Freelancer

Awas! Hindari Penipuan di Dunia Freelancer

Bekerja dari rumah sebagai seorang freelancer adalah hal yang menyenangkan. Tapi, di manapun selalu ada orang yang memanfaatkan kesempatan dan kelemahan orang lain, tidak terkecuali di dunia freelance. Jika tidak hati-hati Anda bisa menjadi korban penipuan.

Saya sendiri pernah mengalami hal ini ketika pertama kali memasuki dunia freelancer, sebuah pengalaman seorang freelancer baru.

Nah, agar jangan sampai Anda mengalami seperti yang pernah saya alami dulu, di bawah ini saya sampaikan beberapa hal yang perlu Anda waspadai agar tidak sampai menjadi korban penipuan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Beri saya contoh hasil kerja Anda!

Modus penipuan ini paling umum terjadi. Anda telah mendaftar pada salah satu situs freelancer, lalu Anda mengajukan lamaran kerja, dan Anda diterima. Namun pada saat Anda wawancara dengan klien, mereka berkata:

‘Tolong, beri saya satu contoh hasil karya Anda, baru saya memutuskan apakah akan memakai jasa Anda atau tidak.’

Mereka ingin agar Anda mengirimkan contoh karya sesuai topik atau kriteria mereka. Jika ini terjadi, jangan sekali-kali Anda mengirimkan hasil kerja atau karya Anda. Ini banyak dimanfaatkan oleh para penipu untuk mendapatkan banyak karya dengan gratis.

Bagi pemain baru di dunia freelancer, seringkali terjebak pada cara penipuan ini, dimana mereka merasa memerlukan job dan tidak dalam posisi kuat untuk menawar.

Meskipun begitu, setidak ada 2 cara yang dapat lakukan untuk menghindarinya:

Pertama. Jika klien meminta Anda mengirimkan contoh, beri mereka hasil karya Anda sebelumnya yang mendekati atau sejenis dengan produk yang mereka minta. Jika mereka serius ingin memakai jasa Anda, itu sudah lebih dari cukup. Apabila mereka tetap menginginkan Anda membuatkan contoh baru, lupakan klien ini. Mereka bukan partner kerja yang bisa dipercaya.

Kedua. Seperti yang pernah saya sampaikan pada artikel cara memulai bekerja sebagai freelancer, saya menyarankan Anda untuk membuat blog. Pada kasus ini, jika Anda memiliki blog, Anda dapat memposting contoh hasil karya Anda di blog. Lalu beri link kepada klien bersangkutan.

Jika mereka benar-benar berniat tidak baik, mereka toh tidak akan mau mempublikasi ulang konten Anda. Cara ini mungkin membuat Anda kehilangan peluang dari klien tersebut, tapi jika itu terjadi, justru semakin menegaskan bahwa mereka bukanlah klien yang baik.

Saya bayar murah dulu, jika bagus untuk job kedua saya berani membayar mahal!

Ini adalah modus penipuan kedua yang paling banyak terjadi. Klien menawarkan harga yang sangat murah untuk jasa Anda, dengan iming-iming, untuk job kedua dan seterusnya mereka akan membayar harga standar.

No!

Jangan percaya omongan mereka. Mereka jelas-jelas ingin memanfaatkan Anda. Percayalah, jika Anda meneruskan, job kedua tidak akan pernah Anda terima.

Untuk menghindari penipuan cara ini, juga ada 2 cara yang bisa Anda lakukan:

Pertama. Carilah job hanya pada situs-situs freelancer terpercaya. Mereka memiliki sistem perlindungan yang menguntungkan kedua belah pihak: klien dan Anda. Dengan sistem ini, mereka menjamin bahwa klien yang memasang job menunjukkan uangnya ada, sehingga mereka juga dapat menjamin, selesai Anda kerja, Anda akan mendapatkan bayaran.

Kedua. Anda dapat meminta uang muka sebagian. Ini adalah hal lumrah. Sepertinya misalnya harga yang disepakati adalah 100$, Anda dapat meminta uang muka 30% atau kurang. Klien yang menolak, sebaiknya dihindari.

Namun, di sisi lain, Anda pun harus bijak, jika segala sesuatunya Anda nilai baik, terkadang meminta uang muka juga bukan sesuatu yang disenangi oleh klien. Hanya Anda tahu, biarkan intuisi Anda yang bicara.

Membekali diri dengan pengetahuan dasar

Yang terpenting dari semua itu adalah, Anda mesti membekali diri dengan pengetahuan yang cukup di dunia freelancer.

Situs-situs freelancer yang bertanggung jawab, biasanya memiliki panduan lengkap bagaimana Anda memulai karir sebagai pekerja lepas. Ambil kursus singkat yang disediakan, di situ Anda dapat mempelajari di antaranya:

  • Cara membuat profile yang efektif dan ‘menjual’
  • Strategi untuk membuat proposal yang bagus
  • Panduan komunikasi, manajemen dan perjanjian dengan klien yang efektif
dan masih banyak lagi.

Nah, sekarang Anda lebih siap bekerja dari rumah menjadi seorang freelancer sukses, bukan? Jika Anda memiliki pengalaman selama bekerja dari rumah, bagikan melalui komentar. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

1 komentar