Menulis Konten

5 Cara yang Terbukti Berhasil Dapatkan Ide Bagus Untuk Artikel Blog

Anda ingin menulis…. tapi Anda merasa tidak memiliki ‘apapun’ untuk dituliskan.

Anda pernah mengalaminya?

Itulah saat dimana seorang blogger (seperti Anda dan saya), kehabisan ide. Dan tanpa tahu harus menulis apa, pastinya Anda tidak bisa mulai menulis, bukan?

Sebelumnya saya pernah menyampaikan tentang cara agar tetap bisa menulis di saat-saat sulit. Nah, kali ini saya mencoba melengkapinya dengan cara bagaimana Anda dapat menggali ide bagus untuk bahan tulisan Anda berikutnya.

Dan inilah 5 cara yang terbukti berhasil untuk mendapatkan ide sebagai bahan artikel saya selama ini:

1. Bertanya kepada pembaca

Banyak sekali artikel di blog ini, adalah hasil saya bertanya atau saran dari pembaca. Ya, tanyakan kepada pembaca, apa yang ingin mereka dengar dari Anda. Pembaca Anda akan dengan senang hati mengatakannya, dan Anda akan mendapatkan banyak sekali ide untuk bahan artikel berikutnya.

2. Meminjam judul dari blog lain

Pergilah ke blog-blog populer yang sama dengan topik blog Anda. Ambil judul posting yang ada disana, dan buatlah versi Anda sendiri. Buatlah perubahan atau perbaiki seperlunya. Ini adalah cara jitu mendapatkan ide tulisan, karena Anda telah ‘memiliki’ judul yang telah jadi.

3. Berpikir seperti pemula

Jika Anda sudah cukup lama blogging dan menulis segala sesuatunya di topik yang Anda kelola, ada kemungkinan Anda lupa ‘menjadi pemula’. Masih ingatkah Anda saat-saat memulainya dulu? Saat Anda begitu bersemangat tapi hampir tidak mengetahui apapun di topik tersebut?

Nah, saatnya Anda berpikir seperti pemula. Persis seperti Anda dulu menghadapi berbagai kesulitan. Apa yang paling ingin Anda ketahui dulu? Apa yang membuat Anda bingung saat Anda masih pemula? Lalu, tulislah tentang itu semua.

4. Tulislah ide sebanyak-banyaknya

Satu saat, kadang kita menjadi sangat produktif. Ide sepertinya tercurah begitu saja dari kepala kita. Nah, pada saat Anda mudah menemukan ide, biasanya Anda mampu menuliskan ide lebih banyak lagi.

Jangan membatasi diri untuk menulis 1 – 2 ide, atau 10 ide. Tulis sebanyak-banyaknya. Jangan berpikir jauh dulu tentang ide-ide tersebut, tulis saja apa yang keluar dari sisi kreatif Anda. Tidak ada ide yang terlalu buruk.

Nah, jika Anda memiliki stok ide yang Anda dapatkan ketika Anda sedang bergairah, maka suatu ketika Anda sedang mengalami kebuntuan, Anda dapat membuka-buka kembali catatan Anda.

5. Menulis sesuatu yang Anda tidak setujui

Bila Anda menemukan publikasi, entah di koran, majalah, atau di blog lain tentang sesuatu yang berkaitan dengan topik Anda, dan Anda secara mendasar tidak setuju dengan apa yang disampaikan, maka Anda sudah memiliki bahan untuk tulisan Anda yang hebat.

Tulislah ketidaksetujuan Anda, lengkap dengan argumen-argumennya. Ini benar-benar saat paling bagus untuk menunjukkan jati diri Anda.

Nah, itulah 5 cara yang terbukti berhasil menggali ide untuk bahan tulisan posting blog. Memang tidak selamanya kita sebagai blogger, selalu dalam keadaan siap menulis artikel baru, untuk itu saya sering menyarankan menyiapkan posting darurat, yang siap pakai kapan saja kita sedang mengalami kebuntuan.

Bagaimana? Apakah Anda memiliki tips lain mendapatkan ide bahan artikel di saat-saat sulit? Silakan berbagi melalui komentar. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

10 Komentar

  • @gudang.
    tawaran yg menarik… akan coba saya pertimbangkan 🙂 terima kasih sebelumnya.

    @ani.
    untuk bisa menghasilkan maka kita harus punya banyak 'tabungan'. dengan kata lain, untuk bisa menulis, harus banyak membaca lebih dulu. Semakin banyak 'tabungan' pengetahuan, pengalaman dan keterampilan kita, maka menulis dan menyampaikannya kembali kepada orang lain, pasti akan menjadi mudah.

    Sukses selalu!

  • Gan untuk menulis artikel di blog kita pakai satu blog per artikel atau satu blog untuk semua artikel yang kita posting. Saya gagal melulu daftar Google adsance. Salalu di tolak.. Ini blog saya gan tolong dianalisa di mana letak salahnya. Thank
    refykuya.blogspot.com

  • @wahyu.
    Waduh, senang banget Mba Ririn mampir ke sini, hehe….

    ya betul mba, ya itulah seperti yg mba katakan, kita sebagai blogger selalu dituntut menulis, menulis, dan menulis: dengan ide baru nan segar! Tapi apa? Kemampuan, mood, dan semangat kita sangat terbatas.. so.. pandai2 menyiasati aja. sukses selalu buat kita semua. Thanks!

  • iya banyak sekali ya mas munculnya ide menulis artikel itu, yakni bisa berasal darimana saja. Akan tetapi kadang mood untuk menulis itu kadang ada dan kadang tidak ada,sehingga terpaksa vakum untuk berhenti sejenak untuk tidak menulis. Oleh karena itu saya lebih suka menerbitkan artikel secara terjadwal, agar bisa menyiasati kebuntuan akan tidak adanya ide untuk menulis 🙂