Desain Blog

Kesalahan Utama Desain Blog yang Harus Dihindari

Pada artikel Sukses Blogging? Percantik Desain Blog! saya telah menekankan pentingnya peranan desain terhadap kesuksesan suatu blog.

Desain yang cantik, bukan saja menarik minat pengunjung baru, namun juga membuat mereka betah berlama-lama mengeksplorasi blog Anda lebih jauh.

Nah, salah satu unsur penting dari desain blog yang mesti diperhatikan, adalah pemilihan warna teks dan warna background atau latar belakang.

Kesalahan paling umum dan masih banyak saya lihat dilakukan oleh blogger, adalah mereka menggunakan teks putih dengan latar belakang hitam atau warna gelap.

Saya katakan ini adalah sebuah kesalahan. Sama seperti halnya menggunakan ukuran huruf terlalu kecil, memilih jenis huruf ‘hias’ sebagai teks paragraf, kombinasi warna yang ‘aneh’ (teks putih diatas biru, merah tua diatas hijau muda, dan sebagainya yang memberi kesan blog Anda terlihat amatir).

Kenapa?

Karena itu membuat teks artikel Anda sulit untuk dibaca, dan akhirnya pembaca blog Anda kabur!

Teks putih pada latar belakang hitam, lebih sulit untuk dibaca. Warna putih pada teks memantulkan semua cahaya yang mengenainya. Dan karena teks saling berdekatan, maka pantulan cahaya tadi akan mengenai teks di sampingnya, sehingga menyebabkan bentuk huruf menjadi tidak jelas. [sumber]

Inilah yang menyebabkan mata cepat lelah berlama-lama menatapnya. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung blog. Jika mereka merasa tidak nyaman, maka mereka akan segera meninggalkan blog Anda.

Kombinasi warna paling umum digunakan adalah teks hitam dengan latar belakang putih, yang mana paling mudah dibaca. Teks hitam menyerap semua cahaya, sehingga bentuk huruf terlihat lebih jelas, menjadikannya lebih mudah dibaca.

Ini adalah teks hitam di atas latar belakang putih yang lebih mudah dibaca, karena cahaya yang mengenai tulisan tidak dipantulkan, tapi diserap semuanya.
Ini adalah teks putih di atas latar belakang hitam, yang sulit dibaca, karena cahaya yang mengenai tulisan dipantulkan dan mengenai huruf di sampingnya.

Pada prakteknya, Anda bisa melakukan variasi antara teks abu-abu paling gelap pada latar belakang abu-abu paling gelap.

Jika demi desain, Anda terpaksa harus menggunakan warna background hitam atau warna gelap lainnya, maka, alih-alih menggunakan warna putih untuk teks, gunakanlah warna abu-abu terang. Ini akan membuat tulisan lebih mudah dibaca, karena tidak semua cahaya dipantulkan oleh teks.

Tapi benarkah teks hitam diatas warna putih adalah yang terbaik? Bagaimana jika saya tetap ingin memakai latar belakang warna gelap? Mari saya perjelas lagi!

Ini adalah teks hitam di atas latar belakang abu-abu terang, yang lebih mudah dibaca dibanding latar belakang putih karena lebih sedikit cahaya yang dipantulkan dari belakang teks.

Begitu juga menggunakan latar belakang abu-abu terang dengan teks warna hitam, akan lebih nyaman dibaca dibandingkan dengan latar belakang putih.

Ini adalah teks abu-abu terang di atas latar belakang hitam, yang lebih mudah dibaca dibanding teks putih di atas latar belakang hitam, karena lebih sedikit cahaya yang dipantulkan oleh teks.

Apakah selamanya teks putih di atas latar belakang hitam adalah buruk?

Sebenarnya tidak juga. Menurut saya, menggunakan teks putih dengan latar belakang gelap tetap bekerja baik, terutama untuk menonjolkan bagian-bagian penting dari artikel Anda. Seperti untuk ‘blockquote’ misalnya.

Jadi kesimpulannya, jika untuk menonjolkan bagian-bagian tertentu dari artikel Anda, menggunakan teks putih di atas latar belakang gelap atau hitam, masih bekerja dengan baik, seperti ‘blockquote’ ini. Namun jika digunakan untuk keseluruhan teks, itulah yang harus dihindari.

Satu hal lagi perlu diperhatikan, jika Anda berada di ruangan gelap atau kurang penerangan yang cukup baik, maka membaca teks putih di atas latar belakang hitam, akan sangat melelahkan.

Nah, itulah bagian penting dalam desain blog Anda yang mesti Anda perhatikan dengan baik. Pilihlah warna teks dan background yang nyaman untuk pembaca Anda berlama-lama menikmati konten blog Anda.

Anda memiliki pendapat lain? Silakan berbagi melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

16 Komentar