sy yg membuatnya.. Jika Anda menemukan video yg sama di channel lain, kalau saya, bisa saja sy melaporkannya ke Youtube dan pasti akan dihapus.. πŸ™‚

  • Mas Gee Jhon, saya sedikit bingung masalah hak cipta buat video yg kita upload mas, saya sempet lihat channel mas gee jhon di youtube, hampir semua berupa lagu-lagu yang itu merupakan ada penciptanya. Apakah semua video itu mas gee jhon upload sendiri dan produserin sendiri?
    setelah yang saya baca di aturan youtube, kita tidak boleh memonetize video yang berlatar musik orang lain apalagi video clipnya..
    mohon infonya ya mas… thanks

  • @anonim.
    saya kira tidak ada batasan ya…. tapi yg jelas, jika tujuannya untuk mencari uang, kita butuh banyak sekali video, jadi intinya selama kita masih bisa berkreasi membuat video, teruslah perbanyak videonya,

  • @anonim.
    secara umum, ya! tapi, itu tidak sedikit juga musik yang berlisensi creative common yang boleh digunakan. Karena itu, sebaiknya ambil background musik yang disediakan oleh youtube, ada banyak kok. itu lebih aman.

    tentang pertanyaan, apakah harus buat sendiri backsound agar bisa dimonetis? saya kira tidak harus. Semua tergantung dari pemilik hak ciptanya, ada yang memang telah memiliki id content di youtube, ada pula yang tidak.

  • Terimakasih mas gee infonya sangat bermanfaat πŸ™‚ mas gee sy masih kurang jelas ttg hak cipta. Kalau dalam video saya ada backsound lagu band luar negeri misalnya, apakah itu melanggar hak cipta? Atau backsound pun harus saya ciptakan sendiri agar video sy bisa dimonetize?

  • @anonim.
    hmm.. entahlah. Saya belum pernah melakukan riset. Namun menurut saya sih kayaknya bisa. Namun, pertanyaannya apakah cukup menarik bagi pemirsa. Saya kira cuplikan gol / momen2 hebat, akan lebih menarik untuk ditonton lagi dan lagi.

  • Mas, apakah video full match pertandingan sepak bola layak untuk diupload? Apakah ada kemungkinan dicekal atau diakui oleh pihak lain mas?

  • wahh sip nih aga yg satu ini??,,dari blog inilah ane mngerti step demi step cara mnjadi mitra youtube..jozz gan

  • ow githu ya gan ? ia akun ini belum berusia 1 minggu juga gan jadi kira2 gmana dong ? apa nanti akan sembuh dengan sendrinya atau kita yang harus bertindak ? thanks wad jwabnx gan, sangat cepat kalau merespon.

  • @anonim.
    menurut saya penyebabnya ada 2:
    1. koneksi internet yg kurang baik. Jika yakin tidak ada masalah dg koneksi internetnya, coba bersihkan cache browser, lalu buka kembali.

    2. apakah itu aku baru? biasanya butuh beberapa lama bagi Youtube untuk menyiapkan laporan kinerja bagi saluran baru.

  • gan kalau opsi analytics tidak bisa di akses it ada apa ya ? soalnya kalau tiap kali mau akses halaman ini selalu bilang Terjadi kesalahan saat berkomunikasi dengan server.

    kira2 ada cara memperbaikinya tidak supaya jangan kaya gini lagi. . ?
    trima kasi .

  • ane masih belom males bertanya nih kang.
    ane mau tanya gini nih
    .ane udah upload sekitar 20 video,semua udh termonetisasi dan logo $ sudah hijau
    .tetapi kenapa kalo di analytics hanya ada 2 laporan pendapatan saja,yang lain masih $0.00
    .apakah ada kesalahan divideo saya mas?

  • sipp kang,,panduan mas broo sangat membantu,,
    .dan sekarang saya udh mendapat adsense saya,,kalo boleh tau facebooknya mas broo,,soalnya masih akan banyak bertanya. hehe..

  • @anonim.
    utk syarat jumlah penayangan tidak ada. Yang ada biasanya (itupun berdasarkan pengalaman) jumlah minimal video 5. Tapi sekali lagi ini berdasarkan pengalaman, karena secara resmi, Youtube tdk menyebutkan syarat tersebut.

    Klo pun ada syarat resmi, terutama adalah masalah konten videonya… (tidak melanggar hak cipta pihak lain).

  • maksudnya apakah ada syarat" tentang penayangan,,misal ditarget harus berapa ribu penayangan dulu baru bisa diterima di adsense,,
    .mohon panduan di adsensenya kang??

  • maaf mengganggu Pak Gee Jhon..
    Saya membuat video animasi 3D , software dr salah satu situs, dalam video nya muncul nama software nya, dan disaat upload di bawah video kan ada tulisan deskripsi dibawahnya muncul nama situs itu, saya klik sih nama nya, apa itu bermasalah g, krn video saya ada nama situs software nya?
    utk lbh jelas saya membuat video clip animasi 3D dgn software gratis yg saya download dr situs muvizu..

  • Sebelum jawab pertanyaannya, silakan nongkrong2 selama suka mas, hehehe… tp maaf g bisa suguhin kopi. hehe..

    masalah embed video di posting blog, itu tidak berpengaruh apa2. malah bagus sekali utk menambah nilai tambah kualitas postingan yg bersangkutan. Jadi, menurut saya sangat2 aman, malah sgt dianjurkan, klo bisa dlm setiap postingan dilengkapi gambar dan video. itu luar biasa!

  • Oh ya mas,,saya sih udah punya Video dan sudah saya upload, rencananya saya mau embed Videonya ke postingan,, tapi masih agak ragu juga,, apa gak ngaruh tuh ama akun adsense,, soalnya setelah saya browsing sana-sini, ada yang bilang aman, ada juga yang bilang berbahaya,, akhirnya saya urungkan saja niatku untuk embed video tersebut,, ada pengalaman gak mas!!