Blogging Dasar

4 Hal yang Membuat Anda Tetap Menjadi Blogger Gagal

Menjadi blogger sukses adalah impian semua pemilik blog. Tapi untuk menjadi blogger sukses, butuh ‘sesuatu’ yang lebih! Bukan sebatas menulis artikel, mempublishnya, lalu selesai.

Untuk sukses, Anda butuh konten bagus, butuh promosi blog yang aktif, butuh membangun hubungan hangat dengan pembaca dan banyak lagi. Dengan kata lain, sukses blogging butuh: kerja keras!

Bagaimanapun kondisi blog Anda saat ini, jika Anda ingin blog Anda naik ke level lebih tinggi, Anda harus melakukan perubahan yang diperlukan. Guna mengantarkan Anda menjadi seorang blogger sukses, ada kebiasaan atau beberapa hal yang mesti dihindari.

blogger gagal

Nah, di bawah ini, saya mencatat paling tidak ada 4 hal yang membuat Anda tetap sebagai blogger gagal. Coba periksa, apakah Anda melakukannya?

1. Anda tidak memiliki jadwal tetap untuk blogging

Tahukah Anda, apa hal terpenting guna membangun ‘hubungan’ yang berhasil di dunia nyata?

Jawabannya adalah: keakraban dan tetap dekat berhubungan! Nah, begitu pula dalam blogging.

Jika Anda memposting 5 artikel seminggu, kemudian menghilang selama 2 bulan berikutnya, maka sebaiknya Anda melupakan untuk bisa membangun ‘keakraban’ dengan pembaca Anda.

Selain itu, Google juga terus memperhatikan frekuensi posting blog Anda, dan akan memberi rating lebih tinggi kepada blog yang diupdate secara teratur.

Tidak peduli seberapa sering Anda membuat posting baru di blog, yang terpenting adalah Anda butuh jadwal tetap untuk blog Anda. Jika Anda nyaman menulis seminggu 2 kali, oke, lakukanlah. Jika Anda hanya mampu 1 artikel per minggu, tetaplah dengan jadwal itu.

Konsistensi adalah salah satu tantangan terbesar dalam blogging, dan membuat serta mengikutinya adalah cara terbaik untuk mencapainya.

Anda akan sulit menemukan seorang blogger sukses, yang blogging ‘semaunya’ serta tidak memiliki jadwal tetap, minimal kapan mereka membuat posting baru.

Oleh karena itu, jika Anda tidak mulai membuat jadwal tetap untuk blog Anda, maka sampai bulan-bulan (atau bahkan tahun-tahun) ke depan Anda akan terus menemui kegagalan.

2. Blog Anda tidak memiliki ‘suara’ khas

Menurut Anda, mengapa banyak orang ‘tertidur’ saat rapat, ceramah, atau paparan presentasi bisnis?

Karena, informasi yang tersaji ‘garing’ dan membosankan serta gagal mengajak audiens ikut serta dalam percakapan.

Inilah hal yang sama terjadi pada suatu konten blog.  Jika konten blog kita hanya berisi informasi yang datar, ‘garing’, membosankan, tidak ada orang yang ingin mengetahuinya!

Jika saat ini, konten blog Anda tidak memiliki ‘suara’ khas, tidak ada sentuhan personal, tidak ada sesuatu yang baru dari perspektif baru, dengan data baru, dengan statistik baru, dengan cara baru, atau tidak relevan satu sama lain, maka itu semua membuat Anda tetap berada pada tahap ini. Anda tetap menjadi seorang blogger yang gagal.

3. Anda menulis untuk Google

Beberapa hal favorit untuk dilakukan oleh seorang blogger adalah: men-submit artikel ke blog direktori, berkomentar di blog lain dengan tujuan mendapat backlink, dan menulis artikel penuh keyword yang ‘dicintai’ Google. Bukan begitu?

Sayangnya, jika Anda terus melakukan kebiasaan ini, maka itu tanda lainnya bahwa Anda tetap gagal sebagai blogger.

Saat ini, Google cukup cerdas untuk mengenali bahwa Anda sedang berusaha menarik perhatian mereka dengan setumpuk keyword di setiap larik artikel Anda. Hasilnya? Bukannya Anda memenangkan persaingan, malah justru ‘ditendang’ oleh Google.

Submit-lah artikel Anda hanya ke direktori ‘terpercaya’. Berkomentar cerdas, bukan untuk mendapat link semata, tapi ikut terlibat dalam satu percakapan yang membangun keakraban sesama blogger. Terakhir, cantumkan keyword sewajar dan sealami mungkin dalam setiap artikel Anda.

Mulailah menulis untuk manusia, bukan untuk robot Google. Saya sendiri lebih memilih mendapat pembaca, dibandingkan mendapat trafik!

4. Anda tidak cukup giat berpromosi blog

Saya tahu Anda adalah seorang penulis yang cakap. Anda mampu menghasilkan konten bagus. Namun sayangnya, tidak ada orang membaca tulisan Anda!

Mengapa? Karena dunia tidak mengetahui bahwa Anda: ada!

Semua blogger sukses, adalah juga seorang pemasar yang agresif. Mereka adalah orang-orang yang giat mempromosikan diri dan blognya kepada dunia. Agresifitas mereka tidak hanya terlihat dari bagaimana mereka memanfaatkan bermacam strategi marketing, tapi juga terlihat dari struktur dan ‘suara’ konten mereka yang khas, unik dan dicari banyak orang.

Mereka mencapai target pembaca melalui berbagai strategi, seperti menjadi blogger tamu, email marketing, iklan Facebook, dan banyak cara lain yang ditempuh guna memberitahu: ‘Hey, ini adalah konten hebat yang Anda cari!’

Jika Anda meyakini bahwa hanya dengan share di Twitter dan Facebook sudah cukup membuat blog Anda dikenal orang banyak, maka itu adalah tanda Anda tetap gagal sebagai blogger di masa-masa yang akan datang.

Kesimpulan

Silakan Anda menyimpulkannya sendiri. Adakah strategi baru yang muncul di benak Anda, dan akan segera Anda laksanakan dalam waktu dekat ini?

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

19 Komentar