Promosi Blog

Blog Anda Sulit Berkembang? Cek Apakah Anda Melakukan 7 Kesalahan Ini!

Semua blogger pasti pernah melakukan kesalahan-kesalahan yang membuat blognya tidak ‘berhasil’. Dan itu adalah sesuatu yang wajar.

Sayangnya, tidak semua blogger menyadari bahwa mereka telah melakukan sesuatu yang tidak semestinya dilakukan.

Jika hal ini terus berlarut, maka pada akhirnya akan membuat kerja keras selama ini menjadi sia-sia.

Seringkali kesalahan memang ‘perlu’, karena dari kesalahan itu kita belajar menjadi lebih baik. Dan sebenarnya ada beberapa hal mendasar, yang jika kita menyadari dan tidak melakukannya, akan sangat membantu Anda membangun blog yang sukses.

Dan inilah beberapa kesalahan yang harus dihindari oleh seorang blogger:

1. Melupakan promosi, hanya fokus ke konten

Tidak ada yang menyangkal bahwa konten adalah ‘raja’. Konten adalah hal terpenting dari sebuah blog, karena merupakan urat nadi yang menghidupi sebuah blog. Tapi sebagai blogger, Anda tidak langsung menjadi terkenal dan diperhitungkan sejak hari pertama Anda ngeblog bukan?

Anda butuh melakukan langkah-langkah dasar untuk mengabarkan kepada dunia tentang keberadaan blog Anda. Sehebat apapun, sebagus apapun konten Anda, jika tidak dipromosikan pada awalnya, maka tidak akan ada yang membacanya.

Jadi, jika Anda tidak mempromosikan blog dengan baik, dengan memanfaatkan semua sumberdaya yang mungkin, dan hanya mengandalkan konten yang bagus, Anda telah melakuan sebuah kesalahan besar.

2. Hanya menulis ulang yang telah ada

Ini yang sering kita lihat, satu berita yang sama, dikupas dari sudut pandang yang sama, disajikan dengan cara yang sama, berulang dan berulang.

Menulis kembali apa yang telah disajikan oleh blog lain, mungkin dapat mendatangkan pengunjung dengan cepat karena topik tersebut sedang ramai dicari. Namun jika hal ini berkelanjutan dan menjadi sebuah kebiasaan, maka Anda tidak akan belajar bagaimana menyajikan konten milik Anda sendiri.

Cobalah melakukan riset, mengolah ide, kemudian menyajikannya dengan cara dan sudut pandang berbeda dari yang sudah ada. Anda tidak harus menyajikan sesuatu yang benar-benar baru, namun pastikan bahwa yang Anda berikan bukanlah sesuatu yang hanya sekadar ditulis ulang.

3. Tidak memperhatikan penulisan yang benar

Yang saya maksudkan di sini mencakup: penggunaan tata bahasa, susunan kalimat yang panjang ‘njlimet’, penggunaan tanda baca yang tidak tepat, serta termasuk salah pengetikan. Meskipun terdengar sepele, namun sangat berdampak besar terhadap kualitas blog secara keseluruhan.

Anda akan tampak lebih profesional, serius dan berkualitas dengan menyajikan tulisan yang bebas dari salah ketik, salah memilih kata dan faktor-faktor lain dalam proses penulisan artikel. Selalu sempatkan waktu, untuk membaca ulang, mengedit artikel Anda, sebelum menekan tombol ‘publish’.

4. Memulai dengan niche blogging, lalu melebar kemana-mana

Ini adalah sebuah kesalahan yang dilakukan oleh banyak blogger. Mereka beralasan bahwa tetap bertahan dengan satu niche yang telah dipilih pada awal blogging, membuat pengunjung menjadi terbatas, sehingga mereka menyajikan topik lain yang sama sekali tidak berhubungan dengan niche awal, dengan alasan untuk menambah trafik.

kesalahan blogger yang harus dihindari

Memang, tentu saja tidak ada aturan yang mengharuskan seorang blogger tetap ‘setia’ dengan satu topik. Namun, pembaca setia, yang mengunjungi kembali blog Anda tentu akan kecewa, menemukan konten yang sama sekali berbeda dari yang selama ini menjadi tren blog Anda.

Mereka mengunjungi kembali blog Anda, karena mereka percaya bahwa Anda menguasai dan ahli di bidang yang Anda pilih.

Kemudian, jika mereka menemukan Anda menyajikan sesuatu yang berbeda, campur aduk, maka kepercayaan tersebut akan hilang.

Coba Anda bayangkan, apa yang Anda pikirkan, jika blog yang selama ini selalu Anda kunjungi untuk mencari informasi tentang kesehatan, tahu-tahu menyajikan berita hasil pertandingan sepak bola?!

Sekali Anda memilih niche terbaik, setialah! Dengan begini, akan terus maju bersama niche tersebut, mencapai level lebih tinggi lagi.

5. Berkomentar di sembarang blog

Berkomentar di blog teman, memang adalah salah satu cara mengenalkan diri, menjalin hubungan sekaligus menarik pengunjung baru. Ada banyak manfaat berkomentar, dan kegiatan seyogyanya menjadi salah satu rutinitas bagi seorang blogger.

Namun jika berkomentar ini dilakukan secara serampangan, dimana saja, maka itu menurut saya tidak malah membawa hasil positif, tapi justru sebaliknya.

Yang terbaik, perbanyaklah berkomentar di blog lain, tapi yang saya maksud disini adalah komentar yang bernilai, bukan sekedar basa-basi seperti: thanks gan, nice article! dan sejenisnya, tapi komentar yang mengungkapkan pendapat priadi Anda tentang sesuatu.

Tapi usahakan untuk memberi komentar bernilai hanya pada niche yang sama dengan niche blog Anda. Jangan berusaha menjadi orang yang tampak ahli di segala bidang, karena itu sama saja dengan menipu diri sendiri.

6. Tidak menerima kritik dan belajar dari situ

Satu hal mesti diingat, tidak semua orang memiliki mindset, pandangan dan pendapat yang sama. Adakalanya (jika belum, hanya soal waktu, pasti suatu saat Anda mengalaminya) Anda akan menerima kritikan, ketidaksetujuan, bahkan mungkin caci maki dari pembaca akibat dari apa Anda tulis. Dan menurut saya itu adalah hal bagus.

Kenapa? Karena Anda berhasil membuat orang tertarik dengan tulisan Anda.

Terimalah kritikan. Jawab semua ketidaksetujuan dengan argumen, bukan malah balik ‘menyerang’ dengan sumpah serapah. Karena jika Anda melakukan hal itu, Anda dengan cepat akan kehilangan pembaca.

Ambil pelajaran. Seringkali dari kritikan, Anda mendapat pelajaran sangat berharga.

7. Semua demi uang, bukan kesenangan dan gairah

Semua orang tertarik untuk mendapatkan uang, tidak terkecuali para blogger. Dan memang tidak ada salahnya jika Anda ngeblog untuk mendapatkan uang. Namun, jika blogging semata-mata demi uang, maka semangat utama dari blogging itu sendiri (yaitu: berbagi pengetahuan), menjadi dikesampingkan.

Hal ini seringkali menjadikan Anda tidak membuka pola pikir, malas belajar dan akhirnya kehilangan semangat ketika uang belum juga didapatkan seperti yang diharapkan, karena orientasi dan ‘isi kepala Anda’ hanya melulu bagaimana mendapatkan uang dengan secepat-cepatnya.

Kondisi ini akan memberikan hasil yang sangat berbeda dibandingkan seandainya Anda ngeblog dengan gairah, dengan kesenangan, dengan semangat berbagi pengetahuan dan informasi kepada orang lain.

Satu hal ingin saya sampaikan: Jika Anda benar-benar ingin menghasilkan uang dari blog, maka langkah pertama adalah, buang dulu jauh-jauh uang dari kepala Anda! Percayalah, cukup dengan semangat berbagi, uang otomatis akan Anda dapatkan dengan sendirinya.

Jika Anda baca tulisan saya yang lalu: 5 Hal yang Membuat Blog Anda Belum Bisa Menghasilkan Uang, maka semua hal tersebut bermuara pada satu hal: Anda terlalu money oriented sejak awal blogging.

Tidak ada yang lebih hebat lagi untuk membuat blog Anda keluar menjadi pemenang. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

73 Komentar

  • Terkadang saya berpikir, apa iya blog ini bisa saya kembangkan? Padahal saya nge-blog lewat handphone.
    Dimana cara kerjanya sungguhlah rumit seperti halnya untuk mengedit sebuah artikel haruslah membuka sebuah aplikasi editor teks dahulu dan kemudian disimpan.
    Dibalik itu, blog saya ini juga masih menggunakan blog ponsel atau MyWapBlog.

  • ulasan yang bagus. membantu para blogger pemula untuk mengembangkan blog lebih baik lagi, thanks gan…..

  • siang gee jhon
    saya mau tanya nih, 2 hari yg lalu saya mencoba daftar GA dengan blog saya yg berbeda
    karna iseng saya coba login ke adsense ternyata bisa masuk. Tapi ada pesan dalam Adsense tersebut, seperti ini.

    Welcome to AdSense
    Your account is just one step away from being fully activated.
    Click the button below and you'll be guided through these last actions on your end:
    You've successfully created an ad unit
    Place the ad code on

    We'll take it from here.
    Once you've completed your last steps, you can sit back and relax. We'll get to work on the last step on our end for full activation of your account. When we're done, we'll send you an email to let you know.

    Menurut gee jhon apa yng harus di lakukan dalam pesan menyebut satu langkah lagi menuju full aprove, tapi saya udah pasang iklan juga pada GA.
    apa harus menunggu sehingga bisa di aprove sepenuhnya?

    tolong ya Gee Jhon, thanks 😀

  • @arya.
    sepertinya memang blm diapprove blognya, sehingga iklan tidak muncul. dan menurut saya, ada beberapa masalah:
    – jumlah artikelnya masih kurang banyak
    – coba tambahkan halaman kebijakan privasi
    – buang saja gadget tidak perlu di sidebar. Sisakan recent post, popular post, random post. Intinya jangan isi apapun di sidebar kecuali navigasi.

    setelah coba didaftarkan lagi, tapi saran saya, tunggu sampai 1 bulan dulu.

  • udah saya aktifkan iklan otomatis yang ada pada penghasilan tersebut,, betul jga sich tapi gee jhon jika penghasilan sesuai sama pembayaran domain saya tidak ke beratan hanya saja sedikit berlebihan. mohon maaf gee jhon tujuan sama hobby menurut saya ada manfaatnya karna itu akan membuat kita semakin bersemangat melangkah ke depan, cuma saya hanya kurang dalam memahami kebijakan dan ketentuan adsense. Jika gee jhon ada kesempatan silahkan kunjungi blog saya, apakah posisi iklan sangat berpengaruh agar bisa tampil, URL http://teknisikita.blogspot.com/
    😀

  • @arya.
    hmm.. gitu ya? seharusnya klo di tab penghasilan sudah terkait dan approve, harusnya iklan sudah muncul. Coba pasang iklan dengan gadget adsense, bisa ga?

    oya, sedikit mengomentari tentang ganti domain sia-sia jika ditolak. Tapi maaf, ini hanya pendapat saya saja. Mindset membuat blog HANYA BERTUJUAN untuk menjalankan adsense, menurut saya salah.

    Jadi menurut saya tidak akan ada yg sia2. Jikapun nanti ditolak, asalkan kita benar2 berusaha, diperbaiki apa yg kurang, pasti akhirnya akan diterima juga. Bahkan seandainya pun tetap ditolak selamanya oleh adsense, masih banyak kok peluang dapat uang dari blog. Bukan hanya adsense!

  • kalo di penghasilan udah teraprove gee jhon, udah ada ID pub adsense saya, jika saya mengganti domain hanya saja jika di tolak domainnya sia-sia aja donk…
    apa ada solusi lain buat menampilkan iklan di blog saya?

  • @dian.
    sama2…

    @arya.
    hmm… gitu ya….

    ya saya denger2, memang skarang semakin sulit saja mendaftarkan adsense. cara terbaik memang harus pake domain sendiri. tapi apakah dicoba dari tab penghasilan?

  • gee jhon saya udah kaitkan GA, tpi ada pesan seperti ini "Akun AdSense Anda diaktifkan hanya untuk menampilkan iklan di YouTube. Jika Anda ingin menampilkan iklan di situs yang berbeda, Anda harus memberikan kami dengan URL dari situs yang ingin menghasilkan uang"
    saya udah masukin URL saya tpi tidak di terima karna masih blogger.com
    apa saya harus membuat domain sendiri agar iklan saya muncul?
    atau ada cara lain gak?

  • saya sudah bisa login ke adsensenya tapi masih hosted account, sudah saya coba upgrade tapi harus make domain/TDL tidak bisa menggunakan blogger.com
    pada menu site management hanya link youtube saja yang ada, bingung ni gee jhon..
    saya harus bagaimana agar bsa berjalan semestinya?

  • @arya.
    itu artinya, blognya belum tardaftar untuk menjalankan adsense. Silakan mengajukan blognya melalui Dashboard Blogger tab penghasilan / earning jika masih menggunakan .blogspot.

  • salam gee jhon
    kenpa iklan saya tidak juga muncul ya? setelah saya lihat pada settingan adsense lebih tepatnya pada site management hanya ada site youtube.com saja. apa saya harus menambahkan sendiri site alamat blogger saya?
    tolong pencerahannya ya

  • Setuju sekali dengan pos di atas, saya melakukan kesalahan di point pertama sampai teman saya menyarankan untuk melakukan promosi, kritikan dari orang lain memang sangat membantu untuk menjadikan kita pribadi yang lebih baik

  • @bang deef.
    semua tergantung dari siapa target audiens kita. memang dalam bahasa kita yang mengenal tingkat2 kesopanan agak sedikit ribet (bandingkan dg b. inggris yang bisa hanya dengan menggunakan : "you" untuk semua).

    tapi dari semua itu, yang paling umum adalah kata 'anda'. Saudara tampak sepertinya sangat 'jauh', Anda lebih dekat. Jadi, saya sendiri memilih kata 'anda'.

    Namun jika audiens kita adalah remaja misalnya, maka kata 'sobat' bisa jadi pilihan.

  • jadi timbul satu pertanyaan ini mas.
    klo menurut mas sendiri kata seperti (anda, sobat, saudara,dll) itu sebenarnya yang baik untuk di gunakan yang mana ya ?
    mohon pemikirannya,

  • Owh…..tapi ak salah masang iklan nya mas,waktu ak simpan kode iklan di template salah letak nya,malah posisi iklan ada nya di atas nama/judul blog,itu gmna cara menghilangkan iklan tsb,…

  • Amin ya robal alamin……
    .. ..ini mas,pada alat webmaster tool ku menunjukan tabel kesalahan perayapan

    Yang menunjukan kalau setatus situs ku
    Kesalahan situs:
    DNS√
    Konektivitas server√
    Pengambilan robot txt√

    Kalau boleh nanya itu ada apa ya mas dengan blog ku itu?

  • @aez…
    hmmm…. ada sesuatu yang keliru dipahami dalam hal SEO, coba Mas Aez menggali informasi lebih dalam tentang SEO. Saya sendiri jujur tdk tahu tentang seo, tapi pemahaman yang benar maka sedikit banyak membantu setiap kali kita membuat konten baru di blog.

    Bicara seo, memang tidak ada habisnya, karena semua webmaster ingin agar halamannya muncul di pejwan Google, tapi menurut sy, yang terpenting bukan masalah "harus pejwan", tapi lebih kepada setiap artikel kita terekspos secara maksimal di mesin pencari. Karena pastinya tidak akan semua artikel blog kita akan muncul di halaman prtama pencarian. 🙂

    berikan lebih kepada upaya seo on-page… semoga makin moncer lagi blognya…..

  • Ak pernah mendaftarkan ke seo google mas,tapi Tidak muncul mas saat ak mencari di mesin pencarian…….ak kan dah mendaftarkan blog ak ke seo google,klw misalkan ak daftarin jg blog ak ke seo seo yang lain nya itu ngga apa apa tah mas,……

  • @aez…
    apakah artikelnya sudah diindex olh google? maksud Anda apakah tidak muncul di halaman pertama hasil pencarian? Atau tidak muncul di halaman berapapun? Coba pake tool SEO utk mengetahui muncul di halaman berapa artikel kita muncul dg target kw tertentu…. banyak kok tool semacam itu, googling aja..

  • Amin……

    Mas agar blog yang kita miliki selalu ada di pencarian utama saat orang mencari judul postingan yang sama seprti judul postingan kita itu gmna mas cara nya….karna,aku udah beberapa kali mencoba untuk mencari di mesin pencarian tapi ngga ketemu judul pistingan blog aku ngga bisa di temukan

  • Ia mas..cuman ak masih kurang bngt mas dg cara penulisan dan penjelasan atas konten yang ada di blog ku….makasih bngt atas masukan dan info nya mas,…sangat mmbantu bngt bgi ak yang pemula,.. a

  • @aez… sukurlah jika perlahan mulai mengerti, 🙂
    bagi seorang blogger, belajar terus belajar adalah kemestian. mengenai konten, ya tentu tdk apa2, apapun konten yg telah kita buat, bisa kita edit, perbaiki, tambahi bahkan dihapus sekalipun…

  • Aku bingung mas dengan topik apa yang harus aku tetap kan ke blog ak……
    Tapi stlah sering berkunjung ke postingan2 mas,skrng ak mulai ngerti……..
    Tpi ada yang masih ak tanyakan lagi mas
    Kalau misal kan isi konten yang udah ak tulis ke blog trus aku hapus sebagian postingan itu ngga apa apa tah mas,….

  • @aez.. saya tidak bisa menyarankan apapun mas. krn hanya mas Aez sendiri yg tahu topik apa yg terbaik dan cocok. Karena hal ini sangat berkaitan dengan banyak hal, seperti: minat, wawasan, keahlian, hobi dan sebagainya.

    intinya, pilihlah topik yang benar2 mas kuasai dan senangi. Jika, tidak maka ke depannya tidak mudah untuk dapat terus membuat update konten blog. Jadi sekali lagi, saya tidak berani menyarankan apa topik yang terbaik untuk mas Aez.

    Hanya saja perlu ingat, bahwa semua topik adalah baik, selama dikelola dg baik, dikuasai dg baik, dicari dan dibutuhkan orang, dan terpenting lagi, Anda bergairah di dalamnya….

  • Ia mas…..sangat membantu bnngt postingan postingan nya mas,…..kalau menurut mas,topik apa yang harus aku terapkan di dalam blog aku ….minta saran nya mas

  • @echa.
    mmmm… klo referensi sy kita tdk ada yg pasti ya. menurut sy terbaik adalah dengan melihat blog2 top dg topik yg sama dg kita. trs pelajari bagaimana desain mereka, bgm mereka menempatkan iklan, bagaimana mereka membagi kategori dsb. dari situ kita akan belajar bnyak hal. dan bisa menjadi sumber inspirasi.

    setelah itu baru kita buat versi kita sendiri.

  • @ahmad. memang yg terbaik adl niche blogging Mas Ahmad. terima kasih tlh mampir.

    @ferianto. ya betul mas. makanya sy menulis artikel ini, untuk pengingat, hehehe…. terima kasih juga atas kunjungannya.

  • artikel yang bagus
    ternyata pemikiran sy tentang blog yg menampilkan beragam topik itu kurang bagus
    bila ingin tahu ttg pajak lebih lanjut sila berkunjung ke pajakorporat.blogspot.com

  • @munawir. setelah saya buka dan lihat blognya, menurut saya Mas Munawir, blm memperbaiki kesalahan poin no. 3 di atas. Coba perbaiki lagi mas, pelajari penulisan ejaan yang baku dan benar. karena salah ketik, kurang tepat menggunakan kata dan kalimat sangat mengganggu pembaca, juga membuat tulisan tampak tidak profesional.

    masalah bisa diapprove Adsense atau tidak, sy tdk bisa memastikan mas, krn aslinya tdk ada yg tahu apa kriteria pasti yang diinginkan adsense. Mas tdk akan tahu klo tidak mencobanya. Namun, tentu saja harus perbaiki dulu apa2 yg kurang, salah satunya adalah yg sy sebutkan di atas.
    Sukses selalu buat Mas Munawir.