Tantangan Blogging

Tantangan #5: Blogging Tentang Sesuatu yang Anda Ketahui

Anda pasti sepakat, jika saya katakan: orang dapat menghasilkan tulisan terbaiknya ketika ia menulis tentang sesuatu yang ia ketahui, dibandingkan tentang sesuatu yang tidak ia kuasai.

Dan saya berharap blog yang Anda miliki saat ini, Anda dedikasikan untuk menulis apa-apa yang benar-benar Anda ketahui, sesuatu yang Anda kuasai.

Nah, setelah sebelumnya saya meluncurkan 4 tantangan blogging, yaitu:

Minggu, ini saya menantang Anda untuk menulis sesuatu yang Anda ketahui! Yang saya maksud adalah sesuatu yang benar-benar Anda ketahui.

Coba, tengoklah dan tanyakan pada hati dan jiwa Anda (hehehe….), lalu pikirkanlah tentang segala sesuatu yang Anda ketahui. Pasti, Anda tahu banyak tentang banyak hal. Tapi, mana yang Anda dapat berbangga, bahwa Anda paling mengetahui tentangnya?

Apakah Anda ahli di bidang tertentu? Apakah Anda telah bekerja, atau pernah mengerjakan sesuatu, selama bertahun-tahun sampai Anda tahu seluruh seluk-beluk tentangnya? Tahu luar dan dalamnya?

Adakah sesuatu yang paling Anda suka melakukannya atau mempelajarinya, meskipun Anda tidak menghasilkan uang dari sana? Ketika orang berpikir tentang sesuatu itu, apakah mereka datang kepada Anda untuk meminta pendapat dan solusi?

Ayo! Pikirkanlah sesuatu yang paling Anda ketahui, yang Anda bisa ‘menyombongkan diri’ bahwa Anda adalah ahli terbaik di bidang itu. Lalu tulislah tentang hal itu!

Ceritakan kepada semua orang:

  • Apa yang Anda ketahui.
  • Bagaimana cara Anda mengetahui apa yang Anda ketahui saat ini.
  • Mengapa sesuatu itu menjadi hal penting bagi Anda untuk mengetahuinya.
  • Sejak kapan Anda mengetahui apa yang paling Anda ketahui saat ini.

Dan sebagainya. Yang jelas, sampaikan kepada pembaca Anda: apa yang Anda ketahui!

Ini benar-benar sederhana, sesederhana Anda menjawab pertanyaan: ‘Apa yang saya ketahui? Saya mengetahui tentang….’

Buang dulu sejenak rasa ‘rendah diri’ Anda. Buang juga ketakutan untuk mengekpresikan diri. Jangan khawatir Anda dikatakan arogan. Tidak perlu merisaukan apa yang akan dipikirkan orang lain. Cukuplah: sampaikan apa yang paling Anda ketahui!

Tulislah sebuah posting tentangnya, jika perlu buatlah blog baru, tentang hal yang paling Anda ketahui dalam hidup Anda. Orang-orang akan mengapresiasinya.

Oke, sekarang saatnya, Anda berbicara. Setelah membuat posting, kembalilah ke halaman ini, tulislah di komentar beserta link ke halaman Anda. Saya akan dengan senang hati ingin sekali mengetahui apa yang Anda ketahui!

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

4 Komentar

  • Tantangan yang menarik…kadang kita kesana kemari cari materi blog…tapi terlalu takut untuk menuliskan sesuatu yg kita ketahui dan lakukan setiap hari. Alasannya mungkin merasa hal yg diketahui itu tidak terlalu menarik untuk di jadikan artikel dan alasan lainnya.Nice challenge. Ok sy akan lakukan dan tulis apa yg sy ketahui ttg sesuatu hal.

  • @mas.
    oke mas Trigus, tetap bersemangat. Sebenarnya tantangan saya kali ini tidaklah sulit2 amat kok. Karena sy yakin, semua orang pasti memiliki sesuatu yang paling ia 'ketahui' dimana ia memiliki pengetahuan lebih dibanding kebanyakan org lain terhadap bidang tersebut.

    Nah, berarti itulah passion kita, kesukkan kita, dan hal yg paling kita kuasai. Alangkah indahnya jika kita dapat berbagi tentang hal tersebut, yaitu ttg sesuatu yg paling kita tahu, bukan sesuatu yg baru yang kita saja baru meraba-raba.
    Sukses selalu mas… 🙂

  • Hemm. cukup sulit juga yah untuk menulis sesuatu yang benar benar kita tahu, jadi minder dengan diri sendiri, ketika ingat arogansi bahwa saya memang serba tau, membaca pertanyaan portla uang membuat saya jadi nyadar, dek gitu rasanya, oh ternyata, saya harus benar benar mempelajari sesuatu untuk menjadi benar-benar tau. thank mas, saya coba untuk menulis sesuatu yang benar-benar saya tau