Desain Blog

Desain Blog: Buang Saja Informasi Tak Berguna

Satu pedoman bagi saya dalam desain blog: semakin ‘bersih’, semakin baik!

Mayoritas pembaca tidak memiliki rentang perhatian yang cukup lama, dan mereka tidak mau diganggu dengan informasi tidak berguna atau tidak relevan. Mereka ingin menemukan informasi yang mereka cari secepat mungkin.

Sayangnya, saya melihat ada banyak blogger yang kurang memberi perhatian terhadap hal ini, terutama mereka lupa untuk ‘bersih-bersih’ elemen blog yang kurang bermanfaat bagi pembaca.

Nah, di bawah ini saya tuliskan beberapa hal yang kurang / tidak bermanfaat bagi pembaca:

Informasi penulis

Kecuali blog Anda memiliki lebih dari satu penulis, maka tidak ada perlunya menampilkan ‘ditulis oleh Gee Jhon’ di setiap artikel. Pembaca yang ingin mencari informasi lebih lanjut tentang penulis blog akan mencarinya di halaman ‘Tentang Blog’.

Komentar terakhir

Recent comment biasanya menampilkan nama pemberi komentar dan beberapa penggalan kata dari komentar.

Saya akui, dulu saya memasangnya, termasuk di blog Portal-Uang ini. Tapi setelah beberapa lama, akhirnya saya menemukan bahwa recent comment ini kurang bermanfaat untuk pembaca.

Pembaca yang tertarik memberi komentar, atau pun mengikuti ‘percakapan’ di suatu artikel, akan mengklik posting itu sendiri, bukan pada komentarnya. Jika pun ada, jumlahnya sangat sedikit sekali, sehingga akan lebih baik jika diganti dengan widget yang lebih informatif, seperti random post, misalnya.

Badge

Beberapa blog direktori atau layanan ping dan sejenisnya, mengharuskan blogger memasang badge mereka (beserta link ke situs mereka).

Masalahnya, situs-situs tersebut sangat sedikit sekali menyumbang trafik bagi blog, sementara ‘mengotori’ blog kita dengan badge mereka. Dengan kata lain, nilai manfaatnya tidak sebanding dengan ‘gangguan’ secara visual di blog kita.

Cobalah melakukan evaluasi, seberapa besar manfaat sesungguhnya, sebelum memenuhi blog Anda dengan belasan badge dari berbagai situs blog direktori.

Kalender

Kecuali Anda membuat posting yang sangat terkait erat dengan masalah waktu, tidak ada alasan Anda memasang kalender di sidebar.

Namun demikian, orang-orang yang membuat blog berupa jurnal harian, konferensi atau tentang suatu perjalanan, mungkin membutuhkannya, tujuannya agar pengunjung dapat dengan mudah mengikuti perkembangan yang terjadi. Nah, jika blog Anda bukanlah tentang semua itu, maka sebaiknya buang saja.

Kesimpulannya, pastikan semua elemen di blog Anda memberi nilai manfaat untuk pembaca, bukan sekadar memenuhi ruang blog Anda dan mengurangi kenyamanan visual bagi pengunjung.

Bagaimana pendapat Anda? Adakah elemen blog lain yang menurut Anda tidak atau kurang memberi manfaat? Silakan berbagi melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

8 Komentar