Blogging Dasar

3 Fase yang Mesti Dilewati Seorang Blogger. Dimana Posisi Anda?

Dalam perjalanannya, seorang blogger akan mengalami beberapa tahap atau fase sepanjang karirnya dalam blogging.

Dimulai dari awal mengenal dunia blogging itu sendiri, mengetahui bahwa dari blog bisa mendapatkan uang, mulai membuat blog, dan seterusnya. Sayangnya banyak blogger, hanya terhenti di fase kedua.

Apa saja tahapan yang mesti dilewati?

Nah, ini 3 fase yang biasanya akan dialami blogger:

1. Fase penuh gairah

Satu hari Anda browsing internet, tiba-tiba Anda menemukan satu situs yang amat menarik perhatian.

Situs tersebut mengajari Anda cara membangun blog atau website milik Anda sendiri. Mulai dari memilih aplikasi blogging, membeli hosting, dan langkah-langkah lainnya.

Dikatakan pula, hanya dalam waktu beberapa jam saja, Anda sudah bisa membuat blog. Terima kasih kepada aplikasi blogging yang mudah digunakan seperti blogger dan wordpress.

Diajarkan juga strategi membuat konten, cara berpromosi, tentang SEO dan segudang tips lainnya yang membuat blog Anda sukses. Dan… ini bagian yang teramat menarik perhatian: Anda bisa menghasilkan uang berlimpah dari blog!

Pikiran Anda mulai menjadi ‘liar’. Berbagai ide tentang blog Anda bermunculan dalam kepala. Seperti seorang anak kecil yang berada di toko mainan, Anda dihadapkan kepada begitu banyak pilihan.

Akhirnya, masih dengan semangat dan gairah yang sama, Anda mulai menetapkan topik blog yang terbaik. Anda puas, tersenyum, dan membayangkan blog Anda akan tampil sempurna.

Anda merasa seolah blogging menjadi satu-satunya ‘tujuan’ Anda saat itu. Anda mulai senang menulis, Anda menikmati berjam-jam duduk di depan komputer, Anda menikmati belajar segala sesuatu tentang internet marketing.

Anda mulai malas bekerja di kantor, ingin segera pulang ke rumah, kemudian berkutat dengan blog baru Anda. Di dalam hati Anda berkata: saya bisa melakukannya, dan menghasilkan uang!

Perjalanan panjang sebagai seorang blogger akhirnya dimulai. Anda mulai menulis dan mendesain. Di kamar mandi, di halte, di taman, Anda hanya memikirkan, apalagi yang perlu dilakukan membuat blog saya menjadi lebih baik?

Gambaran di atas, mungkin terlalu ekstrim. Tapi intinya, Anda begitu bergairah. Itu memang sudah seharusnya. Membangun blog / website baru adalah sesuatu yang sangat menyenangkan, sebuah pengalaman mengasyikkan.

Membuat sesuatu dari nol, belajar hal baru, bermimpi masa depan.

2. Fase kecewa

Gairah dan semangat adalah sesuatu yang hebat, karena dua hal itu akhirnya sekarang blog Anda telah ‘lahir’, dan siap untuk dinikmati oleh siapa saja.

Anda telah menghabiskan banyak waktu, Anda telah bekerja keras memahami sedikit demi sedikit html dan css yang membuat pusing kepala. Bagian tersulit telah Anda lalui, dan kini tinggal menunggu ‘ganjarannya’: popularitas dan uang!

Sayangnya….

Bagi mereka yang sampai pada fase ini, kenyataan yang ada seringkali sangat berbeda dengan harapan. Anda heran dan tak percaya. Kecewa, dan….

M E N Y E R A H !

Blog Anda telah berusia 3 bulan, dan Anda hanya mendapatkan rata-rata 15 kunjungan per hari, serta hanya menghasilkan 3 dollar!

Semua kerja keras itu, semua semangat itu, semua usaha tak kenal lelah itu, semua malam-malam yang dihabiskan di depan komputer: menulis, mendesain, berpromosi, belajar. Untuk apa? Untuk 15 pengunjung dan 3 dollar?

Anda terlalu kecewa untuk terus melanjutkan. Anda sudah kehilangan energi untuk menulis konten baru. Anda sudah tidak punya lagi gairah untuk belajar.

Pada fase inilah, kebanyakan blog akhirnya mati. Mereka menyerah, lalu meneruskan hidup mereka seperti sebelumnya, sembari meyakini bahwa bisnis online terutama membangun blog untuk menghasilkan uang adalah sesuatu yang ‘tidak realistis’, harus ditinggalkan jauh-jauh.

Amat disayangkan, kebanyakan blogger baru, menyerah di tahap ini. Tapi, beberapa di antara mereka ada yang bertahan. Mereka menghadapi fase kekecewaan ini dengan rasa optimis, mereka siap menuju fase selanjutnya dan merupakan fase yang paling penting dari semuanya.

3. Fase realistis

Setiap orang akan melalui dua fase sebelumnya, tapi hanya sedikit orang yang sampai pada fase ketiga ini. Fase kedua, seolah menyaring mereka yang tidak memiliki keyakinan yang kuat terhadap blognya sendiri.

Yang tersisa sampai pada fase ini adalah mereka yang berpikir realistis, bahwa untuk membangun blog yang sukses menghasilkan uang, butuh kerja keras dan yang lebih dari itu: butuh waktu.

Anda butuh bekerja dari hari ke hari, terus membuat konten baru dan mempelajari semua aspek internet marketing. Dan Anda harus melakukan semua ini, tanpa berharap mendapatkan hasil dalam waktu cepat!

Internet bukanlah ladang ajaib, dimana hanya dengan usaha sedikit Anda bisa menemukan emas terpendam di dalamnya. Membangun website atau blog yang sukses menghasilkan banyak uang tidak ada bedanya dengan model bisnis apapun lainnya.

Ada biaya, ada persaingan, ada kegagalan. Dan seperti hal lain yang akan memberi hasil besar, membutuhkan kerja keras dan waktu yang cukup.

Orang yang telah mencapai tahap ini, sang realis, adalah mereka yang tidak lagi fokus memeriksa statistik blog setiap hari dan merasa was-was mengapa hanya ada 15 pengunjung dan 3 dollar.

Sang realis mengalihkan perhatian mereka sepenuhnya untuk menghasilkan konten berkualitas. Bukan hanya itu, jika diperlukan sang realis juga akan menghapus konten yang buruk atau sudah tidak relevan.

Sang realis fokus membangun blog yang menyediakan layanan dan produk yang diinginkan orang-orang.

Sang realis sedang membangun bisnis.

Sang realis: sabar!

Dimana posisi Anda saat ini?

Jika Anda masih berada pada fase #1 yang penuh gairah, dengan memberitahu Anda tentang fase kedua yang akan lewat, saya harap Anda tidak terlalu kaget pada saatnya nanti.

Paling tidak Anda sudah mengetahui apa yang akan Anda lewati ke depan. Anda bisa bersiap diri sejak sekarang. Realita akan datang. Bersiaplah menyambutnya.

Turut prihatin jika Anda saat ini berada di fase kedua. Tapi percayalah semua blogger mengalaminya, paling tidak sekali selama karir bloggingnya. Dengan keyakinan yang kuat terhadap diri sendiri (dan blog Anda tentunya), yakin Anda akan mampu melewati fase ini.

Tidak ada salahnya, jika Anda mau ‘bernafas’ sejenak, dan menganalisa strategi atau apa yang telah Anda lakukan sebelumnya.

Adakah yang terlewat?

Mana yang harus diperbaiki lagi?

Yang terpentingnya adalah: Terus berjalan. Terus belajar dan memperbaiki. Jangan berhenti!

Bagi Anda yang telah sampai di fase ketiga, saya ucapkan selamat. Bukan hanya karena Anda telah mampu melewati dua fase sulit sebelumnya, tapi karena saat ini Anda berada pada jalan lurus mencapai kesuksesan Anda.

Saat ini Anda terus menghadirkan konten berkualitas. Anda juga memiliki kesabaran. Dua hal yang Anda butuhkan mewujudkan impian menghasilkan uang dari blog yang menjadi kenyataan.

Menutup tulisan ini, saya juga ingin mengingatkan bahwa untuk sukses blogging, uang tidak bisa menjadi satu-satunya motivasi Anda. Anda harus menikmati segala prosesnya.

Jaga rasa percaya diri, jaga terus semangat dan motivasi, sukses apapun pasti akan diraih.Β Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

33 Komentar

  • Menarik sekali gan, saat ini ane berada pada fase kedua, sedang bertahan dan ingin tetap fokus, saya tidak ingin semua waktu yg telah saya lalui terlewat begitu saja tanpa mendapatkan hasil yg memuaskan, jadi tetap bertahan, optimis, semangat dan jangan lupa berdo’a

  • Saya baru nemu artike ini dan saya sekarang sedang melewati frase ke dua mas Gee Jhon bahkan saya sudah menulis nya pada blog saya tentang ini gowin07.blogspotdotcom, maaf jika saya juga mencatut nama Portal-uang dan mas Gee Jhon sendiri pada tulisan itu hehehe, kalau mas Gee Jhon ada waktu berkunjung ke blog saya tolong berikan saya kritik dan sedikit saran nya , tks mas Gee Jhon

  • Wah pengalaman yang hampir juga saya alami, untungnya saya bisa bertahan, karena mungkin tujuan dulu membuat blog hanya untuk mendokumentasikan pengetahuan, siapa tau bermanfaat untuk orang lain dan juga saya pribadi dikemudian hari.

    memang menurut saya sepertinya tergantung dari tujuan awal mulai ngeblog jika tujuan awal terlalu berambisi ingin cepat mendapatkan penghasilan dari internet melalui ngeblog dengan cara mudah (kurangnya pemahaman bahwa untuk meraih sukses itu setidaknya perlu kerja keras), rata-rata akan menyerah ditengah jalan ketika mengalami fase ke 2 kurang dari 3 bulan.

    Terbukti 5 dari 6 teman saya yang saya coba kenalkan dunia blog bahwa blog bisa menghasilkan uang terbukti menyerah ditengah jalan, kayaknya kapok sampe sekarang karena masih menganggap belum menuai kesuksesan.

  • Saya dalam masa kejenuhan dalam blog saya, sudah gonta – ganti topik, udah beberapa kali buat blog dengan passion yang sesuai tetapi tetap saja ada kejenuhan dalam diri ini. Bulan pertama penuh gairah bulan-bulan selanjutnya down,,, bagaimana ya menghilangkan rasa jenuh saat ngeblog.?

  • Sangat mantap penjelasannya bos.. kayaknya saya susah berada pada tahap dua, tapi memahami penjelasan pak bos, saya tetap semangat mejalankan dunia blogging ini, walaupun adsense belum menghampiri blog ku heheheeee… semangat..!!!

  • @murniati.
    sip… jika memang belum mengalami fase kedua, berarti sekaranga Mba Mur masih di fase pertama, hehe… terus semangat… memang segala apapun tidak ada yg instan.. πŸ™‚

  • @arifin J.
    Saya belum lama ngeblog serius, baru kurang dari 2 tahun ini. Mas arifin berarti senior saya, hehe… ya semua blogger pastinya akan mengalami fase2 tsb, dan klo dari keterangan mas Arifin di atas, berarti sekarang dah nyampe tuh di fase 3, selamat ya….. memang uang tidak bisa dijadikan SATU-SATUnya motivasi, krn jika motivasinya melulu uang, maka kemungkin besar akan berhenti di tengah jalan… semoga semakin sukses tuk Anda… πŸ™‚

  • Mas Gee Jhon udah berapa lama jalan di dunia blogging ? Asssik
    Saya pribadi mulai ngblog 3 tahun yg lalu persis seperti itu fase 1, 2, fase pertama ya nempelin banyak iklan di blog yang masih muda, apa aja jenis BO nempel disana.

    gk tw untuk fase saya sekarang, yang saya inginkan hanya menulis apa yang saya dengar dan saya lihat, intinya jangan jadikan motivasi blog karena uang tapi untuk bersaing dengan situs professional (motivasi pribadi)

    ya kebetulan blog saya isinya berita. hehehe thnks mas Gee udah berbagi

  • @arif.
    wah, terima kasih nih mas Arif… sukurlah jika bisa menginspirasi, saya hanya berbagi apa yang saya alami….. hehe.. terima kasih sekali atas kunjungannya.

  • @afrid.
    mmmm.. nanti suatu saat akan mengalaminya, hehe…. keep going.

    @boma.
    hehe…. ya gitu deh, nanti jangan lupa klo sudah melewati fase2 tsb, kembali kesini dan bagi pengalaman ya?

  • @heri.
    memang sulit ketika dihadapkan pilihan dilematis. tapi saran terbaik menurut saya, adalah tetap blogging dengan memanfaatkan waktu luang. Ambil pekerjaan lainnya, tapi jangan berhenti mengembangkan blognya, suatu saat ketika sudah cukup menghasilkan dari blog, baru bisa full time.