Menulis Konten

10 Tips untuk Menulis Artikel Terpopuler Anda Berikutnya

Satu artikel populer bisa menyumbang trafik 10 kali lebih banyak dari 10 posting lainnya di blog Anda.

Kali ini saya akan memberi Anda 10 tips, yang akan membantu Anda membuat artikel yang akan menjadi artikel terpopuler Anda berikutnya.

10 hal di bawah ini adalah kunci utama saya dalam menulis setiap artikel di blog ini. Memang tidak ada sebuah petunjuk pasti bagaimana menghasilkan artikel yang ‘luar biasa’, yang akan menjadi artikel terpopuler di blog Anda sepanjang waktu. Namun, Anda tidak akan memiliki peluang lebih besar, jika Anda tidak mencobanya.

Saya yakin, 10 tips di bawah ini, jika Anda pahami dan jalankan dengan baik, akan memberi dampak besar terhadap tulisan-tulisan Anda berikutnya:

1. Waktu jauh lebih penting dari hanya sebuah bakat

Ketika ada seseorang yang bertanya kepada saya, apakah Anda berbakat menjadi penulis? Jawabannya mungkin ya, mungkin juga tidak. Saya sendiri merasa tidak berbakat, saya hanya menghabiskan cukup  banyak waktu untuk menulis sebuah artikel.

Dan nyatanya, setiap kali menulis artikel pilar untuk blog ini, saya bisa menghabiskan waktu beberapa hari, bahkan artikel “Mendapatkan Uang dari Adsense: Sebuah Panduan Lengkap dari Nol” saya selesaikan dalam waktu 1 minggu!

Memang tidak selama satu minggu itu saya hanya menulis artikel tersebut, satu hari saya memberi waktu 1 – 2 jam menggarapnya. Jadi, jika digabungkan, untuk merampungkan artikel tersebut, saya butuh waktu kurang lebih 14 jam!

Poin penting yang ingin saya sampaikan adalah, jangan terburu-buru membuat artikel hebat. Beri waktu yang cukup, sampai Anda benar-benar puas akan hasilnya.

Dengan waktu yang lebih lama, artinya Anda bisa memformat, mengedit, memperbaiki kesalahan dengan lebih baik, memberi lebih banyak nilai lebih, melengkapi artikel dengan image, infografis atau video dan sebagainya.

Berilah waktu yang cukup banyak untuk artikel Anda, Anda akan melihat sebuah hasil karya terbaik dari yang pernah dibuat sebelumnya.

2. Gunakan ide Anda yang terbaik

Sebuah posting menjadi populer bukanlah sebuah kebetulan. Ia tidak akan menjadi populer, sampai ia bisa memberi nilai lebih dan manfaat yang nyata.

Apa masalah di topik blog Anda, yang belum pernah diulas secara mendalam oleh orang lain? Bisakah Anda merangkum banyak sumber informasi dan nilai manfaat di satu tempat?

Semakin banyak artikel Anda dapat membantu orang lain, semakin bagus dan luar biasa, tentu semakin populer lah artikel tersebut.

3. Pilih judul terbaik

Mungkin ada satu dua blogger yang sangat menguasai seni membuat judul posting yang hebat, mereka orang-orang bertalenta lebih, dan itu adalah pengecualian.

Bagi Anda dan saya, yang tidak terlalu berbakat, harus melakukan upaya ekstra untuk mendapatkan judul posting hebat bagi artikel kita. Sebelum memutuskan apa judul yang akan digunakan, tulislah 5 – 10 pilihan judul yang akan Anda gunakan. Ambil waktu 10 – 15 menit untuk mendapatkan judul posting mana yang terbaik.

Judul posting adalah salah satu kunci sukses tidaknya artikel Anda. Sudah seharusnya Anda memberi waktu lebih membuatnya.

Baca 3 buah artikel yang akan membantu Anda dapat membuat judul artikel terbaik:

4. Format artikel Anda secara yang baik

Buatlah artikel Anda asyik dibaca. Tonjolkan bagian-bagian penting dari artikel, dengan melakukan formatting yang tepat. Gunakan gambar, quote, cetak tebal, ukuran dan warna huruf, guna menonjolkan ide-ide pokok dalam artikel Anda. Satu lagi, beri ruang kosong cukup banyak dengan membagi paragraf panjang menjadi beberapa bagian.

5. Beri nilai manfaat yang banyak

Pernahkah Anda mem-bookmark satu halaman web, sebelum Anda selesai membaca keseluruhannya?

Saya sering, dan saya yakin Anda pun pernah melakukannya. Ini karena Anda menemukan faktor ‘wow… !’ Sesuatu yang membuat Anda antusias, sangat tertarik, karena Anda berfikir telah menemukan banyak informasi berguna dalam satu tempat.

Dibanding menulis 5 tips, kenapa tidak menulis 25 tips? Dibanding memberi 9 tips, kenapa tidak memberi 30, 50, 100+?

6. Percantik artikel Anda

Jika posting Anda terlihat bagus, ia akan menarik perhatian pembaca. Sempatkan untuk menyematkan gambar, buatlah infografis, format tulisan agar tampil lebih cantik.

Pastikan artikel Anda sedap dipandang mata. Di saat begitu banyak posting blog dibuat biasa-biasa saja dan cukup membosankan, buat artikel Anda menonjol dengan tampilan yang memikat.

7. Katakan kepada pembaca, apa yang akan Anda berikan

Kebanyakan pembaca akan membaca sekilas atau bahkan melewati sama sekali kalimat pembuka yang tidak penting yang Anda tulis di awal artikel. Mereka lebih menyukai mencari langsung poin utama dari apa yang Anda sajikan.

Karena itu, sejak awal, katakan kepada mereka poin utama dari artikel Anda. Buat mereka tetap terus membaca dari awal sampai akhir, dengan menggunakan kalimat pembuka yang tepat.

Kalimat atau paragraf pertama adalah bagian paling menentukan, apakah pembaca akan terus membaca atau memutuskan untuk meninggalkan artikel Anda.

8. Mintalah kepada pembaca setia Anda

Jika Anda menginginkan artikel Anda dibagikan oleh pembaca ke Google+, Twitter atau Facebook mereka, tidak ada alasan Anda hanya diam dan berharap itu terjadi.

Mintalah kepada mereka!

Pembaca Anda yang setia, menyukai Anda. Anda menghibur mereka, membantu mereka, mengajari mereka sesuatu yang berguna. Jika untuk men-share posting Anda semudah mengklik satu tombol, maka mereka akan dengan senang hati melakukannya.

9. Kirimkan pesan melalui link

Cara terbaik menarik perhatian blogger lain untuk mengeskplorasi blog Anda adalah dengan memberi mereka sebuah link. Kita semua memiliki semangat dan rasa ingin tahu yang besar tentang apa yang dikatakan orang lain tentang blog kita.

Jika posting Anda menjadi begitu populer, maka setiap link di dalamnya juga akan berpotensi mendapatkan trafik yang tidak sedikit. Jangan pelit memberi link keluar saat Anda menulis posting populer Anda. Ini memberi alasan bagi blogger lain untuk memberi perhatian lebih dan memberi link kembali ke blog Anda.

10. Belajar dari yang sudah ada

Pelajari posting populer Anda yang sudah ada. Cari tahu alasan mengapa mereka bekerja baik? Apa nilai manfaat yang diberikan? Bagaimana cara mereka ditulis?

Dalam hal ini, Anda juga bisa mempelajari artikel dari blog lain di niche Anda. Apa yang membuat artikel tersebut menjadi populer?

Setelah menemukan kualitas artikel populer Anda sebelumnya atau artikel blog lain, ambillah kualitas tersebut, dan berikan untuk posting artikel Anda sendiri berikutnya.

Nah, itulah 10 tips terbaik yang bisa saya berikan untuk membuat artikel populer Anda berikutnya. Tidak ada yang lebih menggembirakan bagi seorang blogger, kecuali melihat artikel yang mereka buat dibaca dan dibicarakan ribuan orang. Keep happy blogging, semoga bermanfaat.

Berilah pendapat Anda sendiri melalui komentar. Terakhir, jika Anda merasa tulisan ini bermanfaat, bagilah kepada teman Anda.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

7 Komentar

  • @coba.
    terima kasih atas apresiasinya. Mengenai pertanyaannya: tergantung dari kebiasaan, ide yg muncul, dsb. intinya, tdk ada patokan membuat artikel harus mulai dari mana. Bisa dari judul, bisa juga dari isi artikelnya sendiri, baru kemudian memilihkan judul yg baik.

    Tapi yg terpenting adalah, kita telah memiliki ide dan gagasan secara utuh apa yg ingin disampaikan. Sebelum menulis, kita sudah memiliki kerangkan dan gambaran hasil akhir dari tulisan kita. Sukses selalu….

    Terakhir, ya… silakan dibookmark 🙂

  • Cukup bermanfaat ini artikel bagi ane mas, terima kasih sharenya.
    Ane baru jumpa blog ini dan ini blog sangat luar biasa.
    Infonya menarik dan lugas.

    Mas, ane punya pertanyaan : bagaimana step pertama dalam membuat sebuah artikel? Apakah dimulai dari menentukan judul yang menarik terlebih dahulu atau gimana?