Tantangan Blogging

Tantangan #1: Berkomentar di 10 Blog Baru dalam 7 Hari

Ini adalah tantangan pertama dari saya. Anda siap? (Bagi Anda yang belum sempat membacanya, silakan baca dulu: ‘Tantangan Blogging Portal Uang’)

Tantangan pertama ini, cukup mudah. Tapi, jika Anda menerima tantangan ini, saya berani memastikan Anda akan menemukan banyak sekali manfaat dan pelajaran berharga menuju sukses dalam blogging.

Apa tantangannya?

Sederhana saja, yaitu:

Berkomentar di 10 blog berbeda dalam waktu 7 hari!

Ini adalah tantangan bagaimana Anda belajar dan praktek berkomentar, dan biarkan ‘dunia’ mengetahui siapa Anda, apa yang Anda pikirkan, dan bahwa Anda adalah seorang blogger yang ‘memiliki’ sesuatu berharga untuk bisa disampaikan kepada dunia.

Bagaimana? Anda terima tantangan ini? Jika ya, Anda bisa menerima tantangan ini dengan beragam cara. Inilah peraturannya:

  • Anda boleh berkomentar di 10 blog berbeda selama 7 hari
  • Anda boleh berkomentar di 10 blog berbeda per hari selama 7 hari
  • Anda tidak boleh mengomentari 7 blog berbeda dalam 10 hari
  • Anda tidak boleh berkomentar 10 kali di satu blog yang sama
  • Paling sedikit, 10 komentar di 10 blog berbeda
Anda paham?
Bagus. Oya, jika selama ini Anda telah biasa berkomentar di salah satu blog (misalnya, Anda sudah sering berkomentar di blog Portal Uang), maka itu tidak terhitung. Anda harus mencari blog baru. Blog yang belum pernah Anda komentari sebelumnya.

Jangan berkomentar secara anonim. Tinggalkan nama, email dan alamat blog Anda di sana, untuk menunjukkan bahwa Anda seorang yang bertanggung terhadap komentar Anda.Jangan asal komentar. Komentar harus menunjukkan intelegensi Anda, tidak keluar dari topik artikel yang dikomentari.

Jangan menulis komentar semacam: ‘Artikel bagus, saya setuju’. Itu komentar yang tidak berguna. Katakan sesuatu, sesuatu yang berarti. Ikutlah dalam diskusi di dalamnya. Biarkan penulis artikel mengetahui bahwa Anda membaca artikelnya dengan baik. Anda tidak mesti setuju dengan mereka, jika memang Anda memiliki pandangan berbeda, sampaikan. Tentu dengan dasar saling menghargai dan menghormati. Itu baru komentar yang bernilai!

Nah, jika Anda telah melakukannya, silakan kembali ke posting ini (sebaiknya Anda mem-bookmark halaman ini), lalu sampaikan pengalaman yang Anda dapatkan dari tantangan yang baru saja lakukan.

Atau, Anda bisa menuliskannya ke dalam sebuah posting. Jelaskan apa saja yang Anda pelajari dari 10 blog baru yang Anda kunjungi, dan bagaimana rasanya meninggalkan jejak komentar di sana.

Jika Anda menulis pengalaman itu dalam sebuah posting, jangan lupa tinggalkan link ke posting tersebut di kolom komentar dibawah, agar saya bisa membacanya, saya ingin mendengar pengalaman itu dari Anda.

Sulitkah menyampaikan pemikiran Anda sendiri kepada pemilik blog itu tentang topik yang mereka tulis? Atau mudah saja? Apakah Anda menemukan blog atau sebuah posting yang benar-benar menarik perhatian Anda? Apa yang Anda dapat dari situ?

Lalu, apa respon komentar yang Anda dapatkan dari mereka? Apakah Anda mendapatkan trafik tambahan yang berasal dari komentar-komentar Anda? Apakah mereka (pemilik blog yang Anda komentari), balik berkunjung dan mengomentari blog Anda?Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas, mungkin butuh waktu beberapa hari, tapi Anda bisa mengecek statistik blog untuk mengetahui sejauh mana yang Anda peroleh dari hasil berkomentar di 10 blog itu.

Ingat, bahwa komentar yang Anda tulis adalah representasi diri dan blog Anda. Pastikan Anda berkomentar dengan baik, dan pastikan Anda mendapatkan manfaat penuh dari mengomentari blog lain.

Jika Anda masih belum yakin bagaimana cara berkomentar yang baik, silakan baca: Cara Berkomentar CerdasΒ sebagai panduan dan bekal Anda menghadapi tantangan ini.

Nah, sekarang, sebarkan ‘suara’ Anda. Go, sebarkan komentar cerdas dan bernilai Anda!Kita ketemu lagi minggu depan dengan tantangan lainnya, sekaligus mendengar pengalaman Anda selama 7 hari menjalankan tantangan Portal Uang. Sukses untuk kita semua.

Salam.

 

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

35 Komentar