Google Adsense

Mengapa Pendapatan Adsense Saya Tetap Nol?

Sering sekali saya mendapatkan pertanyaan: ‘mengapa pendapatan Adsense saya selalu nol?’

Biasanya saya menjawab, ada banyak faktor, juga alasan mengapa Anda terus melihat angka nol di halaman statistik Google Adsense Anda.

Namun demikian, ada faktor-faktor utama, yang akan saya sampaikan dalam tulisan kali ini, mengapa Anda bahkan tidak mampu menghasilkan $1 pun dari Adsense, sehingga setelah ini Anda dapat memberi perhatian dan melakukan perbaikan untuk meningkatkan penghasilan Adsense Anda.

Banyak blogger yang melewatkan hal ini. Mereka berpikir bahwa hanya dengan mendapatkan trafik, lalu memasang iklan di blog mereka, otomatis membuat pengunjung mengklik dan Anda dapat uang. Jika Anda berpikir seperti ini, agaknya Anda akan tetap menemui angka NOL selamanya.

Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan sebesar 7 – 8 digit angka (dalam rupiah) dari Google Adsense, Anda harus mengatur semuanya.

Atur segala sesuatunya
Orang begitu merasa bersemangat, ketika permohonan Adsense-nya disetujui. Mereka berpikir: ‘yang harus saya lakukan hanyalah memasang unit iklan di blog saya’.

Saya tidak mengatakan bahwa ini adalah pikiran yang salah, tapi yang saya maksud adalah Anda melakukannya secara salah.

Sekali mereka memiliki akun Adsense, mereka hanya membuka akun Adsense mereka, membuat unit iklan baru, mengambil kodenya, memasangnya di blog mereka, dan selesai. Mereka berharap orang akan mengklik iklan dan mulai menghasilkan banyak uang.

No!

Jika Anda berpikir seperti, dengan sangat menyesal saya sampaikan kepada Anda satu hal: tidak akan ada orang yang mengklik iklan Anda! Bahkan jika Anda terus menunggu sampai 1 tahun lamanya.

Lalu? Bagaimana agar pengunjung mengklik iklan? Ini kuncinya:

Jika Anda ingin orang mengklik iklan Anda, buatlah mereka mengkliknya!

Jangan salah paham. Saya tidak sedang menganjurkan Anda menulis: ‘klik iklan di bawah ini!’ Itu jelas melanggar aturan.

Yang saya maksud adalah, Anda harus melakukan banyak hal agar orang tertarik dan mengklik iklan Anda. Dan ini lah beberapa di antaranya yang mesti Anda lakukan:

Intinya, Anda harus mengatur semuanya. Anda harus mengelola Adsense Anda melalui pendekatan menyeluruh, mencakup segala aspek yang berpengaruh terhadap penghasilan Anda.

Masih bingung mulai dari mana? Anda bisa memulainya dari sini:Β Cara dan Langkah Sukses Mendapatkan Uang dari Google Adsense.

Interlink antar posting
Satu hal yang saya yakini: semakin lama pembaca berada di blog Anda, maka semakin besar peluang Anda mendapatkan klik iklan dari mereka.

Nah, salah satu hal penting yang membuat pengunjung berada lebih lama di blog Anda, adalah dengan membuat interlink antar artikel.

Selain menurunkan bounce rate, hal ini juga akan meningkatkan CTR Adsense. Akan sangat jarang orang mengklik iklan Anda sejak mereka membuka halaman blog Anda yang pertama. Nah, inilah pentingnya membuat link antar artikel, dimana saya melihat masih banyak blogger yang meremehkannya.

Semakin lama pengunjung berada di blog Anda, semakin besar kemungkinan mereka mengklik iklan.

Tes, tes, tes
Jika Anda merasa telah melakukan segala sesuatunya dengan benar, namun masih saja penghasilan Adsense Anda belum maksimal, maka Anda harus melakukan uji coba.

Lakukan berbagai tes atau eksperimen sampai Anda menemukan yang terbaik. Unit iklan mana dan di posisi mana yang memberi CTR tertinggi? Apa warna link terbaik? Apakah font iklan telah sesuai? Dan lain-lain.

Lakukanlah tes, di saat ada faktor tertentu yang membuat Anda ragu apakah unit iklan Anda telah bekerja baik atau tidak.

Anda bisa menggunakan fitur eksperimen atau menggunakan metode a/b testing yang lebih lama, untuk melakukan ini.

Lakukan eksperimen terus, sampai Anda mendapatkan 7 – 8 angka pendapatan Adsense seperti yang Anda harapkan. Jika Anda melakukannya dengan baik, tekun, sabar, maka dapat dipastikan Anda tidak akan lagi melihat angka nol, di halaman laporan Adsense Anda.

Saya senang berdiskusi tentang pendapatan Adsense, karena itu saya mengajak Anda menyampaikan apa saja melalui komentar. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

87 Komentar

  • Setiap satu postingan artikel, apakah harus selalu dikaitkan ke iklan?

    Atau hanya satu kali dikaitkan, selanjutnya secara otomatis akan berkaitan dg adsens?
    Terimakasih

  • haloo saya mau nanya. Sekarang kan udah 19 agustus dan udah melewati tanggal 15, tapi saldo berjalan saya yang bulan juli masih belum ada alias 0 rupiah. Padahal saya cek di performance report nya adsense udah ada penghasilan lebih dari $100 dan pas saya cek pendapatan di youtube analytical bulan juli juga udah lebih dari $100. Saya juga udah menggunakan adsense selama 11bulan, jadi kira-kira kenapa ya saldo berjalan saya masih belum muncul?.

    terimakasih

  • Gan knp punya ane kok ga muncul iklan padahal udah ane aktifin dan udah di konfirmasi.. apa harus tunggu beberapa hari atau gmn gan ??
    Pencerahannya gan newbie..

  • Mas sbanrnya dari view saja udah dpet dolar gak sih? Aku udah upload video 5 hari dpet 19k tp kok msih 0$ ya? Mohon pencerahannya mas?

  • bang mao nanya. kan gw punya channel youtube yg udah di adsense. trus gw liat di creator studio,, Data Estimasi Pendapatan anda tertunda 1 hari,, tapi udah 2 hari ngak ilang. gimana tuh?

  • Mas Saya Mau Nanya, kenapa yah penghasilan di youtube sama adsense jauh berbeda, kalo di youtube naik terus sekarang baru $ 11,44 maklum pemula dan itu terus naik tiap harinya meskipun kecil, tapi di adsense dari bulan kemaren ampe sekarang gak nambah2 masih Rp.11 (bukan $) kan saya sedih mas hikzzz

  • mohon bantuan, saya ada chanel yotube yang sudah saya tautkan dengan google adsense, sudah di monetaisi, sudah ada beberapa yang menonton tp kok saya chek di google adsense belum bertambah apa-apa ya trims

  • Gen mau tanyak nih soalnya saya pemula gen jadi masih belajar
    Di video saya dolarnya sudah berwarna biru tpi da tulisan estimasi pendapatan tertunda 1 ,hari ap artinya tu gen
    Trus ad juga video yg dolarnya warna hitam dan ada centang miring nya apa artinya tu gen

  • Mau tanya mas
    Youtube earnings saya kan sudah masuk di dashboard adsense kemarin ( earning dari creator studio) sedangkan di adsense saya ada data per click iklan youtube bulan januari tapi blm masuk adsense. Apakah pendapatan youtube ada 2 sumber mas ? dari views iklan (creator studio) sama klik iklan youtube (Masuk ke adsense). apakah nanti di kalkulasi atau gmana ya mas ? soalnya yg br msk dari youtube doang, masih ada earning klik youtube di adsense tp datanya ga ada di payments. mohon bantuannya makasih hehehhe

  • Salam adsanse gan.. ane mau nanya di pps laman ane skitar 600ribuan jika kita harus dapat pps tersebut 600rbuan apa yg bisa kita lihat atau dr mana kita bisa dapat kn nominal pps itu ?

  • Gan ane butuh pencerahan…ane dah upload 3 video di youtube video1 udah 20rb kali tayang video2 udah 10ribu kali tayang n video3 udah 12ribu kali tayang…tapi kok di statistic masih $0.30 ya…padahal views dah banya..pencerahanya gan??

      • kak bagaimana kalau pendapatan di youtube masih 0 tapi sdh ada yang nnton tetap saja masil 0 ? terus video saya sdh juga di monenitisasi tapi masih 0 nol

      • kalau hanya ditoton tp tidak ada yang klik akan tetap 0, dan kalau memang fokus pada penghasilan harusnya dibarengi riset KW πŸ™‚ biar iklan yang muncul relevan

  • Gan ane butuh pencerahan…ane dah upload 3 video di youtube video1 udah 20rb kali tayang video2 udah 10ribu kali tayang n video3 udah 12ribu kali tayang…tapi kok di statistic masih $0.30 ya…padahal views nya dah banyak..n itu video ane monitize dari awal..butuh pencerahanya ga.??

  • Maaf mau tanya mas kan youtube saya sudah muncul iklan dan sudah dikaitkan dengan akun adsense saya dan sudah banyak juga yang nonton…tpi knp di adsense IDRnya masih tetep nol ya mass ??
    Terimakasih

  • Mas viewer says di YouTube sudah 2000lebih tapi kenapa pendapatan tertaksir di AdSense Dan YouTube tetap 0? penjelasannya Mas makasih

  • Permisi mas, saya mau tanya.. Di adsense saya penghasilan saya kok tidak bertambah ya..sudah ada 3 bulan di kolom payments hasilnya masih tetap sama sedangkan di youtube analytic angka pendapatan saya selalu bertambah dalam 3 bulan tersebut.. Apakah ada solusinya mas? Saya loncat-loncat blog belum ada yg bisa membantu memecahkan masalah saya..

  • Numpang nanya gan,knpa ya d tampilan penghasilan blog tetap tertulis persetujuan di tolak padahal udah bs masuk dashboard adsense dan ada d tahap review ke-2…

  • Blog ane ni udah lolos preview tahap 1 gan dengan 6x penolakan kemudian tahap ke 2 sudah 5x penolakan…posting masih semangat….memang ada aturan yang baku gitu gan….mohon pencerahan???

  • Salam kenal mas, mas boleh nak nanya tak ? Gini mas penghasiln youtube saya udah 18 dolar tapi kok di edsense baru Rp 60,000 mas, ini sudah saya cek tadi mas

    • mungkin belum berubah mas, cek pertengahan bulan lagi apa sudah hampir sama dengan perkiraan. jadi nilai antara perkiraan dan laporan pembayaran adsense bisa beda. karena dimungkinkan ada klik tidak valid.

  • Maaf bung, numpang nanya masalah adsense yang laporannya ditunda, itu biasanya masalah dari pihak adsense atau publisher?

  • tiba2,,,tayangan iklan ads sy ttp gk bergerak,,,,dari 101…padahal jmlh hal sdh pada 2000 an lbh,,,dan pengasilan zero…pdhl setiap hari ada saja /gk pernah zero…apa penyebabnya mas Gee ??

  • Mas saya mau nanya, taksiran di youtube masuk adsense ngga ya? Koq di analytic youtube udah 50$ tp di adsense tetap 0. Udah 2!bulan lebih padahal.

  • Maaf mas, saya mau tanya. Kalau website saya tentang produk makanan dan itu hanya satu produk? Apakah bisa juga di pasang adsense mas? Sedangkan untuk membuat artikel tentang makanan itu (produk saya tersebut) tidak banyak mas. Trima Kasih

    • semua masalah pembayaran, dilakukan melalui akun adsense. jadi silakan baca artikel ttg adsense,.. sy sudah sangat banyak menulis ttg pembayaran adsense.

    • memangnya jalanin adsense-nya di mana? di Youtube? Kalau di youtube, bisa dilihat di halaman statistik. Klo dari blog, rinciannya ada di akun adsense.

  • @andreas.
    krn menanyakan hal yg sama beberapa kali di posting berbeda, saya sudah menjawabnya di artikel lain. Lain X sebaiknya, satu saja ya, biar gak bingung…. πŸ™‚ pasti saya balas kok gak perlu banyak2.

  • Mas saya mau nanya ni .saya udah mengaitkan google adsense .tapi di laporan penghasilan ada tulisan kayak gini "Data tidak tersedia untuk laporan, konten, dan rentang tanggal terpilih. Jika mungkin, coba pilih rentang tanggal yang lebih luas, konten yang berbeda, atau kembali 1–2 hari lagi setelah sebagian besar data terbaru telah diproses."
    Saya udah nunggu seminggu tapi masih kyak gitu juga mas
    Mohon bantuan nya

  • @caramedia.
    memang demikian mas, semoga menjadi lebih baik.

    @cuci.
    jangan putus asa dong πŸ™‚ terus lakukan optimasi, dan yg paling penting lagi: tingkatkan terus trafiknya.

  • Benar sekali mas.. saya sudah 20 hari pasang adsense di blog.. Saya juga semangat menulis artikel tiap hari, dan mencoba berbagai macam trik adsense dari para master. tapi hasilnya masih dibawah angka 1$.
    Saya Hampir putus asal nih.. πŸ™‚

  • Menarik sekali pembahasannya gan, Saya kira trafik sangatlah besar pengaruhnya , bagaimana orang bisa klik iklan kalau tidak ada trafik ? Nah, menurut saya trafik dan posisi adalah bahan untuk mendapatkan dolar karena merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.
    terimakasih atas sharenya, salam sukses

  • @andi.
    senior? gak juga, krn saya menjalankan adsense baru krg lebih 2 tahunan ini.

    Mengenai parse kode, itu tidak merubah kodenya mas, hanya 'menerjemahkan' ke format html. Jadi isinya 'redaksi' kodenya sendiri tidaklah berubah, dan akan dirender oleh browser dg cara yg sama.

    Yg dimaksud merubah kode yang tidak boleh itu adalah jika menambahi atau merubah dg tujuan merubah perilaku iklannya sendiri, misalnya membuat iklan melakukan klik otomatis dan script2 manipulasi sejenisnya.

  • wah ,, mantaps tuh mass,, kayaknya mas john ini udah senior deh di adsense udah sering po,, tapi kalo di parse itu kan,, otomatis kodenya jadi berubah,, gitu kan?? saya coba liat di tos nya google katanya kalo kode ads itu tidak boleh dirubah, di jungkir balikin gitu,, padahal kalo mau pasang di templat harus parse dulu, banyak yang bilang parse itu tidak merubah kode, tapi jika kita lihat kasat mata sudah jelas kodenya itu berubah,, jadi yang menjadi pertanyaan pada dasarnya parse itu apasih mass????? sekian mass
    sebelumnya makasih atas bantuannya.

  • @andi.
    apakah blog gitar itu? Saya lihat masih ok, dan menurut saya masih menampilkan kontennya. Namun, kalau boleh saya sarankan, lebih baik taruh di dalam posting, itu lebih aman, karena tidak memotong terlalu banyak konten blognya. πŸ™‚

  • Ohh gitu ya,, Makasih Banyak mas atas Pencerahannya,, tapi gini mas,, saya kan punya blog yang saya pasangin adsense tepat di atas judul, ukurannya itu agak besar, yang di atasnya saya kasih slider,,, jadi secara otomatis akan memakan space di bagian atas, sehingga kalo blognya di buka, postingan tidak kelihatan bahkan kalo kita liat di monitor yang ukurannya kecil seperti Notebook, artikelnya baru bisa keliatan kalo di scroll. tapi meskipun demikian, saya tetap memperlihatkan konten-konten yang laiinya misalnya Navigasi yang ada di sidebar, arsip, dan sebagainya. Menurut pengalaman dan pendapat Mas apakah itu bukan suatu pelanggaran??

  • @andi.
    pendapat yang menarik…

    tapi menurut saya tidak ada hubungan antara kode yang diparse dan yg tidak terhadap nilai CTR. CTR adalah perbandingan antara jumlah klik dibagi jmlah tampilan halaman iklan, jadi bukan merupakan nilai dari iklannya itu sendiri. Ctr jelas lebih dipengaruhi oleh relevansi, penempatan iklan dan desain unit iklannya, sama sekali bukan krn kodenya diparse atau tidak.

    mengenai pasang unit kotak besar di bawah judul posting, itu sama sekali tidak melanggar tos. Yang dimaksud dg 'mendorong konten ke paruh bawah layar' itu jika orang begitu membuka blog / situs, yang terlihat adalah HANYA iklan, dan mereka harus menggulung layar ke bawah untuk menemukan kontennya.

    bagian paruh atas, adalah bagian atas konten yg tampak begitu situs dibuka tanpa harus menggulung layar ke bawah.

    • Mas sya bru dalam tahap pengembangan, mengupload video dan video tersebut ada iklannya Wkru di tonton dan juga banyak yang menonton Video tersebut, tetapi kenapa kok penghasilan saya kok tidak dapat 1 dollar hanya 0 dollar terus?

  • sip,, mas artikelnya,, memang 100% benar mas apa yang dijelaskan di atas,, ukuran iklan juga merupakan salah satu faktor yang menentukan nilai klik adsense di blog kita,, dan yang paling baik menurut saya adalah ukuran yang kotak besar itu,, dan sudah merupakan slot iklan andalan saya,,, hehe,, dan yang paling mantap itu, di atas dan di bawah,, ohya mas sedikit tambahan, bukannya saya bersikap kritis, terhadap iklan yang ada di bawah judul itu,,karena sejauh ini yang saya liat ternyata iklan yang di pasang dengan menggunakan widget jika kita bandingkan dengan sistem parse, ternyata ada pengaruh terhadap ctr, itu menurut saya,, karena selama saya tidak menggunakan lagi sistem parse, yang muncul itu iklan2 yang, Hmm lumayan CTRnya,, tidak tau juga mengapa, atau Si embah udah tau kali ya?,,hehe.

    Oh ya,,cuman menurut pendapat mas apa tidak melanggar tuh jika kita pasang ad unit yang besar di atas judul artikel karena saya liat di https://support.google.com/adsense/answer/1346295?hl=id (Tata letak situs yang mendorong konten ke paruh bawah layar) katanya di larang Maksudnya itu apa sih??? sampai sekarang saya masih agak bingung????????????????? thanks

%d blogger menyukai ini: