Google Adsense

3 Jenis Penargetan Iklan Adsense: Mana yang Memberi Hasil Terbaik?

Google Adsense lebih dikenal sebagai program periklanan kontekstual (contextual advertising). Dimana iklan yang iklan yang muncul akan menyesuaikan secara otomatis dengan konten halaman situs.

Tapi, sebenarnya Adsense tidak melulu melakukan penargetan iklan mereka secara kontekstual, masih ada 2 macam lagi jenis penargetan, yaitu: penargetan berbasis minat dan penargetan penempatan.

Mari, kita lihat satu per satu:

Penargetan kontekstual

Kebanyakan iklan Adsense yang muncul di blog Anda adalah jenis penargetan kontekstual. Iklan muncul di situs atau blog Anda, karena konten Anda relevan terhadap iklannya.

Google menentukan iklan mana yang muncul setelah proses lelang, dimana setiap iklan yang relevan dengan konten Anda bersaing satu sama lain. Penawar tertinggi yang akan menang, sehingga setiap iklan yang muncul di blog Anda dipastikan adalah iklan bernilai paling tinggi yang sesuai dengan konten Anda.

Penargetan berbasis minat

Iklan yang muncul berdasarkan kegiatan Anda surfing di internet. Sebagai contoh, jika sebelumnya Anda sering mengunjungi situs tentang pasar stok, maka ketika Anda mengunjungi blog lain yang memasang Adsense, maka kemungkinan besar iklan yang muncul adalah iklan tentang pasar stok.

iklan berbasis minat pengguna Adsense

Hal ini membuat iklan lebih relevan terhadap minat pengunjung, bukan terhadap konten blog Anda sendiri. Karena itu, dari hasil pengamatan saya, iklan berbasis minat selalu memiliki CTR lebih tinggi dari jenis penargetan lainnya. Jika dibandingkan penargetan kontekstual nilai CTR beberapa kali lipat lebih tinggi.

Anda dapat menonaktifkan jenis penargetan berbasis minat ini dari tab Izin iklan >> Penayangan iklan. Namun sebaiknya Anda tetap membiarkannya aktif, karena terbukti memberi CTR lebih tinggi.

Penargetan penempatan

Jika Anda melihat laporan kinerja Adsense, jenis penargetan ini biasanya lebih sedikit dibandingkan 2 jenis penargetan lainnya.

Tapi, jenis penargetan ini adalah yang terbaik, karena di sini, pengiklan sendiri yang menginginkan iklan mereka tampil di blog Anda. Seolah-olah pengiklan berpesan kepada Google:

“Hai, saya ingin menampilkan iklan di halaman tertentu, ukuran tertentu dan posisi tertentu, dan saya siap membayar lebih.”

Dan untuk bisa tampil, mereka (pengiklan) harus mengalahkan semua iklan lainnya dari penargetan kontekstual dan berbasis minat. Karenanya, iklan dengan penargetan penempatan dipastikan adalah yang tertinggi nilai BPK-nya.

Periksa laporan Anda

Untuk mengetahui berapa besar yang Anda dapatkan dari masing-masing jenis penargetan, pergilah ke halaman Laporan Kinerja. Kemudian di sebelah kiri, pilih Jenis penargetan. Di situ Anda bisa melihat kinerja masing-masing jenis penargetan.

iklan penargetan penempatan Adsense

Biasanya Anda akan melihat, sebagian besar penghasilan berasal dari penargetan kontekstual. Namun, jika Anda mendapati sebagian besar pendapatan Anda berasal dari penargetan penempatan, selamat! Berarti Anda telah dalam kondisi maksimal mendapatkan hasil dari Google Adsense.

Lalu bagaimana cara mendapatkan jenis penargetan penempatan?

Seperti yang pernah saya singgung dalam artikel:ย Melacak Kinerja Iklan Adsense Menggunakan Saluran Khusus, untuk mendapatkan pengiklan berdasarkan target penempatan, maka Anda mesti membuat saluran khusus dengan penargetan penempatan.

Lebih jauh bagaimana membuatnya, silakan baca:ย Membuat Saluran Khusus dengan Penargetan Penempatan.

Kesimpulan

Jadi manakah yang memberi hasil terbaik?

Jika dilihat dari nilai BPK, jelas penargetan penempatan adalah yang terbaik. Namun karena jenis penargetan ini adalah sepenuhnya ‘pesanan’ dari pengiklan, maka lebih sulit mendapatkannya. Anda harus menyajikan konten yang berkualitas dan ramai pengunjung untuk dipilih oleh pengiklan sebagai target iklan mereka.

Jenis penargetan berbasis minat, meskipun Anda dapat menonaktifkannya, namun karena memberikan CTR yang lebih baik, maka tidak ada alasan Anda tidak memakainya.

Sedangkan bagi kebanyakan kita, iklan kontekstual masih akan memberikan penghasilan terbesar dari Adsense. Jadi, silakan Anda menyimpulkan sendiri, hehehe….

Sukses selalu untuk kita semua. Jangan lupa, jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada teman Anda. Ada pertanyaan? Mari kita berdiskusi melalui kolom komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

25 Komentar

%d blogger menyukai ini: