Monetisasi Blog

6 Cara Mendapatkan Uang dari Blog: Kelebihan dan Kekurangannya

Apakah Anda ingin mendapatkan uang dari blog?

Walaupun pada awal Anda blogging hanya sebatas hobi untuk berbagi, tidak ada salahnya jika Anda saat ini berniat mendapatkan uang dari blog Anda. Dan memang Anda bisa meraihnya jika Anda mau.

Dalam artikel ringkasan cara mendapatkan uang dari blog, saya telah menyampaikan bermacam metode mendapatkan uang dari blog yang dapat Anda pilih. Namun, disitu saya tidak merincinya lebih jauh.

Nah, kali ini saya akan menyampaikan 6 cara meraih penghasilan dari blog, berikut kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sengaja saya urut dari yang paling mudah sampai yang paling sulit, paling tidak menurut pendapat saya pribadi.

1. Periklanan

Bagaimana pun level blog Anda saat ini, baik besar ataupun kecil, Anda bisa memasang iklan di dalamnya. Iklan yang saya maksud baik dengan menjalankan program Google Adsense, ataupun dengan menjual slot iklan mandiri.

Bekerja baik jika:

  • Anda memiliki trafik yang cukup tinggi
  • Anda memiliki topik blog dimana pengiklan bersedia membayar dengan harga yang cukup tinggi.

Kekurangan:

  • Terlalu banyak iklan akan membuat blog Anda tampak semrawut dan amatiran.
  • Bisa membuat Anda kehilangan pengunjung. Karena itu, pasang iklan dengan bijak. Ingat bahwa Anda harus menyajikan konten kepada pengunjung, bukannya menyodorkan iklan kepada mereka.

2. Program afiliasi

Banyak sekali situs, baik yang besar maupun yang kecil, menawarkan program afiliasi. Di sini Anda menaruh ke produk-produk mereka, dan jika terjadi penjualan hasil dari rekomendasi Anda, maka Anda akan mendapatkan bayaran. Situs lokal besar yang menawarkan program afiliasi adalah Bhinneka.

Untuk produk-produk digital, semisal ebook, biasanya paling tidak Anda akan memperoleh komisi sebesar 50% dari harga jual. Angka yang cukup menggiurkan.

Bekerja baik jika:

  • Anda dapat menulis review produk secara mendalam dan menarik.
  • Terdapat produk yang sesuai dengan topik bahasan blog Anda.

Kekurangan:

  • Link afiliasi dapat mengurangi kenyamanan pengunjung blog.
  • Perlu waktu cukup lama, sampai Anda mendapatkan pemasukan ideal dari program ini.

3. Posting berbayar

Biasa juga disebut dengan berbagi istilah, seperti: ‘pay per post’, ‘pay per blog entry’ atau ‘get paid to blog’. Disini Anda menulis posting berupa review atau mengulas suatu produk atau layanan tertentu. Blogsvertise, Smorty, BlogToProfit, LinkFromBlog dan ReviewMe, adalah beberapa tempat dimana Anda bisa memulai menghasilkan uang dari blog Anda dengan cara ini.

Bekerja baik jika:

  • Anda mampu menulis review secara mendalam dan baik, memiliki kredibilitas dan telah mendapatkan trust dari pembaca dalam suatu bidang tertentu.
  • Memiliki trafik yang cukup tinggi, karena sponsor biasanya hanya menginginkan blog dengan trafik tinggi.

Kekurangan:

  • Terlalu banyak menyajikan posting berbayar, bisa menurunkan kredibilitas di mata pengunjung.
  • Kebanyakan posting harus dalam bahasa Inggris.

4. Menjual produk digital

Sudah banyak blogger yang membuktikan cara ini bekerja dengan baik, yaitu dengan menciptakan produk digital (paling umum berupa ebook), kemudian menjualnya kepada pembaca. Cara ini memang memerlukan waktu dan usaha lebih untuk menciptakan produk yang berkualitas dan dibutuhkan banyak orang, namun ini dapat menjadi titik awal Anda dalam mengembangkan blog sebagai portal bisnis sesungguhnya.

Bekerja baik jika:

  • Anda dapat membuat produk yang benar-benar unik.
  • Anda telah memiliki ‘hubungan’ yang baik dengan pembaca dan telah mendapatkan trust dari mereka.

Kekurangan:

  • Menawarkan produk yang tidak berkualitas bisa sangat sangat berdampak negatif bagi blog Anda.
  • Menetapkan harga terlalu tinggi, bisa membuat mereka tidak akan membeli lagi.

5. Menawarkan jasa

Alih-alih menjual produk, Anda dapat menawarkan jasa melalui blog Anda. Mungkin Anda pernah melihat blog yang menawarkan jasa tertentu, seperti salah seorang sahabat saya, Mas Risma Riyanto, yang menawarkan jasa menambah teman di Google Plus, satu tawaran jasa yang cukup unik.

Anda memiliki jasa unik lainnya?

Jasa apa saja dapat Anda tawarkan, tentunya sesuai dengan keahlian Anda, seperti desain logo, desain web, dan sebagainya. Lebih baik lagi, jika Anda telah dikenal sebagai ahli di bidang jasa yang Anda tawarkan, niscaya selalu ada orang yang membutuhkan keahlian Anda tersebut.
Bekerja baik jika:

  • Anda memiliki keahlian di bidang tertentu.
  • Anda memiliki waktu untuk bekerjasama dengan klien.

Kekurangan:

  • Sulit untuk meningkatkan pendapatan, karena waktu yang Anda miliki terbatas.
  • Tergantung dari niche blog Anda, mungkin akan sulit mendapatkan bayaran yang tinggi untuk jasa yang Anda tawarkan.

6. Menjual produk fisik

Blog yang menjual produk fisik, biasanya adalah blog penunjang bagi bisnis utama yang dijalankan. Namun begitu, siapapun Anda bisa melakukannya, jika memang memiliki produk yang sesuai dengan topik blog Anda.

Anda bisa melakukannya sendiri, dalam arti Anda mengatur sendiri semuanya, seperti pengepakan, pengiriman dan sebagainya, atau Anda bisa menggunakan metode dropship, dimana Anda bekerjasama dengan pihak yang memiliki produk, Anda beli dari mereka, kemudian selebihnya mereka yang melakukan pengiriman dan sebagainya.

Bekerja baik jika:

  • Anda telah memiliki bisnis utama penjualan produk.

Kekurangan:

  • Lebih ‘rumit’ dibandingkan menjual produk digital ataupun menawarkan jasa.
  • Butuh modal awal untuk penyediaan atau produksi barang.
Nah, itulah 6 cara mendapatkan uang dari blog yang bisa Anda pertimbangkan, sesuai minat, kemampuan dan kesempatan yang Anda miliki.

Cara mana yang paling cocok bagi Anda?

Cara apapun yang Anda pilih, yang utama adalah mendapatkan kepercayaan dari pengunjung, dengan menyajikan konten yang berkualitas secara konsisten, dari situlah kredibilitas blog akan terbangun. Jika Anda telah mendapatkan keduanya, cara apapun yang Anda pilih, akan lebih mudah untuk dijalankan.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

14 Komentar

%d blogger menyukai ini: