Google Adsense

9 Hal yang Harus Anda Lakukan Sebelum Mendaftar Adsense

Saya tahu, Anda ingin mendapatkan banyak uang dari Google Adsense, bukan?

Sayangnya, saat ini mendapatkan akun Adsense tidaklah terlalu mudah. Anda perlu menyiapkan dan ‘melakukan sesuatu’ agar diterima dengan baik oleh Google.

Nah, di bawah ini adalah hal dan langkah yang perlu Anda siapkan atau lakukan sebelum mendaftarkan blog Anda ke Google Adsense.

1. Halaman kebijakan privasi (privacy policy)

Ini adalah salah satu yang paling umum menjadi sebab blog ditolak oleh Adsense. Meskipun banyak orang mengatakan halaman kebijakan privasi bukanlah sesuatu yang penting, tapi mereka salah.

Halaman kebijakan privasi menjelaskan kepada pengunjung apa yang mereka dapat dari blog Anda, apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Jadi sama sekali tidak ada salahnya Anda membuatnya.

Dalam hubungannya dengan Google Adsense, halaman kebijakan privasi ini menjadi salah satu pertimbangan mereka dalam menerima blog Anda dalam program Adsense.

Anda bisa membuatnya sendiri, atau memakai generator online untuk membuat halaman kebijakan privasi. Tapi, jika Anda tidak mengetahui apa yang ingin Anda tulis, silakan lihat contoh halaman kebijakan privasi, bahkan Anda boleh menggunakan di blog Anda, tentu dengan melakukan perubahan seperlunya.

2. Halaman ‘about’ (tentang blog)

Halaman About adalah salah satu halaman paling penting pada sebuah blog, jika Anda tidak berniat mendaftar ke Adsense. Tapi jika Anda ingin menjadi penayang Adsense, maka kemungkinan blog Anda diterima hampir 0%, jika Anda tidak memiliki halaman ini.

Halaman about, adalah halaman yang secara singkat menjelaskan tentang Anda dan blog Anda. Ini bukan hanya sarana membangun hubungan yang baik dengan pembaca, tapi sekaligus meraih kepercayaan dari mereka.

3. Halaman kontak

Memang ini tidaklah wajib. Namun, jika Anda ingin berpeluang diterima Google Adsense, maka Anda harus membuatnya.

Sebagai seorang blogger, Anda menyampaikan ide atau pendapat Anda tentang sesuatu. Dan adakalanya, mungkin satu tulisan Anda yang ‘menyenangkan’ satu pihak, justru membuat tidak nyaman bagi pihak lain. Karena itu, adalah sesuatu yang baik, jika Anda memberi kesempatan kepada pembaca untuk menghubungi Anda untuk menyampaikan pendapat mereka, apa yang mereka suka, apa yang mereka benci dari blog Anda.

Dengan adanya halaman kontak, akan membuat tim Google Adsense, menganggap Anda serius dan benar-benar peduli terhadap pembaca Anda, bukan sekedar peduli terhadap uang dan Adsense. Sehingga peluang Anda diterima pastinya semakin besar.

4. Jumlah posting minimum

Dalam hal ini tidak ada jawaban ataupun angka yang pasti. Karena ada blog yang cukup mapan dengan jumlah artikel 200 lebih, mengatakan ditolak berkali oleh Adsense. Di sisi lain, ada pula blog dengan 30 artikel dapat diterima dengan baik. Pasti ada hal lain yang mempengaruhinya.

Tapi, bagaimanapun jumlah artikel memang jadi salah satu pertimbangan Adsense dalam menerima atau menolak Anda. Berdasarkan pengalaman saya, blog dengan jumlah paling sedikit 50 artikel lebih berpeluang diterima.

Sekali lagi, ini untuk menunjukkan bahwa kita serius blogging, bukan sekedar ingin menjalankan Adsense.

5. Desain blog

Desain blog adalah hal terpenting kedua setelah konten Anda. Desain menunjukkan keahlian, pengalaman dan profesionalisme Anda.

Karena itu berhati-hatilah dengan desain blog ini. Satu saja tidak disukai oleh tim Adsense, blog Anda akan ditolak. Desain sederhana, bersih dan mengutamakan kemudahan dalam navigasi jauh lebih disukai Adsense.

6. Jenis konten

Pastikan konten Anda sesuai dengan kebijakan Google Adsense. Topik-topik seperti berbau pornografi, hacking/cracking, download aplikasi bajakan, obat-obat terlarang dan sejenisnya, tidak akan diterima sebagai penayang Adsense.

Selain itu, artikel-artikel pendek yang kurang dari 300 kata, juga tidak banyak membantu diterima oleh Adsense. Bukannya Anda tidak boleh menulis artikel pendek, tapi jika sebagian besar konten Anda hanya berupa artikel pendek kurang dari 300 kata, maka kemungkinan besar akan ditolak oleh Adsense.

7. Menawarkan nilai dan manfaat

Jangan pernah mengeluh jika Anda tidak menghasilkan uang sepeser pun dari blog Anda, jika Anda hanya bertujuan mendapatkan uang dari blog, Karena, itu artinya tidak ada nilai dan manfaat yang Anda tawarkan kepada pembaca. Dan, Google Adsense sangat tidak menyukai blog semacam ini.

8. Iklan lain

Meskipun Google Adsense mengijinkan Anda memasang iklan dari ads network yang lain, tapi ketika mendaftarkan menjadi publisher Adsense, sebaiknya Anda copot dulu iklan yang telah terpasang.

Nanti, setelah Anda diterima, Anda dapat memasangnya kembali.

9. Top level domain

Kecuali blogspot.com (yang memang milik Google). tidak ada peluang diterima Adsense, jika Anda menggunakan sub-domain, seperti wordpress.com dan lainnya.

Karenanya, jika Anda menggunakan platform blogging selain Blogger dan ingin menjadi publisher Adsense, maka Anda harus membeli domain sendiri.

Nah, itulah 9 hal yang harus Anda persiapkan sebelum mendaftar ke Google Adsense.

Bagaimana? Anda merasa blog Anda sudah layak diterima Adsense? Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

106 Komentar

  • terimakasih on gee jhon. saya selalu di tolak adsense & belum pernah diterima,
    sekarang saya mempersiapkan blog baru antapedia.com mudah2n diterima.

  • Maaf Mas bisa tolong koreksi kesalahan blog saya mas?
    saya ada blog lama, artikel lumayan banyak dan pengunjung juga, tapi blog campuran. Kira-kira apa yg harus saya lakukan agar bisa approve mas.

    Terimakasih banyak

  • makasih atas infonya sangat membantu, klau bisa tolong cek web saya karena sudh dua kali ditolak edsense dengan jenis penolakan melanggar kebijakan google. mungkin ada yambahan masukan dari anda karena sekarang saya sedang mempersiapkan untuk daftar yang ketiga sekitar 1 atau 2 minggu lagi. makasih sebelumnya

  • Mohon pencerahannya mas Gee Jhon
    Ada apa dengan pendaftaran Adsense sekarang, biasanya sekitar 1 jam setelah daftar kita bisa masuk ke dasbor adsense.
    Tapi sekarang kok beda ya, langsung ada email penolakan padahal belum pasang unit iklan di blog

      • Isi email nya seperti penolakan pada umumnya mas, konten tidak memadai.
        Apa mungkin karena jumlah artikelnya masih 26 ya. Tapi setiap artikel minimal 500 kata kok, bahkan banyak yang di atas 1000 kata

      • kebanyakan masalah untuk web wisata itu pada gambarnya, saya cek beberapa gambar agan ada yang tidak unik. alias di google ada yang upload dengan gambar yang sama, bisa saja kan gambar itu punya hak cipta gan πŸ™‚ pertanyaan gambar gambar yang di web agan apa ada yang dapat dari google atau cari di internet bukan gambar jepretan asli agan.

      • Begitu ya gan, memang ada beberapa gambar saya yg hasil jepretan sendiri. Namun banyak juga yang diambil dari blog lain atau instagram, tapi saya tetap mencantumkan sumbernya kok gan.

        Jadi apa saya harus menghapus gambar tersebut atau gimana gan? minta solusinya

      • solusi saya ganti keseluruhan gambar yang bukan gambar jepretan sendiri, atau bisa cari gambar yang free. jika memang tidak bisa cari niche lain , kalau dah dapat akun coba kaitkan sama blog yang sekarang

  • aku daftar kok sering ditolak dgn alsan akun anda memilki lebih dari 1 akun. padahal akun yg lama sdh sy non katifkan dr adsense. ada cara lain g mas?

    • tidak perlu pake was-wasan segala bos. toh kita gak ngeluarin biaya kok tuk daftar adsense. Jadi yg terbaik coba saja langsung. Bila ditolak pun, nanti lebih enak kita bisa tahu mana2 yg kurang. Berapa kali pun ditolak, selalu kita bisa daftar ulang, terusss… sampai diterima. Jadi apa perlu was-was lagi?

  • salam sejahtera oom Gee Jhon, knp blog saya blm bisa diterima oleh google adsense oom , tolong pencerahan tentang blog saya oom .sebelunnya terima kasih oom

  • Super sekali mas…
    sudah saya bookmark biar bisa bolak balik kesini…
    oiya melihat Point No 5 soal Design, saya suka sama design portal uang, klo boleh minta saran, boleh dong mas klo ada theme wp yang rapih seperti Portal uang…
    maksih ya mas…
    Sukses Buat Portal uang..

    • bila akun adsense didapat dg mengajukan blog saat masih menggunakan blogspot, maka begitu diganti TLD, blog harus diajukan ulang untuk direview kembali. krn itu dianggap blog yg berbeda.

  • dulu saya mendaftar google adsense menggunakan platform blogger dan diterima. Namun sekarang saya mendaftar pakai wordpress kok sulit sekali ya sob, memang tidak ada email penolakan, cuma proses review keduanya hampir satu bulan. mohon pencerahannya… makasih sebelumnya

    • ya memang spt itu prosesnya skr. Dan memang disebutkan bahwa proses review kedua bisa berlangsung beberapa minggu. Jadi menurut sy, tunggu saja dulu, bila sampai 6 minggu tidak jg ada kabar, bisa mengajukan ulang.

  • Wah seharusnya saya membaca informasi ini dulu sebelum saya mendaftarkan blog saya ke google adsense, tapi sudah terlanjur. Berarti saya harus siap untuk menerima penolakan secara halus dari google adsense. Karena blog saya masih jauh dari kriteria yang disebutkan mas Jhon diatas.
    Terima kasih mas Jhon, informasi yang sangat berguna bagi newbie seperti saya.

  • hai mas Jhon salam kenal, webnya bermanffat sekali, mudah dimengerti, saya berencana daftar ga, ternyata musti bikin privacy policy, boleh saya contek ya ?, tks, kalo ada waktu maen ke blog saya

  • Hallo Mas Gee Jhon..

    Saya senang membaca artikel2 di blog Anda dan bagi saya sangat bermanfaat dan menginspirasi.

    Oh ya, Mas… Saya rencana mau buat web gado2 alias niche yg beragam seperti kesehatan, kecantikan, fashion, bisnis, karir, uang, teknologi, wisata, hiburan. Menurut Mas Gee, apa bisa di trima web bahasa Indonesia dgn tema gado2 seperti itu oleh google adsense..?

    Domain yg rencana saya gunakan adalah berbayar dgn tempalate sederhana. Saya juga tlah menyiapkan artikel 300-400 kata sebanyak 100 buah. Kira2 kapan ya Mas sebaiknya saya daftarkan web saya nantinya ke google adsense..?

    Rencana, bila berjalan lancar, saya ingin online kan web nya akhir november 2015 ini. Untuk itu mohon pencerahannya Mas Gee.. Terima kasih Mas..

    • sebelumnya terima kasih banyak atas kunjungan dan apresiasinya terhadap portaluang.

      mengenai web gado2 spt yg disampaikan, tentu saja bisa sekali diterima oleh adsense dg konten indonesia. yg terpenting semua aspek blog sudah sesuai dg kriteria yg diinginkan adsense.

      sy sarankan, saat terbaik mendaftar adsense, adalah dg bersabar menunggu sampai blognya mulai sedikit2 mendapatkan trafik organik dari SE.

  • Mas, kalau buat blognya pakai email yang ngga sesuai data pribadi apakah ada pengaruhnya terhadap penolakan dari google adsense ? terus blognya banyak dengan email yang beragam apakah itu jg berpengaruh ?

    • saya kira tidak pengaruh bos Fadhil. Krn sy sendiri menggunakan email yg data pribadinya tidak sama dg data pada akun adsense. Tp entahlah, sy blm pernah melakukan riset ttg hal tersebut.

    • coba saja pake blogger, itu cara paling mudah buat blog. pake tablet. sy kira bisa2 saja, namun blog itukan isinya artikel, mungkin ribet jg ngetik di tablet y? πŸ™‚

  • @hidup.
    entahlah, sy blm pernah coba pake domain .ga, apakah itu domain gratisan? agak sulit memang dg domain gratisan, begitu cerita dari teman2 yg lainnya.

  • @mey.
    tidak patokan apapun mengenai panjang artikel sebagai syarat adsense. Dalam panjang artikel, yang paling penting adalah tuntas dalam menyajikan sesuatu. Mau panjang, mau pendek, yg dilihat adalah nilai manfaatnya.

    Memang berat, saya juga merasakannya, untuk menyajikan artikel panjang setiap hari. Strategi terbaiknya adalah dg menulis 2 macam posting:
    1. posting artikel pilar (yg panjang dan tuntas lebih dari 1000 kata)
    2. posting reguler harian (200 – 500 kata)

    Artikel berikut semoga memberi pencerahan:
    http://www.portal-uang.com/2013/08/cara-membuat-konten-yang-bernilai.html
    http://www.portal-uang.com/2014/03/perbedaan-posting-pendek-dan-panjang.html
    http://www.portal-uang.com/2014/12/mana-lebih-baik-artikel-panjang-atau-pendek.html
    http://www.portal-uang.com/2013/12/membuat-artikel-pilar-blog.html

    Sukses selalu untuk Mba Diana.

  • Mau tanya, mas. Mengenai jumlah kata dalam artikel/posting.

    Sebenarnya, artikel "ideal" menurut Google Adsense itu yang berapa kata sih? Soalnya ada yang menyebut harus di atas 500 kata, ada pula yang menyatakan harus di atas 400 kata, sedang di sini tampaknya panjenengan membolehkan artikel sekitar 300-an kata (kalau saya tidak salah tafsir pada poin 6 di atas).

    Saat ini saya baru bikin blog yang rencananya akan saya monetisasi dengan Adsense. Saya mencoba mematuhi "aturan" agar tiap artikel yang diposting memiliki jumlah kata di atas 500. Namun sejujurnya itu terasa berat. Di sisi lain, saya juga tidak berani menulis artikel yang di bawah 500 kata, karena khawatir nantinya pengajuan pendaftaran Adsense saya ditolak.

    Jadi, sebenarnya, artikel ideal yang sesuai standar Google Adsense itu berapa kata, mas? Matur nuwun sebelumnya.

  • @muhammad.
    apakah sudah dicoba untuk re-submit? Saya baru dengar ada kejadian spt itu. Oya, apakah blog yg diajukan menggunakan blogspot.com? Untuk lebih jelas, boleh silakan ngobrol via hangout. πŸ™‚

  • Gan kemaren" ane daftar adsense, lalu langsung ke tahap reveiew ke 2 tanpa ada Email pemberitahuan tahap ke satu, terus di tolak, ya mungkin ditolak karena template dan penempatanan navigasi yang membingungkan.
    Lalu ane daftar lagi , eh pas besoknya di buka disuruh Resubmit , dan besoknya begitu lagi !
    itu kenapa ya ?
    Mohon balas komentar saya πŸ™‚
    kalau perlu dikirimkan ke muhammadzhain@yahoo.com , thanks before.

  • @eben.
    memangnya pada waktu ditolak, apa alasannya? harusnya dari situ kita bisa perbaiki apa2 yg kurang.

    memang 1 blog yg sama yg berkali ditolak, jadi sangat sulit untuk didaftarkan lagi. semacam ada blacklist spt itu.

    lebih baik ganti ke TLD, dan coba lagi.

  • @daniel.
    hehe…. sejak ganti ke TLD, trafik ckp turun drastis, baru beberapa minggu ini mulai perlahan bergerak normal. sebelum turun mencapai di atas 200rb/bln. klo masalah ctr, rata2 3.5%.

    oya, terima kasih banyak atas koreksinya. dg demikian kesalahan telah diperbaiki! πŸ™‚

  • Kalau boleh tahu, sekarang setiap bulan pengunjung/pageview blog portal uang berapa mas, trus gambaran hasil adsense berapa % dari total pengunjung yang klik iklan…? untuk bahan riset aja si mas…

  • Terimah Kasih yah…
    sekarang saya tau lebih banyak tentang apa yang gharus saya lakukan sebelum mendaftarkan blog saya ke AdSense. karena saya baru saja masuk ke dunia blogger. saya kira dapatin uang dari blog itu mudah, ternyata sulit harus ini, harus itu. tapi hasil yang dituai begitu memuaskan.
    Dulu saya membuat blog karena ingin mendapatkan uang. Karena tau itu sulit, saya tidak akan menyerah. saya akan perbaiki blog saya.
    Makasih Mas infonya…

    Kunjungi Blog Saya : maaf promo
    dwimuriridhow216.blogspot.com
    Blog baru, mohon bantuannya…

  • gan saya mau nanya ni,,
    di blog ane sudah di terima di adsense ,, tapi ane punya crack dan software di dalamnya,, bagaimana itu gan ? ada ngaruh enggak nantinya ?

    ini link buat di review sama agan πŸ™‚
    makasih sebelumnya…

  • @eka.
    memang ada kemungkinan seperti itu, apalagi telah pernah 3x ditolak. Namun, apakah sebelumnya sudah memasang kode iklan di blog yg memakai custom domain tersebut?

  • Mau tanya mas, kalau email pengaruh ga ?
    begini detailnya :

    Sy punya hosted dari youtube dan bisa dipakai diblogspot karena daftarnya dulu taun 2012, beda dengan youtube sekarang yg kalau mau pasang diblogspot harus review dulu.

    Sy coba buat blog baru pakai blogger custom domain, udah coba upgrade & nunggu 2 mingguan tapi pas sy login ke adsense tiba2 peringatan merah yg memberitahu kita harus pasang unit diblog yg didaftarkan hilang tanpa ada balasan diterima atau ditolak

    email yg saya pakai sudah 3x ditolak waktu daftar pakai blog lama, apa ini pengaruh yah

    Berbeda dengan teman sy yang 1x daftar langsung full aprove (dia juga sama2 upgrade hosted dari youtube seperti saya), kontenya waktu daftar cuma 40an bedanya dia pakai email baru yg belum pernah dipakai daftar GA dan pakai WP

    Sy upgrade agar bisa dipasang di domain mana saja karena rencananya mau buat di wp dan earning sy sekarang udah lebih dari $50 (dari blogspot + yooutube) tapi pas upgrade ga ada jawaban, malah peringatan harus harus pasang unit diblog yg didaftarkan ilang tapi ga ada jawaban juga diterima atau ditolak dan ternyata dibagian site authorization jadi bisa diisi lagi, kan kalau pas ngajuin dan masih proses pasti ga bisa diisi tu

    Maaf kepanjangan pertanyaannya mas πŸ™‚

  • @katon.
    apakah sudah memasang kode iklannya di blog? Kalau sudah, apakah sudah melalui review tahap kedua? Jika belum, itu berarti blognya masih dalam peninjauan.

    Coba buka akun adsense-nya, apakah sudah disetujui secara penuh?

  • @dikky.
    jika sudah memiliki akun adsense hosted (dari youtube), maka tidak perlu membuat akun adsense baru. Untuk bisa menampilkan iklan di blog, silakan daftarkan blognya melalui setelan adsense. Cara ini biasa disebut meng-upgrade akun hosted menjadi akun biasa.

    silakan masuk ke dasbor Adsense, masuk setelan akun, pada bagian Akses dan otorisasi, pilih Otorisasi situs. di sebelah kanan pada kolom Saya akan menampilkan iklan di: ……….. masukkan alamat blog. Nanti akan direview oleh tim adsense, 2 – 7 hari. jika disetujui maka akun hosted berganti sudah menjadi akun full approve.

    mengenai layak atau tidaknya, saya tidak bisa memastikan. Silakan langsung daftarkan. JIka misalnya ditolak, maka Anda bisa tahu dimana letak kekurangannya. Lalu diperbaiki, dan dapat mengajukan kembali.

    Jarang org yg mendaftar Adsense diterima langsung, biasanya butuh 2 atau beberapa kali.

  • Gan saya mau tanya.

    saya sudah mempunyai akun google adsense tapi di youtube.
    tapi yang menjadi kendala nya kan untuk sekarang iklan tidak bisa di pasang di blogspot.

    Terus solusi nya bagaimana ya gan.

    Apakah saya mendaftarkan kembali akun google adsense untuk blog dan mendaftar nya di dahsboard blogger

    Apakah itu menyalahkan aturan ya gan.???

    Oia minta pendapatnya dong tentang blog saya,apakah sudah termasuk layak untuk di daftarkan ke google adsense.
    http://kemediablogger.blogspot.com/

    di tunggu balas san nya.
    Terimakasih.

  • @george.
    saya jawab: bisa! Google sama sekali tidak mensyaratkan usia blog agar diterima dalam program Adsense bagi publisher Indonesia. Saya sendiri dulu, mendaftarkan blog dengan usia baru baru 2 bulan, dan diterima.

    Disini bukan masalah usianya, tapi adalah layak tidaknya (di mata Adsense, tentu) blog kita dengan kebijakan mereka.

  • @catatan.
    silakan baca lagi kalimatnya… πŸ™‚

    Di situ saya tulis, kecuali blogspot.com. Kalau tidak percaya silakan silakan daftar adsense dg menggunakan sub-domain, pasti akan ditolak saat itu juga.

    Tuk pengguna blogspot pun, jika mendaftarnya tidak melalui dasbor Blogger, maka sama saja tidak bisa.

  • Yang Terakhir Masih Menjadi Pertanyaan Besar buat saya.. karna Blogspot Itu Lebih di suka sama Om Google/Adsense Brow…

    Mungkin bisa dijelaskan kenapa Bisa Tidak Di terima Adsense Bila Menggunakan Blogspot.com..

  • @willem.
    sebelum menjawab 2 pertanyaannya, saya ingin menegaskan bahwa jumlah visitor sama sekali tidak jadi pertimbangan bagi Adsense tuk menerima aplikasi atau tidak. Meskipun visitornya 100k / day, namun jika konten / blognya tidak memenuhi syarat mereka, maka pasti akan ditolak.

    1. Biasanya paling lama 1 minggu. Dan untuk pengajuan lebih dari 3x dengan blog yg sama, tanpa ada perbaikan signifikan (apalagi dalam waktu yang berdekatan), biasanya tidak akan 'digubris' oleh Adsense. Untuk sebaiknya tunggu paling cepat 2 bulan, sebelum mengajukan kembali setelah ditolak sebelumnya.

    2. dengan jujur saya katakan, (menurut saya) blog Mas Willem belum layak diterima Adsense. Oya, halaman tuk desclaimer, kontak, dan about, buatlah dengan menggunakan 'page / laman', jangan memakai posting.

    Selain itu, coba perbaiki desain blognya, terutama menu dan ukuran huruf. Patokan utamanya adalah buat semudah dan senyaman mungkin pengunjung menikmati konten blognya.

    Terakhir, Adsense sangat menyukai blog dengan niche yang spesifik dan tidak campur2… Good luck, semoga sukses…. pada akhirnya.

  • saya sudah 5 kali mengajukan google adsense. dalam 5 kali, 2 kali dibalas via email dan 2 kali tidak dibalas. sekarang juga sudah 10 hari belum dibalas. pada hal pengunjung saya 600 sampai 1000an pengunjung per hari dan ada 260 postingan. Pertanyaan:
    1. Berapa lama google adsense menjawab?
    2. apakah menurut agan blog saya ini http://yayannerz.blogspot.com layak diterima oleh google adsense? kalau tidak layak, apa yang harus saya perbaharui? TERIMA KASIH

  • jadi blog dengan bahasa indonesia tetap di terima oleh google adsense ? terima kasih ya mas, infonya sangat bermanfaat terutama bagi saya yang masih baru dalam dunia blogging.

  • @anggi.
    hehe…. yang dimaksud copas itu adalah menjiplak artikel orang lain, dari blog lain. Kalau misalnya kita tulis sendiri trus di ms word atau dimanapun, trs dijadikan posting, tentu sangat sangat boleh πŸ™‚

  • @cara.
    tidak benar, blog b. indonesia dapat diterima dengan baik oleh Adsense. Jika suatu blog tdk diterima pasti ada sesuatu yang tidak memenuhi syarat. Syarat diterima adsense, tidak melulu masalah jumlah konten dan orisinalitas kontennya, tapi juga desain, menu, kemudahan navigasi, dan sebagainya….

  • Bahasa yang digunakan pengaruh ga mas ?
    katanya blog Indo susah diterima, ada temen saya umur blognya udah dari 2010 dan kontennya original semua (kalo dicopa mah iya) tapi ga diterima juga sama adsense
    halaman about dll udah dibikin juga.

    Makanya sy juga mau daftar jadi mikir2 lagi akhirnya milih youtube aja dulu

  • @wahyu.
    wah… benar sekali tuh Mbak Ririn… usia yg kurang dari 18thn.. seharusnya saya mencantumkan di artikel di atas.. hehe…. tapi gapapa sudah ditambahin oleh mba ririn.. makasih atas tambahannya, semoga lebih bermanfaat tuk pembaca lainnya…

  • banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum blog kita di daftarkan kepada Google AdSense. Hal sepele seperti usia pemilik blog yang kurang dari 18 tahun, ini kadang sering dilupakan ya mas oleh para blogger, sehingga nggak bisa di approve pendaftaran nya. Dengan adanya artikel diatas, sedikit-banyak bisa membantu para blogger yang tengah galau karena ditolak oleh google adsense ya mas. Jadi harapannya bisa di apporve apabila mempraktekkan tips diatas πŸ™‚

  • @abu.
    perolehan adsense terkait sangat erat dg trafik…. pertama yg harus dilakukan adalah meningkatkan trafik blognya… selain lakukan juga optimasi dan eksperimen sampai menemukan yg terbaik.

  • @mekanik.
    menurut gak juga. tergantung dari topik blognya. Karena Adsense memberlakukan harga secara global. Memang ada beberapa negara yang memiliki cpc tinggi, seperti USA dan Kanada, tapi itu bukan krn bahasa blognya. tapi karena iklan dg geo targeting.