Menulis Konten

4 Langkah Mudah Menyusun Judul Artikel Bagus dan Cepat

Anda pasti sudah paham benar, bahwa judul artikel harus mampu menarik perhatian pembaca.

Judul posting, bisa jadi satu-satunya bagian dari artikel Anda yang dibaca oleh pengunjung blog. Jika cukup menarik mereka akan membacanya lebih lanjut. Jika tidak, mereka akan mengabaikannya.

Jelas, judul artikel memegang peranan sangat penting. Sebuah artikel yang bagus, tapi tidak memiliki judul yang menarik, mungkin hanya akan terkubur dalam tumpukan arsip, tanpa pernah tersentuh oleh pembaca.

Tapi, apakah Anda tahu dan menguasai teknik membuat judul yang bagus?

Berikut ini saya bagikan panduan dasar menyusun judul posting hebat dalam waktu singkat, terutama ketika Anda tidak punya waktu banyak untuk melakukan brainstorming mencari judul posting terbaik.

Empat langkah serta contoh judul posting terbaik di bawah ini, selalu dapat Anda jadikan rujukan.

1. Gunakan angka

Posting berupa list adalah salah satu jenis artikel paling populer. Kita semua tertarik terhadap angka, bukan? Menaruh angka di dalam judul posting sangat membantu dalam rangka menyampaikan kepada pembaca bahwa artikel Anda menawarkan sesuatu yang berharga.

Berapa angka pastinya, tidak jadi masalah. Namun seringkali, semakin besar angka yang tertera semakin bagus. Angka 25 atau lebih, sepertinya lebih menarik bagi pembaca, terutama bagi pengguna sosial media.

Seperti Anda lihat, saya banyak sekali menggunakan teknik ini dalam judul posting, beberapa di antaranya:

Oya, ingat bahwa SATU, itu pun termasuk angka! Jadi, jangan sungkan gunakan pula angka 1, jika Anda memiliki satu hal sangat ‘penting’ bagi pembaca.

2. Sampaikan apa yang Anda tawarkan sejelas mungkin

Apa yang Anda tawarkan dalam artikel Anda? Sampaikan dengan sejelasnya. Mungkin saja posting Anda menawarkan hal-hal berikut:

  • Cara
  • Tips
  • Rahasia
  • Langkah
  • Aturan

…. dan lainnya. Tanyakan: Apa yang sedang saya tawarkan? Contoh, untuk artikel berupa tutorial bagaimana melakukan sesuatu, Anda bisa memilih kata ‘langkah’ di dalam judul posting.

3. Tambahkan kata keterangan (kata sifat)

Kata sifat adalah kata yang menerangkan atau menjelaskan kata lainnya. Anda melihatnya hampir di setiap judul posting yang Anda temukan.

Kata keterangan atau kata sifat, dapat menjanjikan sesuatu:

  • Advice berkualitas tinggi: hebat, luar biasa, cerdas, fantastik, ulung, terbaik
  • Anjuran atau petunjuk praktis: simpel, mudah, sederhana, langsung, utama
  • Pengetahuan baru: mengejutkan, belum banyak diketahui, tidak terduga

Namun demikian, dalam hal ini Anda harus cukup hati-hati dalam memilih kata. Beberapa orang mungkin akan sangat tertarik dengan kata seperti: ‘luar biasa’, sedangkan yang lainnya, mungkin hanya mengulum senyum membacanya.

Intinya, Anda tidak boleh berlebihan, bombastis. Anda harus tetap objektif, memilih mana kata yang paling tepat menggambarkan apa yang Anda tawarkan.

4. Terangkan apa yang akan pembaca pelajari, lakukan, atau dapatkan

Ini sesuatu yang sangat mendasar. Kita membaca blog atau situs web, tentu saja ingin mendapatkan sesuatu, ingin belajar sesuatu dan melakukan sesuatu (meskipun, mungkin yang dimaksud mendapatkan sesuatu itu hanya sebatas merasa terhibur).

Nah, maka dari itu Anda harus menjelaskan apa yang bakal pembaca dapatkan. Seperti contoh:

Nah, itulah 4 dasar utama yang dapat membantu Anda menyusun judul posting yang baik. Anda memiliki rumus lain meramu judul posting yang hebat? Silakan berbagi melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

8 Komentar

%d blogger menyukai ini: