Monetisasi Blog

6 Cara Menghasilkan Uang dari Blog: Mana yang Paling Cocok bagi Anda?

Apakah Anda ingin mendapatkan uang dari blog?

Meskipun Anda blogging karena Anda suka menulis, tidak ada salahnya jika terlintas keinginan menghasilkan uang dari blog Anda, karena memang adalah hal yang mungkin, dapat memiliki penghasilan dari blog.

Dan jika sedari awal Anda membuat blog dengan tujuan sebagai bisnis, maka tentu saja Anda sedang mencari-cari cara yang paling tepat untuk mulai memanen dolar dari blog Anda.

Pada dua artikel saya sebelumnya, yaitu: cara menghasilkan uang dari blog dan Rangkuman cara mendapatkan uang dari blog, saya telah menjelaskan banyak alternatif menghasilkan uang dari blog Anda.

Namun, kali ini saya kembali mengangkat tema ini, yaitu 6 cara mendapatkan uang dari blog, lengkap dengan penjelasan singkat syarat agar bekerja baik dan kekurangannya masing-masing.

Harapannya, semoga Anda bisa lebih terang memilih mana cara yang paling sesuai bagi Anda, baik dari segi topik blog, maupun kecenderungan Anda sendiri.

1. Program periklanan

Besar atau kecil blog Anda, Anda tetap bisa menjalankan iklan. Yang saya maksud disini, bisa menjalankan Google Adsense, ataupun menjual slot iklan secara mandiri langsung kepada pengiklan.

Bekerja baik jika:
Anda memiliki trafik yang cukup tinggi dan Anda memilih niche blog dimana pengiklan berani membayar mahal.

Kekurangannya:
Terlalu banyak iklan, membuat blog Anda tampak ‘buruk’ dan tidak menarik. Selain itu, iklan biasanya membuat pengunjung meninggalkan blog Anda.

2. Program afiliasi

Banyak sekali situs-situs besar menawarkan program afiliasi, seperti Amazon dan Bhinneka. Cara kerjanya mudah sekali, Anda tinggal memasang link ke suatu produk, jika ada pengunjung yang mengklik dan lalu melakukan pembelian, maka Anda akan menerima sejumlah komisi.

Bekerja baik jika:
Anda mampu menulis review yang baik dan ‘dalam’ dan produk yang Anda tawarkan sesuai bagi audiens Anda.

Kekurangannya:
Anda mengarahkan pembaca untuk membeli sesuatu, dan itu adalah hal yang terkadang ‘mengganggu’ bagi sebagian pembaca. Mungkin butuh waktu cukup lama untuk menghasilkan pendapatan yang konstan dari cara ini.

3. Menjual produk digital

Banyak blogger membuat sendiri produk digital mereka, ebook adalah salah satu yang paling populer. Cara ini biasanya membutuhkan usaha dan waktu yang tidak sedikit, namun ini merupakan awal yang amat bagus untuk merubah blog Anda menjadi ladang bisnis yang sesungguhnya.

Bekerja baik jika:
Anda mampu membuat sesuatu yang benar-benar unik dan bernilai tinggi. Anda telah membangun hubungan yang cukup baik dengan pembaca.

Kekurangannya:
Menentukan harga terlalu tinggi (dianggap tidak sepadan dengan manfaatnya) dapat menghancurkan reputasi Anda, dan membuat pembaca tidak akan membeli apapun lagi dari Anda.

4. Menjual jasa

Jika Anda memiliki keahlian tertentu, Anda dapat menawarkan jasa sebagai freelancer, seperti misalnya jasa desain grafis, konsultan bisnis, desain web, bahkan jasa blogging! Ini adalah alternatif bagus selain menghasilkan produk untuk mengubah blog Anda menjadi mesin bisnis.

Bekerja baik jika:
Anda memiliki keahlian atau keterampilan di bidang tertentu. Anda memiliki waktu yang cukup untuk bekerja dengan klien orang  per orang.

Kekurangannya:
Sulit untuk melipatgandakan penghasilan karena waktu yang Anda miliki adalah hal yang terbatas. Tergantung dari niche Anda, mungkin pembaca tidak mampu membayar Anda dengan rate yang cukup tinggi.

5. Menjual produk fisik

Blog yang menjual produk fisik biasanya bertujuan untuk mendukung bisnis yang telah berjalan sebelumnya, seperti layaknya sebuah toko online. Anda mengatur pengepakan, pengiriman, pembayaran dan sebagainya. Produk yang dijual bisa merupakan produk sendiri ataupun belanja dari tempat lain lalu dijual kembali.

Bekerja baik jika:
Anda sudah memiliki satu bisnis penjualan produk fisik, atau sudah memiliki pengalaman di bidang itu. Memiliki reputasi baik dan dipercaya oleh pembaca.

Kekurangannya:
Jauh lebih sulit jika dibandingkan menjual produk digital. Harus bayar di muka atau meminta down payment kepada pembeli.

6. Konten premium

Menawarkan keanggotaan yang berbayar (biasanya dibayar bulanan), agar member bisa membuka konten Anda. Konten bisa diberikan secara bertahap, dimana setiap member mendapatkan konten tertentu di minggu  pertama, minggu kedua dan seterusnya, ataupun semua konten baru dapat diakses oleh semua member secara bersama-sama, tidak peduli kapan mereka bergabung.

Bekerja baik jika:
Anda memiliki konten konten multimedia ‘hebat’ dan bernilai tinggi untuk dibagikan. Anda mampu menciptakan satu komunitas yang solid.

Kekurangannya:
Membutuhkan dukungan teknis tingkat lanjut. Lebih sulit memasarkan dibandingkan menjual ebook dan sejenisnya.

Nah, apakah Anda pernah mencoba salah satu cara mendapatkan uang dari blog di atas? Atau ada salah satu yang Anda berencana menjalankannya di masa datang? Bagikan pengalaman Anda melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

11 Komentar