Menulis Konten

Bagaimana Membuat Tulisan Anda Naik ke Level Lebih Tinggi?

Memang ada begitu banyak faktor yang menentukan kesuksesan sebuah blog. Namun, saya yakin tidak ada satupun yang meragukan bahwa konten yang bagus, adalah bagian terpenting berhasil tidaknya sebuah blog.

Dan mari kita hadapi kenyataan, bahwa menghasilkan konten hebat bukanlah pekerjaan mudah. Menulis artikel bagus adalah pekerjaan ‘besar’ bagi setiap blogger.

Di luar sana begitu banyak blogger hebat yang menyajikan konten luar biasa. Sehingga mau tidak mau, apabila ingin blog kita sesukses mereka, maka kita harus berani menghadapi persaingan. Itu artinya, kita harus mau terus menerus meningkatkan kemampuan kita dalam menyajikan konten terbaik bagi pembaca.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan kemampuan kita menjadi lebih baik?

Hal-hal di bawah ini, akan membantu Anda siap bersaing dengan ribuan blogger lain dalam menyajikan konten yang hebat di blog Anda.

Sajikan selalu konten yang ‘matang’

Jangan pernah membuat konten hanya karena merasa terpaksa mengikuti jadwal posting yang telah Anda tentukan, padahal Anda tidak yakin terhadap apa yang ingin Anda sampaikan.

Jangan pernah menyajikan konten yang ‘mentah’. Sempurnakan artikel Anda. Sediakan waktu lebih banyak untuk menyiapkannya. Saya berkeyakinan, semakin lama Anda ‘memasak’ konten Anda, semakin baik kualitasnya.

Jangan terburu-buru mempublish artikel Anda, jika Anda tidak yakin bahwa itu sudah mencapai seperti yang Anda inginkan.

Ambillah beberapa hari untuk mengerjakan satu postingan. Satu hal yang bisa Anda jadikan kebiasaan baik, yaitu menunggu esok hari untuk memposting artikel yang Anda tulis hari ini.

Ini memberi waktu kepada Anda untuk mengedit, memperbaiki, menambah, membuang hal yang tidak penting, ‘memasaknya’ sampai Anda puas dan merasa yakin bahwa artikel Anda telah mencapai tingkat maksimalnya.

Intinya, beri waktu lebih banyak untuk menyiapkan konten Anda. Semakin banyak waktu yang Anda berikan, semakin baik hasilnya. Cobalah mulai hari ini.

Jangan pernah menunda-nunda

Ada kalanya, Anda telah memiliki ide brilian dalam kepala. Ide hebat. Ide yang Anda anggap adalah terbaik dari semua konten yang telah Anda miliki.

Tapi sayangnya Anda terus menunda-nunda untuk segera menyajikannya kepada pembaca Anda. Mungkin Anda beralasan belum memiliki cukup bahan atau referensi. Go… cari bahan itu sekarang. Segera wujudkan ide itu ke dalam bentuk tulisan. Tulislah saat ini juga.

Tidak perduli berapa hari akan Anda butuhkan untuk menyelesaikannya, yang jelas Anda harus mulai menulis hari ini juga. Jangan pernah menundanya, hanya karena Anda merasa belum memiliki cukup referensi, apalagi karena alasan lain yang tidak jelas.

Jika Anda memiliki ide terbaik namun dengan berbagai alasan selalu menunda untuk segera menyajikannya, maka otak Anda akan terganjal oleh ide tersebut. Anda akan kesulitan menemukan ide yang lebih baik berikutnya, karena pikiran telah penuh oleh ide yang belum Anda wujudkan tersebut.

Segera tulis ide terbaik yang Anda miliki saat ini juga. Jangan pernah menundanya lebih lama. Itu akan membuat Anda akan terbiasa menggali ide yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

Yakin bahwa Anda seorang penulis hebat

Ini mungkin terdengar klise. Namun, ya… ini memang kebenaran. Dengan merasa yakin Anda mampu, Anda akan terpacu diri menjadi lebih baik. Jika sejak awal Anda merasa diri tidak berbakat menjadi penulis hebat, maka sampai kapanpun Anda tidak akan pernah menjadi penulis yang lebih baik.

Dalam hal keyakinan ini, pernah saya tulis panjang lebar dalam artikel: Keyakinan, Usaha, Hasil: Sebuah Keterkaitan yang Kuat.

Saya tidak bermaksud mengatakan bahwa hanya dengan keyakinan lantas dengan sendirinya membuat Anda menjadi penulis hebat. Bukan begitu maksud saya. Namun, dalam hal apapun, keyakinan memegang peranan penting dalam setiap usaha yang kita lakukan.

Sekali Anda mulai meragukan diri sendiri, Anda akan cepat kehilangan motivasi. Dan itu sama saja Anda sedang berjalan mundur. Menjadi lebih buruk dari hari kemarin.

Keyakinan bahwa Anda bisa menulis lebih baik, akan berdampak besar terhadap kualitas tulisan Anda berikutnya.

Sukses selalu untuk kita semua. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

%d blogger menyukai ini: