Menulis Konten

5 Cara Berdayakan Posting Lama

Membuat konten blog tidak selalu berarti kita harus membuat posting yang benar-benar baru. Sekarang, alih-alih membuat konten baru, bagaimana kalau sesekali kita memberdayakan posting lama?

Setelah sekian lama ngeblog, mungkin Anda memiliki banyak artikel ‘terkubur’ dalam tumpukan arsip. Artikel ini kurang mendapatkan perhatian dan tidak dibaca oleh pengunjung baru maupun mereka yang berlangganan sejak lama, karena mereka jarang sekali mengeksplorasi arsip Anda.

Nah, sekarang saatnya Anda memberdayakan posting lama Anda.

Selain melakukan update posting lama, untuk membuat arsip lebih berkilau, cobalah hal-hal di bawah ini:

1. Memberi link ke posting lama

Ini cara yang paling mudah. Tapi, sudahkah Anda melakukannya? Dengan memberi link ke posting lama akan membantu memberi trafik kepada mereka.

Caranya bisa rupa-rupa. Yang paling mudah adalah dengan memberi link ke artikel lama setiap kali membuat posting baru. Cari artikel yang relevan, agar kemungkinannya lebih besar untuk dibuka oleh pengunjung.

Cara lainnya adalah mungkin dengan membuat sebuah review yang dituangkan khusus dalam sebuah posting baru. Review berupa ulasan artikel-artikel populer di masa lalu. Bisa juga dengan menyusun secara sistematis sebuah bahasan tertentu secara runut, yang terdiri dari postingan lama Anda.

Contohnya adalah seperti artikel saya yang ini: Cara dan Langkah Sukses Mendapatkan Uang dari Adsense. Cara cukup efektif, selain mengangkat posting lama, juga banyak membantu pembaca mengeksplorasi konten Anda.

Bisa juga dengan cara membuat review bulanan, seperti artikel terpopuler bulanan  (contohnya seperti ini: Review 10 Artikel Terpopuler Oktober 2013), mingguan, mungkin juga review artikel terbanyak dikomentari, dan lain sebagainya. Cobalah. Kreatiflah. Yang jelas bagaimana kita memberi link ke posting lama.

2. Promosikan posting lama

Selama ini mungkin Anda melakukan promosi hebat untuk sebuah posting baru. Mungkin dengan membagikannya lewat facebook, Google+, Twitter, meminta blogger lain untuk mempromosikannya dan sebagainya. Tapi, pernahkah Anda mempromosikan posting lama Anda? Lakukan. Hanya butuh beberapa menit untuk melakukannya bukan?

3. Publikasikan ulang posting lama

Apakah Anda memiliki posting lama yang hebat, tapi karatan dalam tumpukan arsip dan tak pernah dibaca lagi oleh pengunjung blog Anda?

Berdayakan posting tersebut, dengan mempublikasikan ulang. Anggap saja itu adalah artikel terbaru Anda. Ya. Kenapa tidak? Saya pernah beberapa kali melakukannya. Dan hasilnya, artikel tersebut jauh lebih bermanfaat dan dibaca lebih banyak.

4. Buatlah menjadi sebuah ebook

Anda berniat membuat ebook, untuk diberikan kepada pengunjung secara gratis. Namun, sayangnya Anda merasa tidak punya cukup waktu untuk melakukannya. Kenapa tidak memanfaatkan posting lama Anda untuk dijadikan sebuah ebook?

Anda memang butuh menambahkan kata pengantar mungkin, dan sedikit melakukan edit disana-sini, tapi pastinya 90% bahan ebook Anda telah siap. Selain itu pengunjung blog akan senang mendapatkan tulisan yang telah disusun secara rapi dan sistematis.

5. Buat versi audio

Tidaks sedikit yang mengatakan audiblog / podcast adalah sekadar tren sesaat. Tapi apa salahnya membuat blog Anda berbicara? Yang jelas, memang tidak semua orang menyukai membaca tulisan, mereka lebih menyukai materi dalam bentuk audio.

Alih-alih menghadirkan posting yang benar-benar baru, kenapa tidak mencoba membuat versi audio beberapa posting lama yang Anda anggap berguna? Anda tinggal membaca kemudian merekamnya, dan dijadikan MP3. Lalu sajikan ke pembaca.

Itulah cara membuat posting lama menjadi lebih berguna. Jika Anda memiliki tips lainnya, berbagilah melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

6 Komentar

  • Salam kunjung pertama, mau tanya jika di URL ada keterangan bulan dan tahunan dimana postingan pertama di publis, nah bermasalah gak karna tidak sesuai dengan tanggal post terbaru…

    Salam dari Pulau Dollar

  • @oyo.
    ya betul sekali mas Oyo, posting lama memang tidak boleh diabaikan begitu saja, hehe… terima kasih kembali atas kunjungan dn komentarnya.

  • Ternyata postingan lama dilirik kembali di search engine urutannya di atas 100, setelah di coba dipublikasikan kembali dan mendapat respon/komentar postingan lama bisa muncul kembali di search engine dihalaman depan, kunjungan perdana dan menambah nilai tambah cara berdayakan postingan lama, terima kasih

  • Yang nomor 5 kayaknya cukup unik tuh sob, bikin dalam bentuk audio, mungkin di tambain di upload ke youtube sob, soalnya saya pernah liat di youtube banyak yang seperti ini, yang muncul hanya tulisan diselingi dengan musik background yang sesuai, mantap nih artikelnya sob, lanjutkan….