Promosi Blog

Meninggalkan Nama Blog Saat Berkomentar: Baguskah Dilakukan?

Berkomentar di blog lain, khususnya di blog-blog dengan topik yang sama, adalah metode yang sangat bagus untuk mempromosikan blog serta mendapatkan visitor baru. Hal itu tidak diragukan lagi, pada artikel:Β 8 Manfaat Berkomentar, saya mengulasnya secara mendalam.

Namun demikian, saya masih melihat banyak blogger (termasuk yang berkomentar di blog ini), memilih mengisikan nama / alamat blog pada kolom ‘nama’ di form komentar.

Pertanyaannya, baguskah hal itu dilakukan? Apakah berpengaruh terhadap kredibilitas Anda sebagai blogger? Hal itu yang ingin saya bahas pada artikel kali ini.

Saya akui, dulu saya pun melakukan hal tersebut, karena saya berpikir jika saya menuliskan nama, maka sepertinya tidak pernah ada orang yang tertarik mengkliknya. Dan sebaliknya, jika saya menggunakan nama blog, akan membuat orang lebih tertarik mengkliknya.

Namun benarkah demikian?

Yang jadi masalah dari logika itu adalah, justru orang-orang menganggap Anda tidak lebih dari sekedar ingin mempromosikan blog Anda, dibandingkan benar-benar ingin terlibat dalam diskusi. Pada akhirnya Anda bisa dianggap sebagai spammer.

Betul, mungkin beberapa kali ada orang yang mengklik nama blog Anda, dan Anda mendapat visitor baru, tapi lambat laun, hal tersebut lebih banyak menghancurkan reputasi Anda dibandingkan jumlah pengunjung baru yang Anda dapat.

Lebih jauh, blogging itu sendiri berkembang sampai menjadi seperti sekarang ini, adalah karena melalui blog lah memungkinkan terjadinya percakapan antar blogger satu dan lainnya, serta terciptanya hubungan antara blogger dan pembaca.

Nah, komentar, adalah salah satu sarana hubungan dan terciptanya percakapan tersebut. Dan seperti layaknya sebuah percakapan, mesti bersifat personal agar memiliki nilai. Dan meninggalkan nama Anda, jauh terlihat lebih personal dibandingkan meninggalkan nama blog.

Jadi, yang terbaik adalah hindari menggunakan nama blog sebagai ganti nama Anda. Tetaplah gunakan nama Anda, itu akan lebih dihargai di mata blogger lain. Lagipula perlu diingat, bahwa nama Anda tetap berisi link menuju blog Anda.

Jadi, meskipun Anda tidak menggunakan nama blog, jika orang tertarik dengan komentar dan percakapan yang Anda bangun atau pendapat yang Anda sampaikan, mereka pasti akan berkunjung ke blog Anda. Itulah mengapa Anda harus mampu berkomentar dengan cerdas di blog lain.

Tapi meskipun begitu, saya juga ingin menyampaikan bahwa, mungkin ada beberapa pengecualian dalam hal ini. Jika nama blog Anda mengandung nama Anda sendiri, seperti misalnya ‘xxxxx-nama-anda.com’ maka boleh saja Anda menggunakan nama blog Anda.

Atau jika Anda berbicara atas nama identitas blog, Anda seharusnya memang menggunakan nama blog, bukan nama Anda sendiri.

Terakhir, jika memang Anda benar-benar ‘memaksakan’ menggunakan nama blog pada komentar, sebaiknya ditempatkan dalam tanda kurung, seperti contoh: GeeJhon (portal-uang).

Bagaimana pendapat Anda sendiri? Baguskah menggunakan nama blog pada saat berkomentar di blog lain? Mari kita diskusikan melalui kolom komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

31 Komentar

  • Saya baru sadar om, ketika artikel di blog saya mendapat 1 komentar dari visitor, ternyata diakhir pesan yang membangun ada sebuah link aktif yang di sisipkan oleh visitor tersebut, yang akhirnya saya edit dan hapus link aktifnya. Tanpa saya sadari, ternyata saya sendiri pun sering menyisipkan domain blog setiap kali memberikan komentar pada blog yang relevan. hiihihi
    terimakasih pencerahannya om Gee.. Sukses selalu

  • Mau tanya nih Mas…?
    Biasanya seorang blogger memiliki blog lebih dari satu, nah yang jadi pertanyaan disini; bagaimana cara mengganti nama di menu select profile pada saat mau ninggalin komentar. Soalnya kalo kita sudah sign-in ke blogger.com di kolom select profile pastinya sudah ada namanya, nah nama itu pengin diganti dengan nama yang ada di blog satunya. Sekian dan ta tunggu replaynya Mas…maturnuwun

    • Apakah blog lain satunya itu pake email yg sama? Setahu saya, bila menggunakan akun blogger tuk berkomentar, maka profil itu menuju ke hal. profil blogger, bukan link ke blognya. Jadi ya gak bisa dganti, krn kan mengacunya pada akun bloggernya, bukan pada alamat blognya.

  • bener juga si mas,kalo kayak gitu jadinya ngespam,kalo orang liat kayak gitu pasti ga ada yang mau ngeklik.komentar2 yang mempunyai unsur diskusi dan emang ingin berkomentar lebih bagus dan pasti jadi tanya jawab.saya pikir itu jadi komentar yang baik mas

  • @lanjar.
    tidak masalah mas Lanjar…. dengan mengujungi profil G+ pun, org akan mencarinya di profil tersebut, mana apa yg dia miliki. dan jika cukup tertarik dia pasti akan mengunjungi blognya. itu lebih baik… .meskipun di kolom nama diisi dg nama blog, dan menuju blognya…. klo pembaca tidak tertarik, sama saja boong, mereka tidak akan mengunjungi blog Anda. Jadi inti utamanya adalah: memberi komentar bermutu. tidak nyepam, itu praktek terbaik menjalin hubungan sesama blogger dan pembaca secara umum.

  • penyelesaian/solusi yang bagus,tapi bagaimana dengan blog yang sudah di tautkan ke g+,karena setahu saya ketika berkomentar menggunakan nama[akun google] maka ketika diklik oleh admin larinya ke profil g+ sementara sikomentar harapanya agar admin juga berkunjung keblognya……benar/salah

  • @trik.
    ya boleh2 saja, tapi itu artinya hilang kesempatan tuk saling mengenal lebih baik, seperti saya jawab komentar ini, saya tidak bisa lgsung menyapa nama… πŸ™‚

  • @nugroho.
    masalahnya bukan menggunakan nama G+ atau open id, tapi menggunakan nama atau alamat blog. hmm….. oke, y udah deh kalau g mau kasih tahu, πŸ™‚

    @anugroho.
    ini satu orang ya? πŸ™‚ y memang verifikasi dan capctha bikin sy juga ga jadi tuk berkomentar.. capek. πŸ™‚

  • Tambahan bang, paling gak suka dengan blog yang menggunakan kata-kata verivikasi. Merepotkan…Kalo loadingnya cepet gtu enak, kalo pas lola mesti nunggu lama nunggu munculnya kode verivikasi. hadech…Kalo dah gtu malah tak tinggalin.

  • Mau tau pendapat saya? Bener mau tau mas Gee Jhon?xixi…
    Kalo saya perpaduan bang, kadang menggunakan nama google plus kadang juga menggunakan openID atas nama sendiri. Saya pernah baca di blog sobat, bahwa terlalu banyak menggunakan OpenID juga tidak baik untuk kesehatan blog kita. Ada juga yang lebih extream seperti ini "Terlalu sering menggunakan OpenID bisa membuat blog dihapus". Kalo komentar di blog ini saya lebih suka menggunakan openID. xixi…Pengen tau alasannya gak bang? Pengen tau gak? Yawdah kalo gak pengen tau.. hmmm…

  • @indra.
    ya mas Indra. membangun reputasi adalah salah satu hal terpenting dalam blogging. terima kasih atas kunjungannya.

    blog barunya yg servive laptop ya mas? eee….menurut saya tampilan standar dengan template bawaan blogger, agak kurang tampil beda. jadi sebaiknya diedit lagi desainnya. itu salah satu faktor penting juga pada sebuah blog.

  • Setuju Mas, itu lebih dekat pada kejujuran. Dan kaitannya tentu dengan membangun reputasi pemilik blog itu sendiri. Tolong Mas, koreksikan lagi blog saya yang baru.

  • @moch.
    ya sekali2 boleh pake nama blog, tapi tetap yg terbaik adalah pake nama sendiri.

    @afrid.
    sip, itu juga bagus. tapi bagaimana jika tidak ada pilihan pake akun G+,misalnya hanya nama dan url? πŸ™‚

  • kalau saya lebih setuju menggunakan nama sendiri dan dengan link yang menuju ke blog saya. keuntungannya bisa dapat visitor dan pemilik blog bisa tau apa nama blog saya tanpa harus membuka google plus lagi.