Freelancer

Apa Itu Freelancer?

Sejak saya membuat blog ini 3 hari yang lalu, saya mendapat cukup banyak pertanyaan dari mereka yang sama sekali belum mengetahui apa itu freelancer.

Meskipun, jika Anda membaca beberapa posting sebelumnya, seperti: Kerja Fleksibel, Menjadi Freelancer, Anda mungkin mendapatkan gambaran apa yang dimaksud dengan freelancer.

Tapi, ada baiknya kali ini saya memberi definisi yang lebih terperinci tentang apa sebenarnya yang dimaksud dengan freelancer.

Seorang freelancer, adalah orang yang melakukan suatu tugas atau pekerjaan, biasanya ia lakukan untuk beberapa klien berbeda. Untuk mudahnya, freelancer dapat diterjemahkan sebagai ‘pekerja lepas’.

Freelancer dapat bekerja full-time atau part-time. Dan karena mereka tidak dianggap sebagai seorang karyawan atau pegawai tetap, maka ia bebas menjual jasa kepada lebih dari satu klien. Biasanya mereka bebas melakukan pekerjaan dengan cara mereka sendiri, selama hasil akhirnya sesuai dengan spesifikasi dan tenggat waktu yang ditetapkan oleh klien.

Menjadi seorang freelancer, adalah salah satu cara termudah, tercepat dan termurah untuk mulai mempekerjakan diri sendiri.

Website freelancing, seperti oDesk, Guru, eLance dan banyak lagi lainnya, menyediakan semacam pasar kerja online, dimana klien memposting suatu job dan freelancer melakukan penawaran untuk melakukan pekerjaan tersebut dalam sebuah pasar terbuka, biasanya dengan persaingan yang cukup ketat.

Seiring dengan hasil kerja yang bagus, kompeten di bidangnya, dan menjaga hubungan baik klien, seorang freelancer dapat menghasilkan pendapatan yang luar biasa. Sama sekali tidak kalah dengan profesi lainnya.

Apapun keahlian yang Anda miliki saat ini, selalu ada klien yang membutuhkan keahlian Anda tersebut. Dan menjadi freelancer adalah pilihan yang sangat bagus, dan sangat layak untuk ditekuni.

Bagaimana Anda tertarik dan siap menjadi seorang freelancer? Baca bagaimana cara memulai jadi freelancer.

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar