Menulis Konten

35+ Tempat Cari Foto dan Gambar Bebas Royalti

Pada dasarnya memang saya ini (karena pekerjaan) bisa disebut ‘pemburu’ gambar.

Saya suka mengumpulkan gambar atau foto-foto yang unik dan kreatif. Selain sebagai bahan desain juga seringkali hanya untuk dinikmati dan sumber inspirasi. Tidak ketinggalan juga untuk mempercantik postingan di blog.

Saya telah menghabiskan banyak waktu untuk mencari, mengunjungi situs-situs internet guna menemukan foto atau gambar yang saya inginkan.

Sebenarnya saya pernah menulis artikel: dimana mencari gambar untuk blog, disitu saya saya menyebutkan 3 tempat paling sering kunjungi untuk menemukan foto-foto yang saya cari.

Namun, ternyata banyak yang ‘kurang puas’ dan menanyakan dimana lagi dapat menemukan foto secara gratis untuk postingan blog dan keperluan lainnya.

cari gambar dan foto gratis

Untuk itu, kali ini saya berikan daftar website yang selama ini jadi langganan saya untuk mendapatkan gambar, foto, ilustrasi royalty free yang bebas Anda gunakan untuk berbagai keperluan.

Tidak semuanya ‘benar-benar gratis’ (banyak juga di antaranya yang benar-benar bisa download gratis), tapi semuanya adalah bebas royalti. Dan inilah daftarnya:

1. Google Image Search

Yang ini pasti Anda tahu kan? Bagaimanapun ini harus masuk daftar, karena merupakan tempat komprehensif untuk menemukan image di internet. Namun, perlu diingat tidak semua hasil pencarian adalah bebas hak cipta. Untuk itu kunjungi situs asli penyedia fotonya untuk memastikan Anda boleh menggunakannya secara bebas.

2. Yahoo! Image Search

Yah, bisa dibilang ini pesaing Google Image Search, jadi saya rasa cukup jelas. Di sini Anda dapat menggunakannya untuk menemukan foto yang sedang Anda butuhkan.

3. Bing Image Search

Selain dua di atas, ini pun tidak kalah. Sama seperti Google dan Yahoo, hasil pencarian tidak semuanya free, jadi, gunakan secara bijak dan hati-hati jangan sampai melanggar hak cipta orang lain.

4. Flickr

Flick adalah sebuah situs hosting image dan video gratis, layanan web dan komunitas online. Anda bisa menggunakan image dari sini untuk keperluan website dengan memberi kredit kepada pemiliknya.

5. Stock Exchange

Sebuah komunitas pecinta fotografi yang berbagi hasil karya mereka untuk digunakan secara gratis. Terdapat lebih dari 400.000 koleksi dari lebih dari 300.000 fotografer dari seluruh dunia. Tempat favorite mencari foto / gambar yang benar-benar free!

6. Pixabay

Sama dengan Stock Exchange, ini adalah komunitas berbagi foto dan image. Koleksinya tidak sebanyak SXC, tapi kualitasnya menurut saya rata-rata lebih bagus dari SXC. Anda bebas menggunakan foto dari situs ini tanpa atribusi karena semua free copy-righted.

7. Morgue File

Tersedia stok foto beresolusi tinggi yang dapat digunakan secara bebas dan gratis.

8. Getty Images

Selain gambar dan foto, disini Anda juga bisa mencari musik dan video.

9. Open Photo

Satu lagi komunitas fotografer yang berbagi stok mereka. Terdapat banyak kategori, alam, teknologi, binatang, arsitektur dan sebagainya.

10. Compfight

Ini adalah tool pencari gambar dari Flickr, tapi mereka juga mengatakan tidak berafiliasi dengan Flickr. Dengan Compfight Anda dapat menemukan image secara cepat dan efisien.

11. Image * After

Menyediakan image dan teksture beresolusi tinggi untuk tujuan komersial dan non-komersial. Diupdate hampir setiap hari.

12. StockVault

Situs berbagi stok foto. Tentu saja Anda bisa ikut serta di dalamnya, dan menggunakan image disitu secara gratis.

13. Free Images

Sumber image dan stok foto yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja. Koleksinya bebas digunakan untuk berbagai keperluan baik untuk website maupun untuk keperluan cetak.

14. FreeFoto

Koleksinya super banyak. Untuk memakainya di blog / situs, Anda harus memberi link dan atribusi.

15. Image Temple

Ini juga tempat untuk mendapatkan image bebas royalti untuk berbagai keperluan Anda.

16. Deviantart

Komunitas seniman. Terdapat banyak digital art, wallpaper art, traditional art dan banyak lagi.

17. FreeMediaGoo

Tidak ada batasan berapa jumlah yang Anda pakai, tidak juga memberi link. Semua bebas royalti.

18. Free Pixels

Baik untuk keperluan komersial maupun bukan, Anda dapat menggunakan image gratis dari sini.

19. Woophy

Singkatan dari World of Photography. Komunitas para fotografer berbagi karya mereka.

20. Kavewall

Kelihatannya lama tidak diupdate, tapi tetap masih tersedia banyak image yang bisa Anda cari disini.

21. FreeLargePhotos

Sumber gratis mendapatkan image untuk situs Anda, namun Anda diharuskan memberi backlink ke situs mereka.

22. Photogen

Anda bebas mengunduh. Gratis dan beresolusi tinggi. Hanya untuk penggunaan pribadi bukan untuk dijual kembali.

23. Free Stock Photography

Galleri image dan foto gratis. Mau dipakai untuk tujuan apapun, silakan.

24. Open Stock Photography

Untuk membantu para desainer menemukan image dan foto gratis yang mereka butuhkan.

25. Free Digital Photos

Tersedia ribuan gambar dan foto gratis siap didownload untuk keperluan komersial dan non-komersial. Tidak diharuskan registrasi untuk mengunduh.

26. EveryStockPhoto

Ini masih berupa search engine untuk foto. EveryStockPhoto mengindeks jutaan foto bebas royalti dari banyak sumber kemudian menyajikannya dalam halaman hasil pencarian yang terintegrasi dengan baik.

27. Ookaboo

Ookaboo adalah situs kumpulan gambar gratisan. Semua image di Ookaboo berada di public domain dan dibawah lisensi Creative Common, yang berarti Anda dapat menggunakan image yang ada disitu untuk website Anda, atau proyek kreatif lainnya.

28. FreePhotosBank

Semua foto atau gambar yang diunggah oleh admin dengan username: “freephotosbank” bebas dan gratis untuk digunakan keperluan website, buku dan majalah dan sebagainya. Anda tidak diperkenankan mengunduh foto untuk dijual atau pun dimodifikasi untuk keperluan komersial.

29. WallpaperStock

Situs ini menyediakan stok foto gratis, wallpaper gratis, background dan lain-lain. Kualitasnya lumayan bagus.

30. FreeRangeStock

Stok fotografi gratis, baik untuk penggunaan komersial maupun non-komersial. Semua image dan teksture bisa didapatkan dengan resolusi tinggi.

31. Shuttershock

Menyediakan jutaan image bebas royalti, stok foto, vector, ilustrasi dan sebagainya.

32. Fotolia

Di Fotolia Anda bisa membeli ataupun menjual foto bebas royalti, jadi selain Anda bisa mendapatkan foto yang diinginkan, disini juga Anda bisa menggali penghasilan tambahan dengan mengupload stok foto yang Anda miliki.

33. Photocase

Photocase adalah komunitas stok fotografi bebas royalti. Anda bisa membeli foto bebas royalti untuk keperluan komersial maupun non-komersial.

34. Aarin Free Images

Aarin menawarkan image digital yang benar-benar gratis. Disitu Anda juga bisa menemukan tips-tips desain web untuk membantu Anda mendapatkan ide untuk desain, dan juga manipulasi gambar.

35. Free Photograph Networks

Foto yang ada disini hanya boleh dipakai untuk kebutuhan non-komersial, dan bisa digunakan secara gratis. Sayangnya jumlah koleksinya tidak terlalu banyak.

36. PD Photo

Ribuan gambar bisa Anda pakai secara gratis. Namun tidak semuanya, ada gambar-gambar tertentu yang tidak gratis. Jadi Anda harus melihat lisensi pada masing-masing gambar sebelum mengunduhnya.

37. Animation Factory

Situs ini menyediakan template powerpoint, background powerpoint, clipart animasi, dan background video untuk bisa digunakan website, email dan lainnya.

38. BigStockPhoto

Seperti dari namanya, koleksi situs ini benar-benar banyak sekali. Hampir semua kebutuhan image Anda dapat diperoleh disini, dan termasuk koleksi bebas royalti.

Itulah daftar website tempat Anda bisa menemukan gambar dan foto yang Anda butuhkan. Ingat selalu, bahwa foto dari hasil dari mesin pencarian tidak semuanya gratis dan bebas digunakan, pastikan dengan mengunjungi situs aslinya untuk memastikan. Hormati selalu hak cipta dan lisensi pada setiap gambar yang Anda download.

Saya tahu, pasti sulit untuk mengingat semua daftar situs di atas, untuk itu silakan bookmark halaman ini untuk referensi sewaktu-waktu Anda butuhkan. Semoga bermanfaat.

Oya, Anda bisa menambahkan situs lain? Silakan berbagi melalui kolom komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

72 Komentar

%d blogger menyukai ini: