Blogging Dasar

Menjadi Blogger yang ‘Ahli’ Itu Mudah!

Sudah berapa lama Anda menjadi blogger? Sudah berapa banyak blog yang Anda buat? Apakah Anda masih belum bisa menghasilkan uang blog Anda?

Apakah Anda selalu meloncat dari satu topik ke topik lainnya, karena merasa Anda tidak begitu ahli di satu topik tertentu, sehingga membuat blog baru lagi? Atau pun akhirnya memutuskan untuk membuat blog yang ‘campur aduk’ dengan banyak topik?

Apakah kata ‘ahli’ membuat Anda risau serta membuat tidak percaya diri sebagai seorang blogger?

Anda, tidak sendirian. Umum terjadi, seorang blogger memeras otak mencari topik yang paling tepat, memilih satu topik yang Anda merasa paling ahli di bidang tersebut.

Pada artikel menjadi blogger yang percaya diri, saya mengulas bahwa salah satu yang membuat seorang blogger tidak percaya diri adalah karena merasa tidak ‘ahli’ untuk menyampaikan suatu ide di bidang tertentu.

Anda berpikir, bahwa untuk dapat menjadi seorang ahli, Anda harus memiliki gelar di bidang tersebut, atau memiliki pengetahuan yang sangat luas agar mampu memberi pengajaran kepada orang lain.

Anda salah!
Kita semua adalah seorang yang ahli dalam tingkatan tertentu!

Sejak beberapa waktu lalu, saya meluncurkan blog baru, yaitu Panduan Membuat Blog Sukses, dan beberapa hari kemudian, ada seorang kawan mengatakan kepada saya:

“Gee, buat blog baru yah?”

“Ya”, jawab saya.

“Kayaknya, blog baru itu tidak akan sukses Gee, karena saya lihat isinya terlalu dasar, saat ini hampir semua orang sudah tahu apa itu blog, bagaimana cara membuatnya dan sebagainya. Intinya, apa yang Anda sajikan di blog itu sudah basi dan TERLALU MENDASAR. Jadi rasanya kurang bermanfaat untuk orang banyak.”

Kawan yang satu ini juga mengatakan bahwa untuk sukses membangun blog, kita harus menjadi seorang ahli. Ya, dalam hal ini saya setuju.

Yang saya tidak setuju adalah, jika untuk menjadi (tampak) ahli kita tidak boleh menyampaikan sesuatu yang sederhana, mendasar, yang paling mudah.

Saya tidak marah, disumpahin (hehe…) blog baru saya tidak akan sukses, karena saya mengerti bahwa kawan saya itu mengartikan kata ‘ahli’ secara salah.

Betul. Apa yang saya sajikan di Ngeblog Cara GeeJhon, sangat tidaklah cocok jika dibaca oleh seorang blogger veteran yang sudah mengelola blog bertahun-tahun, atau seorang yang sudah menghasilkan $1000 / bulan dari blognya, dan jelas, bukan untuk mereka saya membuat blog tersebut.

Ini poin pentingnya:

Setiap orang adalah AHLI di suatu bidang tertentu, pada level tertentu, karena akan SELALU ada orang yang memiliki pengetahuan lebih rendah dari Anda di bidang tersebut.

Jangan merasa rendah diri

Banyak blogger tidak percaya  diri sekaligus minder, merasa rendah ketika meluncurkan blog pertamanya, karena melihat begitu banyak blog lain yang serupa menyajikan topik yang sama dengan sangat ahli, dan jauh lebih baik dari blog mereka sendiri.

Jangan merasa rendah diri, karena merasa tidak terlalu ‘ahli’ di topik blog yang sedang Anda kelola. Apalagi sampai hal itu menghambat untuk menyampaikan pengetahuan yang Anda miliki. Yakinlah, bahwa seberapapun yang Anda ketahui, selalu ada orang yang pengetahuannya di bawah Anda.

Informasi yang disajikan, memang adalah bagian sangat penting bagi kesuksesan satu blog. Tapi itu bukan satu-satunya. Gaya tulisan Anda, cara penayajian, pengorganisasian konten, dan sebagainya juga tidak kalah penting dalam sukses tidaknya sebuah blog. Itu adalah sebuah paket utuh.

Coba, Anda lakukan sedikit riset pada kompetitor terberat Anda. Saya jamin, Anda akan menemukan celah dan bagian yang dapat Anda buat lebih baik lagi. Selalu ada ruang terbuka untuk kreativitas dan perspektif baru.

Jangan pernah menghindari sebuah topik yang begitu Anda bergairah terhadapnya, hanya karena omongan orang lain atau blog lain yang Anda anggap lebih hebat dan lebih ahli.

Saatnya, kita mendifinisikan ulang kata ‘AHLI’. Jika itu berkaitan dengan informasi yang Anda sajikan melelui blog, itu tidak berarti Anda harus mengetahui segalanya.

Yang dibutuhkan hanyalah, Anda menyajikan sebuah informasi dengan cara yang segar, cara yang unik untuk mencapai audiens yang ingin belajar sesuatu yang Anda miliki.

Sebagai penutup, tentu saja saya tidak sedang menyarankan kepada Anda untuk tidak perlu senantiasa meningkatkan pengetahuan dan keahlian, serta meningkatkan kualitas blog Anda. Tidak! Saya hanya tidak ingin Anda diam, merasa minder, tidak percaya diri, tidak segera menulis konten, hanya karena Anda merasa blog Anda tidak layak disejajarkan dengan blog lain.

Galilah diri sendiri lebih dalam. Anda saat ini sudah menjadi seorang ahli dalam banyak hal. Anda tidak perlu mengetahui lebih banyak dari semua orang. Tapi cukup Anda menemukan sekelompok orang yang membutuhkan apa yang Anda miliki saat ini, dan ‘bicaralah’ kepada mereka.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

14 Komentar

  • Iya gan, kita ndak perlu ahli dulu. Kalau bisa melalui kegiatan blogging keahlian kita yang masih belum seberapa bisa kita tingkatkan lagi. Mereka yang akhirnya jadi bener2 ahlli justru mereka yang terus belajar dan mengajar…

  • maturtengkiyu Mas ,,,, Yang penting memang gaya penulisan dan tingkat PD seseorang untuk bisa sedikit lebih ke arah sukses dalam blogging ….

    pokoknya mantap Deh ,,, 🙂

  • @semuainfo.
    nah, brati itu pertanda bagus mas… teruskan, hanya saja saatnya belajar lebih dalam, paling tidak dari komen prtanyaan yg masuk bisa jadi awal tuk mencari tahu lbh banyak ttg kesehatan.yakin lambat laut, akan jadi ahli beneran. 🙂 sukses buat semuainfo.

  • Saya juga sebenarnya gk ahli dalam kesehatan, tapi akhir-akir ini kok rajin nulis sesuatu tentang tips kesehatan, sampai mungkin saya dikira ahli dalam hal tersebut, ada beberapa pertanyaan yang masuk di komentar yang berhubungan dengan kesehatan tapi saya tidak bisa menjawabnya karena saya bukan ahli di bidang itu hehhehehe…

  • @kang yono. salam sukses juga buat kang Yono deh. Yaudah sekarang coba sekarang pupuk lagi semangatnya ah! hehehe… lebih fokus, sediakan waktu setiap hari untuk mengurus blog, entah 2 jam, entah 3 jam. yang penting kang yono melakukan ssuatu terhadap blognya. Pasti, saya yakin akan berdampak banyak pada kualitas blognya. Makasih ats komentarnya, lumayan dpt pertamax, hehe….

    • om gee, saya termotivasi kemudian ingin dan serius dalam dunia bloging . saya menyukai banyak hal om ..
      kemudian saya riset salah satunya kesini,menyarankan untuk fokus pada satu topik,namun di luar sana juga ada yang berhasil dgn blog gado . sy bingung om antara membuat blog satu topik atau membuat blog dgn topik apa saja yang sy sukai . nah saran om gee gmn nih?

  • Salam sukses bang, ane juga masih belum bisa fokus dalam ngeblog, baik topik maupun semangat, belum jelas arahnya kemana, ini juga blog sudah lama tidak di update he heee, masih angot-angotan, kadang semangat kadang loyo

%d blogger menyukai ini: