Monetisasi Blog

Geniee – Alternatif Dapat Uang dari Blog

Mungkin belum begitu banyak blogger yang tahu dengan adnetwork yang satu ini. Saya sendiri mengetahuinya karena menerima email dari Geniee, yang isinya menawarkan PortalUang menjadi publisher mereka beberapa waktu yang lalu.

Setelah saya menjalankan selama satu bulan ini, akhirnya saya berani merekomendasikan Geniee kepada Anda. Sebagai salah satu alternatif memonetisasi blog untuk dengan menjalankan program advertising.

Ada beberapa hal yang saya suka dari Geniee. Pertama, dukungan terhadap publisher mereka lakukan dengan baik. Sejak awal saya bekerjasama dengan meraka, setiap pertanyaan atau keluhan yang saya sampaikan direspon dengan cepat melalui email. Jujur ini tidak saya dapatkan dari Google Adsense. Media Consultant mereka juga senantiasa memberi saran terbaik bagaimana memaksimalkan pendapatan dari blog kita.

Selain itu, jika dilihat dari sisi penghasilan, Geniee juga menawarkan revenue yang tidak kalah sama ads-network lain, seperti Bidvertiser, Chitika, atau dengan Google Adsense sekalipun. Jadi kesimpulannya, Geniee dapat menjadi salah satu alternatif bagus menghasilkan uang dari blog Anda.

Bahkan jika saat ini Anda telah menjalankan program periklanan lain, Anda bisa menyandingkannya bersama-sama Geniee, termasuk dengan Google Adsense. Bisa Anda lihat saya sendiri memasangnya di beberapa artikel di blog ini.

geniee - alternatif menghasilkan uang dari blog

Apa syarat menjadi publisher Geniee?

Yang jelas tidak ‘sesusah’ mendaftar Adsense. Memang di situsnya mereka ada menyebutkan syarat. Pertama, minimal blog memiliki page view 100.000 per bulan, dan mereka meminta bukti screen shot statistik, lebih disukai dari Google Analytic.

Selain itu, alexa rank sepertinya menjadi salah satu pertimbangan mereka. Saya pernah tanya mengapa mereka menawarkan Portal Uang menjadi publisher, mereka menjawab karena rank alexa PortalUang cukup baik (saat itu, rank alexa PortalUang masih sekitar 120 ribuan).

Namun, saya pernah merekomendasikan Geenie kepada salah seorang teman blogger, yaitu Mas Kicky Maulana, lalu mendaftar dan sehari kemudian diterima, padahal rank alexa-nya masih di atas angka 700 ribuan. Dari sini, jelas cukup mudah mendaftarkan blog Anda ke Geniee.

Bagaimana dengan pembayaran?

Pembayaran bisa dilakukan melalui dua cara. Pertama, melalui Paypal dengan ambang minimal sebesar $100, kedua transfer langsung ke rekening bank dengan ambang pembayaran sebesar $200.

Cukup besar memang, sehingga mungkin 3 – 4 bulan baru Anda terima pembayaran pertama dari Geniee. Tapi, tentu saja itu sangat tergantung dari seberapa banyak trafik yang Anda miliki, bisa lebih cepat, bisa pula lebih lambat.

Unit iklan yang disediakan?

Sayangnya Geniee hanya menyediakan beberapa unit iklan saja (mereka menyebutnya ‘zone’):

Rectangles and Pop-Ups

  • 300 x 250 – (Medium Rectangle)
  • 250 x 250 – (Square Pop-Up)

Banners and Buttons

  • 728 x 90 – (Leaderboard)

Skyscrapers

  • 160 x 600 – (Wide Skyscraper)
  • 120 x 600 – (Skyscraper)
Selain itu, Anda dapat memilih kategori atau topik yang paling sesuai, sekaligus memblokir iklan yang kurang relevan dengan topik blog Anda. Ada banyak topik yang bisa dipilih, seperti kesehatan, edukasi, makanan, finance dan masih banyak lagi lainnya.
pilihan topik iklan geniee

Tapi sepertinya untuk sudah cukup untuk memaksimalkan pendapatan dari Geniee. Karena memang unit iklan yang disediakan adalah unit-unit populer yang terbukti mendapat CTR yang lebih baik.

Nah, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, Geniee dapat menjadi alternatif bagi Anda untuk mendapatkan uang dari blog. Terutama bagi Anda yang berkali-kali ditolak Adsense, hehehe….

So, jika Anda berminat, untuk lebih jelasnya silakan kunjungi langsung situs Geniee International, atau langsung menuju ke halaman pendaftaran mereka.

Bagi Anda yang telah menjalankan Geniee, kiranya bisa berbagi pengalaman melalui komentar. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

58 Komentar

%d blogger menyukai ini: